CARA MEMBUAT SIMPUL ANYAM SHEET BEND DENGAN CEPAT BAIK DAN BENAR

BELAJAR PRAMUKA -Hai sobat Pramuka! Pada materi pramuka kali ini, kita akan belajar tentang bagaimana caranya membuat simpul anyam (sheet bend). Sebelum melangkah kepada cara-cara membuat simpul anyam, terlebih dahulu wajib kita pahami, apa sih itu simpul anyam? Dan apa kegunaan berdasarkan simpul anyam?

Yang sebagai salah satu teknik kepramukaan bidang tali temali yg paling fundamental merupakan membuat simpul anyam (sheet bend). Sama seperti simpul mati, simpul hidup, simpul pangkal, simpul jangkar, serta beberapa simpul yang lainnya, simpul anyam sangat acapkali dipakai pada aktivitas tali temali terutama pada kegiatan kepramukaan.

1. Fungsi Simpul Anyam

Simpul anyam berfungsi buat menyambung 2 buah utas tali yang kering yg ukurannya nir sama besar . Denga kata lain, apabila ingin menyambung dua utas tali pada mana yg satu berukuran akbar dan satunya lagi ukuran kecil, maka digunakanlah simpul anyam.

2. Cara Membuat Simpul anyam (Sheet Bend)

setelah mengetahui pengertian serta manfaat ataupun kegunaan menurut simpul anyam, maka barulah kita belajar cara membuat simpul anyam. Caranya sangat lah mudah, silahkan perhatikan gambar berikut adalah, serta arahan berupa teks di bawahnya.
1.Buatlah sosok pada ujung utas tali yang ukuran lebih besar (dalam gambar, tali       berwarna biru)
2.Masukkanlah ujung tali yg lebih kecil (merah) ke pada sosok tali akbar (biru) dari     arah bawah
3.Belitkan ujung tali yang mini (merah) pada bawah tali yg akbar (biru)
4.Sisipkan ujung tali merah ke bawah badan tali itu sendiri (gambar 3)

Apabila sobat masih kurang paham menggunakan cara yg di atas, sobat mampu eksklusif melihat cuplikan video tutorial menciptakan simpul anyam yang terdapat pada bawah ini agar semakin memudahkan sobat buat memahaminya.


Nah, itulah tutorial singkat mengenai bagaimana caranya membuat simpul anyam atau sheet bend. Semoga artikel ini bisa membantu kakak-saudara tertua seluruh buat bisa lebih mendalami ilmu kepramukaan, dan semoga cara yg pada atas tersebut langsung sanggup diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oke cukup sampai disini dulu artikel kali ini,  wassalamu’alaikum serta salam pramuka!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel