ALIRAN SENI RUPA BESERTA PENGERTIAN CIRICIRI TOKOH DAN CONTOHNYA TERLENGKAP

BELAJAR PRAMUKA -Seni rupa adalah cabang dari seni yang menciptakan karya senidengan memakai media yg sanggup ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesantersebut diciptakan dengan mengolah konsep dari titik, garis, bidang, bentuk,volume, rona, pencahayaan, serta tekstur menggunakan estetika sebagai acuannya.

A.ALIRAN SENI RUPA YANG BERKEMBANG DIMANCANEGARA

Seni rupa jugamemiliki beberapa aliran menggunakan karakteristik yg berbeda-beda. Berikut iniadalah macam-macam aliran pada seni rupa beserta tokoh serta contohnya.

1.NATURALISME

Pengertian :

Naturalisme merupakanaliran seni yang berusaha buat melukiskan suatu objek sesuai menggunakan yang adadi alam.

Tokoh :

Tokoh berdasarkan aliranseni naturalisme adalah Basuki Abdullah serta Raden Saleh.


2.REALISME

Pengertian :

Realisme merupakanaliran seni rupa yg mendeskripsikan kenyataan-fenomena yang memang sahih-benarada, artinya yg ditekankan dalam genre seni ini bukanlah objeknya akantetapi suasana dari kenyataan tadi.

Tokoh :

Tokoh dari aliranseni Realisme adalah Rembrandt, Karl Briullov, Ford Madox Brown, Jean BaptisteSimeon Chardin.


3.ROMANTISME

Pengertian :
Banyak diantarakalian yg mungkin menganggap bahwa aliran romantisme adalah aliran seni yangberhubungan dengan cinta-cintaan akan tetapi sayanganya kalian kurang sempurna.aliran seni rupa Romantisme merupakan aliran seni yang berusaha menampilkanhal-hal yg fantastik, dan berusaha buat membangkitkan kenangan romantisserta keindahan pada setiap objeknya.

Ciri-Ciri :

Objek Lukisannya Penggambaran obyeknya lebih sedikit darikenyataan, rona yang lebih meriah, gerakan yang lebih lincah, pria yg lebihgagah, perempuan yg lebih lembut.

Tokoh :

Tokoh berdasarkan aliranseni Romantisme adalah Girodet, Antoine Jean Gros, Theodoregericaul, danDelacroix.


4.IMPRESIONISME

Pengertian :

Impresionisme adalahaliran seni rupa yang mengutamakan kesan selintas berdasarkan suatu objek yangdilukiskan. Kesan ini didapatkan melalui bantuan dari sinar matahari yangmerefleksi ke indra penghlihatan kita.

Ciri-karakteristik :

Aliran seniimpressionisme mempunyai karakteristik-ciri dengan objek yg didapatkan umumnya agakkabur serta tidak terlalu mendetail.

Tokoh :

Tokoh berdasarkan aliranseni rupa Impressionisme adalah Clade Monet, Aguste Renoir, Casmile PissaroSisley, Kusnadi, dan Solichin.


5.EKSPRESIONISME

Pengertian :

Ekspresionisme adalahaliran seni rupa yg mengutamakan curahan batin secara bebas. Bebas untukmenggali objek yg timbul dari dunia batin, perasaan, serta imajinasi.

Ciri-karakteristik :

Objek-objek yangdilukiskan acapkali berkaitan menggunakan kekerasan, ketakutan, kemiskinan, kesedihan,serta jua keinginan yg lain di pulang tingkah laku manusia.

Tokoh :

Tokoh menurut aliranseni ekspresionisme merupakan Affandi, dan Antonio Blanco.


6.KUBISME

Pengertian :

Kubisme merupakan aliranseni rupa yg cenderung buat melakukan usaha abstraksi terhadap objek kedalam bentuk-bentuk yang geometri buat menerima sensasi eksklusif.

Ciri-karakteristik :

Aliran seni inimembuat objek-objek yg dilukisnya sebagai berbentuk geometri sepertisegitiga, segi empat, silinder, bulat, bola, kubus, kerucut, dankotak-kotak.

Tokoh :

Tokoh dari aliranseni rupa kubisme adalah Pablo Piccaso.


7.FAUVISME

Pengertian :

Fauvisme adalahaliran seni rupa yg menghargai aktualisasi diri dalam menangkap suasana yg akandilukis. Seorang pelukis fauvisme berbendapat bahwa harmoni warna yg tidakterpaut menggunakan fenomena pada alam itu justru akan lebih menunjukkan hubunganpribadi berdasarkan artis menggunakan alam tersebut.

Ciri-karakteristik :

Objek dalamlukisannya memiliki warna-rona yg liar.

Tokoh :

Tokoh berdasarkan aliranseni rupa Fauvisme adalah Henri Matisse, Andre Derain, Georges Braque, AlbertMarquet, Henri Manguin, dan Charles Camoin.


8.DADAISME

Pengertian :

Dadaisme adalahaliran seni rupa yg bersifat ANTI SENI, menihilkan ataupun menghilangkanhukum estetika dan cirinya itu menambahkan hal yg nir lazim ke dalamlukisannya. Tujuan menurut lukisan dengan genre ini merupakan buat protes terhadapkeadaan yang terjadi pada sekitarnya.

Ciri-karakteristik :

Objek lukisannyabersifat ketiadaan ilusi, yang kemudian diungkapkan pada bentuk main-main,secara sederhana serta pula kekanak-kanakan.

Tokoh :

Max Ernst, JuanGross, Picabia, dan Hans Arp.


9.FUTURISME

Pengertian :

Futurisme adalahaliran seni rupa yang mengutamakan keindahan menurut mobilitas dan dilihat sebagaisuatu pendobrak aliran kubisme yg dianggap statis dalam komposisi, garisserta pewarnaan.

Ciri-karakteristik :

Objek lukisannyamengabdikan diri dalam gerak.

Tokoh :

Umberto, Carlo Cara,Boccioni, Gioccomo Ballad, serta Ruigi Russalo.


10.SUREALISME

Pengertian :

Surealisme adalahaliran seni rupa yang berusaha untuk membebaskan diri menurut kontrol kesadaran.lukisan dengan genre misalnya ini kebanyakan menyerupai bentuk-bentuk yangkerap ditemui pada alam mimpi.

Ciri-Ciri :

Objeknya memilikibentu yang aneh-aneh seperti yang terdapat di alam mimpi, objek lukisannya bercorakberusaha membebaskan diri berdasarkan kontrol pencerahan.

Tokoh :

Joan Miro, Sudiarjo,Amang Rahman.


11.ABSTRAKSIONISME

Pengertian :

Abstraksionismeadalah genre seni rupa yang berusaha buat merogoh objek yg asal daridunia batin. Bisa fantasi, khayalan dan juga intuisi dari para seniman.

Tokoh :

Wassily Kadinsky, danNaum Goba.

12.ELEKTISISME

Pengertian :

Elektisisme adalahaliran seni rupa yg idenya dimulai berdasarkan barang-barang yg ditemukandimana-mana dan dikembangkan direkayasa, diimprovisasi dengan ruang dan dirakitdengan objek lainnya.

Tokoh :

Tokoh dari aliranseni rupa elektisisme merupakan Paul Gaugguin Jean ARP, dan Henry Moore


B.ALIRAN SENI RUPA YANG BERKEMBANG DIINDONESIA

Berikut ini adalahbeberapa genre seni rupa yg berkembang pada negara Indonesia, adapunpengertiannya sama seperti yang terdapat pada atas.

1.naturalisme
2.realisme
3.romantisme
4.ekspresionisme
5.impresionisme
6.kubisme
7.fauvisme
8.dadaisme
9.futurisme


Itulah beberapa genre seni rupa yang telah berkembang dimancanegara serta jua pada indonesia beserta pengertian, karakteristik-karakteristik, model danjuga tokohnya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi sobat semua, terimakasih telah mengunjungi blog belajar PRAMUKA dan hingga jumpa di postinganselanjutnya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel