APA ITU KEGIATAN JOTA JOTI PRAMUKA

JOTA-JOTI adalah kepanjangan dariJamboree On The Air-Jamboree On The Internet, atau dalam Bahasa Indonesia mempunyai arti Jambore pada udara dan Jambore pada internet.
JOTA-JOTI adalah kegiatan tahunan tingkat dunia dan merupakan aktivitas terbesar yang pernah dikelola oleh WOSM.[1] Setiap tahun, kegiatan ini diselenggarakan dalam akhir pekan minggu ke-tiga pada bulan oktober.

SejarahSunting
Logo JOTA-JOTI tahun 2014

Jamboree On The AirSunting

Kegiatan JOTA pertama kali diselenggarakan dalam rangka 50 tahun Gerakan Kepanduan Dunia pada tahun 1957, dan dibuat sang seorang amatir radio berkebangsaan Inggrisdengan callsign G3BHK.

Jamboree On The InternetSunting

JOTI dirintis pada tahun 1995 oleh Rovers Queanbeyan ad interim satu Rover, Norvan Vogt berada pada pertukaran pelajar pada Belanda, dengan kru rumah pada Australia dikoordinasi oleh Brett Sheffield. Mereka menghubungkan Putten, Belanda dengan Queanbeyan,Australia menggunakan mendedikasikan server IRC. Pada bulan November 1996 Komite Pramuka Dunia, mencatat bahwa kepramukaan sudah memiliki kehadiran yg relatif besar di Internet, dan telah terdapat sebuah Jambore informal serta berkembang pesat pada Internet, menetapkan bahwa JOTI wajib menjadi acara resmi Pramuka internasional, serta yang seharusnya diselenggarakan dalam akhir pekan sama menggunakan Jambore di udara (JOTA).

Kegiatan JOTASunting
Secara teknis, kegiatan JOTA mempergunakan perangkat radio amatir. (baik dengan mode CW, maupun mode SSB) Gelombang radio yang dipergunakan umumnya memakai band 40 meter atau band 80 meter.
Semua operator amatir radio berdasarkan semua dunia berpartisipasi dengan lebih dari 500.000 Pramuka buat mengajarkan mereka mengenai radio dan membantu mereka buat menghubungi Pramuka-Pramuka lain menggunakan memakai perangkat radio amatir dan dari tahun 2004, menggunakan Basis Echolink-VoIP.[2] Para Pramuka pula didorong buat mengirim konfirmasi komunikasi (baik pada bentuk elektronik maupun kertas) yg dikenal menjadi kartu QSL. (QSL Card atau eQSL Card bila dikirim secara elektronika) Ini adalah pembelajaran bagi para Pramuka buat mengenal dan bertukar pengalaman menggunakan Pramuka-Pramuka dari banyak sekali penjuru dunia.

Kegiatan JOTISunting
Kegiatan JOTI adalah kegiatan chat menggunakan Pramuka-Pramuka berdasarkan semua penjuru global dengan menggunakan kanal IRC. Sehingga, buat dapat mengikuti aktivitas JOTI pada personal komputer sine qua non software chat IRC, contohnya mIRC atau XChat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel