BIOGRAFI LORD ROBERT STEPHENSON SMYTH BADEN POWELL PENDIRI KEPANDUAN SEDUNIA


Belajar PRAMUKA - Sejarah atau dari mula kepanduan tidak dapat dipisahkan dari daripenemunya yaitu Robert Stephenson Smyth Baden Powell. Beliaulah yang telahmendirikan Gerakan Kepanduan Dunia pertama kali. Pramuka yg kita kenal diIndonesia ini adalah ide berdasarkan kepanduan yg didirikan oleh Baden-Powell.siapakah Robert Stephenson Smyth Baden Powell? Mari kita simak baik-baikbagaimana bepergian hidupnya.


Biodata Baden Powell

Nama Lengkap : Robert Stephenson Smyth Baden Powell
Nama panggilan : Baden Powell atau dipanggil “BP”(baca:bipi), nama“BP” akrab dipanggil oleh para pandu
Nama Kecil : Stephenson
TTL : Kota London, Inggris, 22 Februari 1857

Nama Ayah : Prof. Domine Baden-Powell
Ibu                 :Miss Henrietta Grace Smyth
Saudara         : 9 orang (Warrington,George, Augustus, Frank, Penrose, Agnes, Henrietta, Jessie, dan Baden Fletcher)

         Robert Stephenson SmythBaden-Powell, Baron I Baden-Powell Gilwell, adalah seorang tentara Inggris danpenemu the Boy Scouts, lahir di London, serta adalah lulusan CharterhouseSchool. Bergabung dengan Pasukan Hussars Ke-13 di India dalam tahun 1876. Dari1888 hingga 1895, BP sukses bertugas, di India, Af­ghanistan, Zulu, danAshanti. .sebelum serta semasa Perang Boer, BP bertugas menjadi perwira staffdari Pasukan Kerajaan Inggris (1896-1897), sebagai kolonel menurut PasukanBerkuda, Afrika Selatan, serta letnan kolonel berdasarkan Pengawal Naga ke-lima (5th DragonGuards, 1897-1899). Lantaran keberanian dan pengabdiannya selama mempertahankanKota Mafikeng (dulu Mafeking) menurut kepungan musuh, dipromosikan menjadi mayorjendral. Baden-Powell kemudian balik ke Inggris, dalam tahun 1908 BP menjadiletnan jendral. Dianugerahi gelar kesatria tahun 1909, lalu pensiun daridinas militer pada tahun berikutnya. BP membentuk the Boys Scouts di tahun1908, dan 2 tahun berikutnya BP membantu mendirikan the Girl Guides,organisasi serupa untuk para anak-anak dan remaja putri. Selama Perang Dunia I.

• BP bersama saudara-saudaranya bertambah akrab sepeninggalayahnya, yg tewas pada tanggal 11 Juni 1860. Pada usia tiga tahunBaden-Powell sudah jadi seorang anak yatim. Sehingga berdasarkan sejak usia masihsangat belia, Baden-Powell dituntut buat bisa hayati berdikari.

• Baden-Powell sudah berusaha buat hayati berdikari dengan hanyadidukung oleh kekerasan hati serta keteguhan ibundanya yg tercinta Ny.henrietta Grace

• Baden-Powell sejak mini sudah banyak mengagumi karya-karyailmuwan terkenal dalam zamannya, seperti Charles Darwin, Babbage, George Elliot,G.H. Lewes, dan James Martineau' . Baden-Powell adalah seseorang yg bertipepekerja keras, beliau tidak gampang putus asa dan penolong. Hal tersebut dapatterlihat pada sebuah goresan pena Baden-Powell, dalam sebuah suratnya kepadaibundanya.

• Setelah menemui poly kesulitan dalam memilihkan sekolah yangtepat buat Baden-Powell seperti Rugby atau Eton, akhirya Ny. Henrietta Gracememasukkan Baden-Powell  ke harterhouse School di tahun 1870.

• Di Charterhouse, Bad -Powell sangat terkenal, selain pandai dalambelajar sampai Baden-Powell meraih beasiswa, Baden-Powell Juga mengikuti banyakkegiatan ekstra seperti : 
1) Marching Band,
2) Klub menembak (Rifle Corps)
3) Teater, kegemarannya ini terus digeluti hingga tak jarang tampildalam aneka macam pementasan drama beserta sahabatnya Kenneth Mc Laren
4) Melukis dan menggambar, gambar/illustrasi selalu mengisiberbagai karya tulisnya. 
5) Kiper kesebelasan Charterhouse.

• Di Charterhouse School inilah Baden-Powell mendapat julukanlainya, yaitu 'Bathing-Tows!'.

• Di usia 19 tahun, Baden-Powell menamatkan sekolah diCharterhouse School. Kemudian Baden-Powell memutuskan buat bergabung dengandinas kemiliteran, atas donasi pamannya Kolonel Henry Smyth, komandan dariRoyal Military Academy pada Woolwich. Kemudian setelah lulus menurut akademi militertersebut Baden-Powell ditempatkan pada India, menggunakan pangkat pembantu lestnan.

• Pengalaman Baden-Powell pada ketentaraan inilah yang nantinya akanbanyak mempengaruhi perkembangan berdirinya gerakan kepanduan di Inggris.

• Selain itu Baden-Powell pula terkenal menjadi orang yang pandaibergaul dan poly kawannya. Salah seorang sahabatnya yang terdekat adalahKenneth Mc Laren. Kebersamaan mereka telah menghasilkan banyak pengalaman baikdalam kedinasan, pementasan drama. Juga perburuan fauna liar (babi hutan).

• Setelah sempat berpindah-pindah. Menurut satu kota ke kota lain.dari satu wilayah ke wilayah lain. Bahkan berdasarkan satu negara ke negara yg lain.baden-Powell akhirnya bertugas pada Mafeking. Sebuah kota pada pedalaman AfrikaSelatan. Kota inilah yg membuat nama BP menjadi populer dan sebagai pahlawanbangsanya. Lantaran jasa-jasanya dalam memimpin pertahanan Kota Mafeking terhadappengepungan bangsa Boer

• selama lebih kurang 217 hari (berdasarkan lepas 13 Oktober 1899sampai lepas 18 Mei 1900). Karena jasa-jasanya ter sebut , pangkatBaden-Powell dinaikkan menjadi Mayor Jendral. Berita tadi lalu sampaijuga ke Inggris. Menciptakan semua keluarga Baden-Powell bangga.

• Selama bertugas pada Afrika. Baden-Powell banyak melakukanpetualangan sehingga pengalaman-pengalamannya makin bertambah. Karenakeberaniannya. Baden-Powell menerima julukan IMPEESA menurut suku-suku setempatseperti Zulu, Ashanti. Dan Metabele. Impeesa mempunyai arti "Srigala yangtidak pernah tidur", Hal ini disebabkan lantaran sifat waspada, cekatan, dankeberanian Baden-Powell (termasuk tindakan merogoh kalung manik-manik milikRaja Dinuzulu).


• Raja Dinuzulu. Adalah raja Zulu menurut 1884 -1889. Raja yangmerupakan putra Raja Zulu Cetshwayo. Beraliansi dengan para Afrikaners (orangkulit putih keturunan Belanda) serta bersengketa dengan sepu punya, Zibhebhu yangdidukung Inggris. Dinuzulu lalu dituduh bersalah melakukan pengkhianatansehingga diasingkan selama 10 tahun. Dibebaskan tahun 1910. Lantaran dianggaptidak bersalah. Dinuzulu akhirnya mati tahun 1913.

• Pada tahun 1901. Baden-Powell pulang ke tanah airnya, Inggrisdengan disambut besar -besaran menjadi galat satu pahlawan bangsanya. KemudianBP sempat jua menulis pengalaman-pengalamannya dalam buku Aids ToScouting".

• Kemudian Pada tahun 1907 Baden-Powell mendapatkan undangan dariperkumpulan Boys Brigade buat mengisahkan pengalaman-pengalamannya selama diAfrika khususnya dan selama di dinas ketentaraan pada umumnya. Dalam sebuahperkemahan yang diikuti 20 orang anggotanya. Perkemahan pertama tersebutdiselenggarakan pada Pulau Brownsea (Brownsea Island).

• Baden-Powell pada tahun 1908 menulis kitab Scouting For Boys,sebuah mahakarya" yang sangat spektakuler. Buku inilah yg mengakibatkanperkembangan kepanduan sebagai semakin besar . Buku ini menyebar di seluruhdaratan Eropa sampai ke wilayah-daerah jajahan.

• Pada tahun 1910, Baden-Powell meletakkan jabatannya pada dinasketentaraan dengan pangkat terakhirnya merupakan Letnan Jendral. MulailahBaden-Powell berkonsentrasi penuh buat menyebarkan kepanduan ke seluruhdunia.

• Pada tahun 1912, Baden-Powell mengadakan perjalanan kelilingdunia untuk menemui para pandu pada berbagai negara. Baden-Powell menikah denganOlave St. Clair Soames (Lady Baden-Powell) dalam tahun tersebut, serta kemudiandikaruniai tiga orang anak yaitu Peter, Heather serta Betty.

• Pada tahun 1920, para pandu sedunia berkumpul di Olimpia,London, Inggris dalam acara Jambore Dunia yang pertama. Pada hari terakhirkegiatan jambore tadi (6 Agustus 1920) Baden-Powell diangkat menjadi ChiefScout Of The World atau Bapak Pandu Sedunia. Baden-Powell pula dianugerahigelar Lord Baden-Powell Of Gilwell, menggunakan julukan Baron sang Raia George V.

• Setelah berkeliling dunia, termasuk mengunjungi Batavia(sekarang Jakarta) pada tanggal 3 Desember 1934, sepulangnya dari meninjauJambore pada Australia", BP bersama Lady Baden-Powell menghabiskan masa-masaakhirnya tinggal di Inggris (kurang lebih tahun 1935-1938). Kemudian Baden-Powellkembali ke tanah yg amat dicintainya, Afrika.


• Dan BP menghabiskan masa tuanya di Nyeri, Kenya. Beliau akhirnya,wafat dalam lepas 8 Januari 1941 serta menggunakan diantar pada atas kereta yangditarik sang para pandu yang sangat mencintainya ke tempat peristirahatanterakhir.

Sumber : Pramukamadya.blogspot.com


~Make With Love "BELAJAR PRAMUKA"~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel