CARA MEMBUAT SIMPUL HIDUP DENGAN CEPAT BAIK DAN BENAR

BELAJAR PRAMUKA -Hai sobat Pramuka! Pada materi pramuka kali ini kita akan belajar tentang bagaimana caranya membuat simpul hayati. Sebelum itu, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu simpul hayati. Simpul hayati merupakan simpul yang paling dasar. Simpul hayati atau pada bahasa inggris disebut overhand knot pula menjadi simpul yang mendasari pembuatan simpul-simpul lainnya seperti simpul mangkat serta simpul nelayan atau simpul kembar.

Simpul hayati itu dipakai sebagai simpul pada ujung tali untuk menjaga supaya jalinan tali di ujung tali tidak terurai dan menjaga tali aga tidak gampang bergeser. Di kepramukaan, simpul hayati termasuk galat satu simpul yg wajib buat dikuasai sang para pramuka. Simpul ini termasuk galat satu simpul yang diujikan pada Syarat Kecakapan Umum loh sobat, baik itu buat pramuka siaga (SKU Bantu Nomor 34) maupun SKU Penggalang (SKU Penggalang Ramu Nomor 23).

Lantas bagaimana caranya buat menciptakan simpul hidup? Baiklah, ikuti langkah-langkahnya berikut ini!

Cara Membuat Simpul Hidup

Untuk membuat simpul hayati sangatlah gampang. Caranya buatlah lingkaran lalu tambahkan galat satu ujung tali ke dalam bulat tersebut lalu eratkan (tarik kedua ujung tali) sampai bundar tersebut mengencang. Agar lebih gampang buat dipahami perhatikan gambar ataupun video berikut adalah:


Video cara membuat simpul hidup dengan mudah.


Selain overhand knot pula dikenal double overhand knot dan overhand loop.  Double overhand knoot merupakan overhand knoot ganda pada mana dalam langkah kedua (gambar kedua) tali dimasukkan 2 kali ke pada sosok baru dieratkan. Sedangkan untuk overhand loop membuatnya menggunakan terlebih dulu membagi tali (bagian yang hendak disimpul) sebagai 2 bagian baru disimpul hayati sebagai akibatnya salah satu ujungnya berupa sosok.

Akan tetapi kedua simpul ini lebih jarang digunakan di kepramukaan. Untuk overhand loop lebih tak jarang diganti dengan simpul tiang lantaran overhand loop akan lebih sulit dilepas sesudah menerima beban yang kuat ketimbang simpul tiang.


Nah itulah tutorial singkat tentang bagaimana caranya membuat simpul hayati, semoga bermanfaat bagi kalian ya, terutama buat kalian yg masih baru pada organisasi pramuka, engkau iya kamu! Hehehe! Cukup sampai disini dulu ya postingan kali ini, jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jangan sungkan buat klik tombol share ya! Sekian, wassalamu’alaikum dan salam pramuka!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel