ARTI LAMBANG GERAKAN PRAMUKA BENDERA DAN WOSM

       


BABAK PELENGKAP


BAHAN KURSUS 8
PELENGKAP


8.1.A Lambang Gerakan Pramuka dan WOSM
8.1.B UU No. 24Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara   serta Lagu Kebangsaan
8.1.C  Bendera,bahasa, bahasa, lambang dan lagu kebangsaan
8.1.D  Pakaian Seragam,Tanda Pengenal, Tanda Jabatan serta Tanda Penghargaan
8.dua     UUPerlindungan Anak
8.tiga     Kewiraan
8.4     Kewirausahaan
8.6     PemanasanGlobal










LAMBANG GERAKAN PRAMUKA, DAN WOSM



I.PENDAHULUAN

Lambang atau simbol suatuorganisasi merupakan pertanda pengenal tetap yangmelambangkan keadaan, nilai dan kebiasaan yang dimiliki anggota organisasi dan jugabermuatan asa yg dicanangkan sang organisasi tersebut.
Contoh: NegaraKesatuan Republik Indonesia berlambangkan Burung Garuda yg gagah  serta perkasa, bersayap dengan bulumasing-masing sayap 17 lembar, berbulu ekor 8 lembar, berbulu Bintang, Rantai,Beringin, Kepala Banteng, Padi Kapas; dan semboyan "Bhinneka TunggalIka"
Lambangtersebut mengandung makna:
a.indonesiaadalah negara kesatuan yg kuat serta perkasa,
b.indonesiamulai merdeka serta berdaulat penuh sejak tanggal 17 Agustus 1945,
c.indonesiaberdasarkan Pancasila,
d.indonesiaadalah negara kesatuan yang terdiri dari pulau-pulau dan  kepulauan, banyak sekali suku bangsa, berbagaibahasa wilayah  dan budaya, berbagaiagama, namun permanen pada satu kesatuan.

II.MATERI POKOK

1.LambangGerakan Pramuka

a.gerakanPramuka berlambangkan:
     GambarSilhouette TUNAS KELAPA




b.uaraian artiLambang Gerakan  Pramuka
1)Buahkelapa/nyiur pada keadaan tumbuh dinamakan "CIKAL", serta kata"cikal bakal" di Indonesiaberarti: penduduk asli yg pertama yang menurunkan generasi baru.  Buah kelapa/nyiur yg tumbuh itu mengandungkiasan bahwa tiap Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup Bangsa Indonesia.
2)Buah kelapa/nyiur dapat bertahanlama pada berbagai keadaan.  Lambang itumengkiaskan bahwa seorang Pramuka adalah sehat dan kuat rokhaniah dan jasmaniahnya,giat, serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hayati, dalammenempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi tanah air serta bangsaIndonesia.
3)Kelapa/nyiur dapat tumbuhdimana saja, yang menerangkan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan dirinyadengan keadaan sekelilingnya.  Melambangkan,bahwa seorang Pramuka bisa beradaptasi dalam warga dimana diaberada serta dalam keadaan bagaimana pun juga.
4)Kelapa/nyiur tumbuhmenjulang lurus keatas dan adalah salah satu pohon yg tertinggi diIndonesia.
Melambangkan, bahwa seseorang Pramuka mempunyai cita-citayang tinggi serta lurus, mulia dan jujur, dan tidak mudah diombang-ambingkan olehsesuatu.
5)Akar Kelapa/nyiur tumbuhkuat dan erat di dalam tanah.
Mengkiaskan tekad dan keyakinan seorang Pramuka  berpegang teguh pada dasar-dasar danlandasan-landasan yang baik, benar, bertenaga serta konkret berupa tekad serta keyakinanyang digunakan buat memperkuat diri dalam mencapai cita-citanya.
6)Kelapa/nyiur merupakan pohonyang serba guna, berdasarkan ujung atas sampai akarnya.  Mengkiaskan, bahwa seorang Pramuka adalahmanusia yang bermanfaat, dan membaktikan diri pada kepentingan Tanah air, Bangsadan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta pada umat manusia.

c.lambang Gerakan Pramukadiciptakan sang almarhum Sumardjo Atmodipuro, seseorang PembinaPramuka yg aktif bekerja menjadi Pegawai Tinggi Departeman Pertanian
d.lambang Gerakan Pramukadigunakan semenjak tanggal 14 Agustus 1961 pada Panji-panji Gerakan Pramuka yangdianugerahkan Presiden Republik Indonesia pada Gerakan Pramuka.
e.pemakaian lambang GerakanPramuka sebagai lencana serta penggunaannya pada pertanda-tanda, bendera, papan nama, dsb. Diatur dalamPetunjuk-petunjuk Penyelenggaraan.
f.lambang Gerakan Pramukaberupa Gambar silhouette TUNAS KELAPA sesuai menggunakan SK Kwartir Nasional No.6/KN/72 Tahun 1972, telah menerima Hak Patent berdasarkan Ditjen Hukum danPerundangan-undangan Departeman Kehakiman, dengan Keputusan Nomor 176634tanggal 22 Oktober 1983, dan Nomor 178518 tanggal 18 Oktober 1983, mengenai HakPatent Gambar TUNAS KELAPA dilingkari PADI dan KAPAS, dan No. 176517 tanggal22 Oktober 1983 tentang Hak Patent tuliasan PRAMUKA.



2.Lambang THEWORLD ORGANIZATION OF THE SCOUT MOVEMENT (WOSM)



a.kompas,melambangkan suatu peringatan bagi Pramuka supaya selalu berbuat kebenaran dandapat dianggap misalnya fungsi kompas, permanen menjaga cita-citanya dan perannyasebagai petunjuk jalan.
b.tiga ujung  simbol, melambangkan tiga janji Pramuka.
c.dua bintang, melambangkananggota Pramuka berupaya buat bisa memberi penerangan serta menolong dalamkebenaran serta pengetahuan.
d.tali melingkar yangujungnya menciptakan simpul meninggal, melambangkan bahwa sesama pramuka mengadakanhubungan persahabatan dan persaudaraan antar pramuka pada semua global.
e.
1)warna lambang putih,melambangkan bahwa Pramuka berhati kudus;
2)warna dasar Ungu,melambangkan bahwa Pramuka memiliki keterampilan kepemimpinan serta senang menolongorang lain.


III.PENUTUP

Setiap Pramuka yang menggunakanlambang-lambang tersebut hendaknya tahu apa makna lambang yg dipakainya.








Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel