CARA MEMPERSIAPKAN DAN MEMBUAT ACARA PERKEMAHAN SENDIRI DENGAN BAIK DAN BENAR

BELAJAR PRAMUKA -Hampir setiap anggota Gerakan Pramukapasti pernah mengikuti yg namanya perkemahan, dan iky yakin seluruh anakPramuka itu sangat suka menggunakan yg namanya berkemah. Banyak sekali hal menarikdan pengalaman yang sanggup kita dapatkan menurut program perkemahan tersebut, yangpastinya juga sangat bermanfaat bagi masa depan anggota Pramuka itu sendiri.

Namunpernahkan abang-saudara tertua mengadakan perkemahan sendiri? Kalau nir, pernahkahterbesit dalam pikiran untuk melaksanakannya? Banyak sekali orang yangberanggapan bahwa membuat acara perkemahan itu adalah hal yg cukup gampang,asal terdapat uang niscaya semua beres. Padahal, banyak sekali pengalaman yangmenunjukkan bahwa orang yang melaksanakan program perkemahan itu mengalami banyakkesulitan serta juga kendala sewaktu pelaksanaannya, dikarenakan pengalaman danjuga persiapan yang kurang.

Olehkarena itu, sebelum mengadakan acara perkemahan, kita wajib melakukan persiapanyang matang, agar aktivitas berkemah tadi dapat berlangsung dengan kondusif dannyaman tanpa adanya kendala.

Untukmembantu saudara tertua-abang pada menyelenggarakan program perkemahan, ini dia ikyakan mengungkapkan hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mengadakan acaraperkemahan. Simak ulasannya ya!

1.SASARAN DAN MOTIVASI

Sebelummengadakan program perkemahan, target serta motivasi harus telah terang danjuga jelas. Sasaran ini harus diketahui sang semua panitia penyelenggara danjuga para peserta dalam umumnya karena target perkemahan akan mempengaruhibesarnya pembiayaan yang wajib dimuntahkan, lamanya ketika, banyaknya alat-alat,jumlah personil, serta sebagainya.


2.PERENCANAAN (PLANNING)

Supayaperkemahan yg kita adakan mencapai hasil yang diinginkan, perencanaannya jugaharus baik. Untuk membuat sebuah perencanaan yang baik, kita harus memilikidata-data yg lengkap mengenai tempat yang akan dipakai sewaktu perkemahanberlangsung.

Untuk itukita harus melakukan survei terlebih dahulu. Apa saja yg perlu buat dilihatselama peninjauan awal (kuesioner) merupakan :
a)Keadaanmedan perkemahan (termasuk kedalam prasarana air dan juga MCK) MCK adalahMandi, Cuci, Kakus.
b)Saranakesehatan
c)Keamanandaerah perkemahan baik dari gangguan hewan liar, bahaya bencana alam sepertibanjir, badai, petir, tanah longsor, bahkan menurut orang-orang dursila sekalipun.
d)Kepemilikantempat diadakannya perkemahan, pada siapa kita wajib meminta izin menggunakantempat tersebut (milik pribadi, desa atau instansi).
e)Tempatuntuk berbelanja yang paling terdekat misalkan seperti warung, toko, ataupunpasar.
f)Kemungkinanuntuk melaksanakan bakti sosial kepada rakyat kurang lebih perkemahan
g)Jaraktempat peserta ke lokasi perkemahan
h)Kendaraanapa saja yang mampu digunakan buat menuju loka perkemahan
i)Tempatobyek apa saja yg sanggup dikunjungi selama program perkemahan berlangsung,misalkan misalnya obyek wisata, tempat-tempat menarik, dan icon wilayah tersebut.
Setelahmengumpulkan dan mendapatkan data-data berdasarkan survey tersebut, maka dimulailahmenyusun perencanaan yang meliputi :
·Waktuyang diharapkan (menggunakan menciptakan time schedule). Persiapan yang dilaksanakan,lamanya ketika perkemahan, saat tempuh bepergian, dan pembuatan laporan danjuga pertanggung jawaban.
·Tempatdimana akan diselenggarakannya program perkemahan.
·Besaranggaran porto yang diperlukan.
·Transportasiyang akan digunakan.
·Peserta,baik jumlah peserta juga seluruh persyaratannya.
·Pimpinanperkemahan dan susunan panitia penyelenggara.
·Pembagiantugas (job des).
·Peralatandan jua logistik.
·Susunanacara kegiatan (acara aktivitas).
·Perluatau tidaknya mengundang seorang pelatih ataupun pelatih dan jua narasumberataupun seseorang penceramah.

3.PERSIAPAN SEBELUM BERKEMAH

Persiapanyang baik dan matang menjelang keberangkatan buat program perkemahan, merupakanbagian yg sangat krusial serta kunci menurut keberhasilan suatu perkemahan.persiapan-persiapannya mencakup kesiapan berdasarkan mental serta pula fisik. Jadiusahakan buat selalu menjaga kesehatan sebelum berangkat ke perkemahan, agarsewaktu berada di kemah kita sanggup melakukan segala aktivitas dengan baik danmendapatkan output yg aporisma.


4.PERLENGKAPAN

Perlengkapanharus diperinci menggunakan sangat teliti (karena kekurangan perlengkapan diperkemahan dapat menimbulkan dampak yg buru). Perlengkapan-perlengkapantersebut dibagi kedalam :
a)Perlengkapanpribadi atau perorangan
b)Perlengkapanregu atau kelompok
c)Perlengkapanpasukan atau kontingen
d)Perlengkapanpanitia atau penyelenggara

5.BAHAN MAKANAN

Persiapanbahan makanan juga sangat krusial serta akbar sekali keuntungannya. Gairah sertasemangat buat berkemah juga didasarkan dalam bahan makanan yang baik danberkualitas. Pola makan yg sehat bisa mempertinggi stamina para pesertaperkemahan untuk permanen sanggup beraktifitas dengan baik. Tempat perkemahan yangbegitu latif juga akan sebagai sia-sia apabila perut terus-terusan melilit karenakelaparan. Makanan yang baik wajib mengandung kondisi-syarat menjadi berikut :
a)Mengandunggizi yang cukup
b)Jumlahnyamencukupi kebutuhan, maksudnya diubahsuaikan menggunakan kegiatan yg dilaksanakan
c)Makananharus dari jenis yang gampang dicerna sang tubuh
d)Makanantidak cepat basi serta busuk, dan terjaga kebersihannya.
e)Disarankanpula untuk membuat daftar menu sewaktu pada perkemahan.

Itulahhal-hal yg sangat krusial buat dipersiapkan sebelum mengadakan acaraperkemahan, supaya acara perkemahan permanen berjalan menggunakan lancar serta tidak terhambat.semoga cara-cara diatas bisa berguna bagi kalian yang ingin mengadakanacara perkemahan, cukup sekian artikel kali ini, jangan lupa di share ya!Wassalamu’alaikum dan Salam Pramuka!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel