KEGIATAN RAIMUNAS PRAMUKA YANG PERNAH DI LAKUKAN


Pramuka Penegak berdasarkan Jawa Barat pada Raimuna Nasional VIII pada PrambananYogyakarta
Raimuna merupakan rendezvous Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yg di Indonesiadiselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Raimuna diselenggarakan mulai menurut taraf Kwartir Ranting (kecamatan) sampai tingkat nasional.
Kata Raimuna berasal dari bahasa Ambai, Daerah Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Kata Raimuna merupakan campuran 2 istilah yaitu "Rai" serta "Muna". "Rai" berarti sekelompok orang yg berkumpul buat mencapai tujuan tertentu yg ditetapkan beserta. Sedangkan "Muna" adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik pada mencapai kesuksesan. Raimuna mempunyai arti sekelompok orang yang hidup pada suatu kekuatan menggunakan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan.

Tingkatan RaimunaSunting
Raimuna di taraf Kwartir Ranting disebutRaimuna Ranting atau biasa disingkat menggunakan Rairan. Raimuna Ranting diselenggarakan setiap 1 tahun sekali. Peserta dari Raimuna Ranting adalah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan menurut masing-masing gugusdepan(Ambalan Penegak atau Racana) dalam daerah Kwartir Ranting (kecamatan) tadi.
Raimuna pada taraf Kwartir Cabang (kabupaten atau kota) dianggap Raimuna Cabang atau biasa disingkat menggunakan Raicab. Raimuna Cabang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Raimuna Cabang diikuti sang Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari masing-masing Kwartir Ranting yg masih ada dalam wilayah Kwartir Cabang (kota) tadi.
Raimuna pada taraf Kwartir Daerah (provinsi) dianggap Raimuna Daerah atau biasa disingkat menggunakan Raida. Raimuna Daerah diselenggarakan setiap 3 tahun sekali. Raimuna Daerah diikuti oleh Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega perwakilan berdasarkan masing-masing Kwartir Cabang yang terdapat pada daerah Kwartir Daerah (provinsi) tersebut.
Raimuna pada tingkat Kwartir Nasional disebutRaimuna Nasional atau biasa disingkat menggunakan Rainas. Raimuna Nasional diadakan setiap 4 tahun sekali. Raimuna Nasional diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari masing-masing Kwartir Daerah (provinsi). Perwakilan masing-masing provinsi ini biasanya diambilkan menurut masing-masing Kwartir Daerah (kabupaten).

Kegiatan dalam RaimunaSunting
Raimuna adalah kegiatan pertemuanPramuka Penegak serta Pramuka Pandega, yang bersumber dalam nilai-nilai:
  1. Filsafat Pancasila serta agama;
  2. jiwa usaha 1945;
  3. persahabatan serta kekeluargaan;
  4. perkembangan ekonomi, sosial, dan teknologi;
  5. seni budaya, kesehatan, kesejahteraan, dan kelestarian lingkungan hidup;
  6. keamanan serta ketertiban rakyat;
  7. adat-norma dan rapikan susila;
  8. kepemimpinan serta kewirausahaan.
Kegiatan dalam raimuna itu perlu pula diubahsuaikan dengan aspirasi pemuda-pemudiIndonesia pada umumnya, minat, kebutuhan, dan kemampuan para Pramuka Penegak danPramuka Pandega, serta kepentingan serta kebutuhan masyarakat setempat.
Maka, pada raimuna supaya diadakan acara kegiatan bakti pada masyarakat yg sifatnya nir lebih luas daripada kegiatanPerkemahan Wirakarya. Kegiatan-aktivitas pada raimuna dititik beratkan pada peningkatan kemantaban mental, fisik, pengetahuan, keterampilan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Daftar aplikasi Raimuna NasionalSunting

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel