PEMBAHASAN TUGAS PENDAHULUAN PRAKTIKUM FISIKA TEGANGAN PERMUKAAN ZAT CAIR


BELAJAR PRAMUKA -Setiapkali akan melakukan percobaan ataupun praktikum fisika, pada biasanya praktikandiharuskan buat dapat menjawab soal-soal tugas pendahuluan tentang praktikumtersebut, dengan tujuan untuk melihat seberapa jauh pemahaman praktikan tentangpercobaan yang akan dilakukan. Berikut ini merupakan soal-soal tugas pendahuluanpraktikum fisika mengenai Tegangan Permukaan Zat Cair serta pembahasannya.

SOAL DAN PEMBAHASAN TUGAS PENDAHULUANPRAKTIKUM TEGANGAN PERMUKAAN ZAT CAIR


1. Jelaskanpengertian tegangan permukaan serta keadaan-keadaan yang mengakibatkan munculnyategangan bagian atas.
Jawab:
Teganganpermukaan merupakan suatu kecenderungan permukaan zat cair buat menegang sehinggapermukaannya misalnya ditutupi oleh suatu lapisan kulit tipis.
Keadaan-keadaan yang menyebabkanmunculnya tegangan bagian atas yaitu waktu adanya kohesi di bawah zat cair yanglebih besar daripada kohesi pada bagian atas zat cair, sehingga permukaan zat cairakan cenderung mengerut serta membentuk luas bagian atas sekecil mungkin.

2.adakah imbas tegangan permukaan terhadap bentuk dari sebuah tetesan air? Bagaimanakahjuga peranan tegangan bagian atas pada gelembung sabun? Jelaskan!
Jawab:
Tentu sajaada. Dimana titik-titik air yang melekat diatas rumput berbentuk seperti bolakarena luas permukaan terkecil adalah bangun yang berbentuk bola. Akibatnya adanyagaya kohesi, maka timbul tegangan permukaan. Bagian luar tetes air ditarik kedalam. Akibatnya, air berkontraksi dan cenderung memperkecil luas permukaannya.
Peran tegangan permukaan padagelembung sabun adalah mengurangi tegangan permukaan air sehingga dapatmeningkatkan kemampuan air buat membersihkan kotoran yang inheren padapakaian.

3. Apakahmanfaat mengetahui tegangan permukaan benda? Sebutkan contohnya!

Jawab:
·Sabuncuci sengaja dibentuk untuk mengurangi tengangan permukaan air sehingga dapatmeningkatkan kemampuan air buat membersihkan kotoran yg melekat padapakaian.
·Mencucipakaian menggunakan air hangat atau air panas lebih higienis lantaran dengan suhu yangtinggi tegangan bagian atas akan semakin kecil serta kemampuan air buat membasahipakaian yang kotor lebih meningkat lagi.
·Alkoholdan antiseptik pada umumnya memiliki kemampuan buat membunuh kuman, danmempunyai tegangan permukaan yang rendah sebagai akibatnya dapat membasahi seluruhpermukaan kulit yang luka.
·Dalammempengaruhi penyerapan obat dalam bahan pembantu padat dalam sediaan obat.
·Penetrasimolekul melalui membrane biologis
·Pembentukandan kestabilan emulsi serta dispersi partikel tidak larut dalam media cair untukmembentuk sediaan suspensi.

4.adakah metode yang lain yg dapat digunakan buat mengukur tegangan permukaanzat cair? Jelaskan!
Jawab:
Tentusaja terdapat, metodenya diantaranya:
·MetodePipa kapiler. Metode ini dilakukan menggunakan memasukkan pipa kapiler yangberjari-jari R pada zat cair yang bermassa jenis ρ secara tegak lurus.
·CaraJaeger. Metode ini pada penentuan tegangan bagian atas sering pula disebutmetode gelembung. Dasarnya merupakan tegangan muka sama dengan tegangan maksimumdikurangi gaya yg memilih gas keluar.
·DropWeight. Metode ini dilakukan buat mengukur tegangan bagian atas cairan udara danantarmuka cair-cair, menggunakan mengukur berat per tetesan yang jatuh.

Nah, itulah pembahasan soal TugasPendahuluan Praktikum Fisika tentang Tegangan permukaan zat cair. Semoga dapatmembantu serta bermanfaat bagi sobat yg akan melaksanakan praktikum ataupunpercobaan Tegangan bagian atas zat cair, cukup sekian postingan kali ini, wassalamu’alaikum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel