BAKSOS PRAMUKA UNIB

BENTIRING (22/12) Panti Asuhan Zam-Zam Global menjadi loka yg dituju dalam aktivitas Bakti Sosial BELAJAR PRAMUKA. Selain dengan kegiatan baksos pula ada kegiatan bermain bersama saudara termuda-saudara termuda yang terdapat pada panti. Dalam aktivitas ini jua dihadiri ketua Gugus Depan Kota Bengkulu 02.001 - 02.002 Universitas Bengkulu Kak Drs. Lukman M.ag.
Darma ke 2: CINTA ALAM serta KASIH SAYANG SESAMA MANUSIA
*Tuhan Yang Mahaesa telah membangun seluruh alam semesta yg terdiri dari manusia, binatang, tumbuhan-flora, dan benda-benda alam.
Bumi, alam, hewan, dan tumbuh-tumbuhan tadi diciptakan Allah bagi kesejahteraan manusia.lantaran itu, telah selayaknya anugerah Allah ini dikelola, dimanfaatkan, dan dibangun.
Sebagai makhluk Tuhan yang lengkap dengan logika budi, rasa, karsa serta karya, serta menggunakan kelima inderia insan patut mengetahui makna semua ciptaana-NYa.
Wajar serta pantaslah Pramuka, secara alamiah, melimpahkan cinta pada alam sekitarnya (benda alam, satwa, serta tumbuh-tanaman ), afeksi kepada sesama manusia serta sesama hayati dan menjaga kelestariannya.
Kelestarian benda alam, satwa, serta tumbuh-tumbuhan perlu dijaga dan dipelihara kaarena hutan tanah,  pantai, hewan, serta flora dan bahari adalah asal alam yang perlu dikembangan untuk menunjang kehidupan generasi sekarang dan dipelihara kelestariannya buat kehidupan generasi mendatang.
Di samping itu, sebagai Negara kepulauan pemanfaatan wilayah pesisir serta lautan yang sekaligus memelihara kelestarian asal ala mini dengan menanggulangi pencemaran bahari, perawatan hutan, hutan bakau dan hutan payau, dan pengembangan budi daya laut menduduki tempat yang krusial juga.
**Yang dimaksud menggunakan cinta serta kasih saying apabila insan dapat empati suka dan derita alam sekitarnya khususnya insan. Kelompok-kelompok insan ini merupakan bangsa-bangsa berdasarkan Negara yg masih ada di global ini. Jika kita ingindan mau mengerti serta bergaul dengan bangsa lain maka rasa kasih sayanglah yg dapat mendekatkan kita menggunakan siapa pun. Dengan demikian, akan terciptalah perdamaian serta persahabatan antar insan maupun antar bangsa.
Khususnya menjadi seseorang Pramuka menduga Pramuka lainnya baik dan Indonesia maupun berdasarkan bangsa lain sebagai saudaranya kaarena masing-masing memiliki satya dan pengabdian sebagai ketntuan moral. Pramuka Indonesia yang bertujuan sebagai manusia yg berkepribadian serta berwatak luhur sudah sepantasnyalah bila beliau berusaha meninggalkan watak yang dapat menjauhkan ia menggunakan ciptaan Tuhan lainnya dengan mempunyai sifat-sifat yang penuh rasa cinta dan kasih sayang.
Darma ini adalah tuntunan untuk mengamalkan sila ke 2 berdasarkan Pancasila   
***Pelaksanaan pada hayati sehari-hari.
1) Membawa peserta didik kea lam bebas kebun raya supaya mengetahui dan mengenal banyak sekali jenis tumbuhn-flora, Anjurkanlah kepada meereka memelihara tenaman di tempat tinggal masing-masing. Hal ini dapat dijadikan persyaratan buat mencapai tanda kecakapan khusus.
2) Begitu pula halnya sikap kita terhadap hewan, perkenalakan siswa menggunakan sifat masing-masing jenis hewan buat mengetahui keuntungannya. Anjurkan juga memelihara dengan baik binatang yg mereka miliki.
1.kasih sayang sesama insan nir tanggal dari perwujudan kerendahan diri insan sebagai makhluk terhadap keagungan pencipta-Nya. Ketakwaan kita kepada Tuhan Yang Mahaesa wajib dihayati sepanjang hayati. Di samping  itu, perlu membangun tabiat utama diantaranya, nir mementingkan diri langsung, menghargai orang lain meskipun tidak sebangsa dan seagama. Demikian jua, bersaudara dengan Pramuka sedunia.
2.siapa pun yg kita kenal dan kita dekati lambat-laun akan ada rasa cinta alam serta kasih saying sesama insan. Rasa inilah yang bisa evokasi dekat dengan Alkhalik, lantaran nir terhalang oleh rasa benci, marah dan sifat-sifat yang tidak terpuji, menggunakan demikian, kita menyadari keagungan Tuhan Yang Mahaesa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel