FAKTA PRAMUKA 14 AGUSTUS BUKANLAH HARI ULANG TAHUN PRAMUKA MENGAPA


BELAJAR PRAMUKA - Ternyata masih banyak abang kakakPramuka yg salah kaprah dengan hal sepele yang satu ini. Masih banyak anakPramuka diluar sana yang menganggap bahwa tanggal 14 Agustus adalah Hari UlangTahun Pramuka, Padahal bukan!

Mereka banyak yangmenyebutkan bahwa bila hari ulang tahun Pramuka itu diperingati dan dirayakansetiap lepas 14 agustus, padahal sebenarnya ini adalah SALAH.

Tahukah abang saudara tertua kalausebenarnya dalam Gerakan Pramuka itu nir dikenal adanya istilah peringatanhari ulang tahun? Yang sebenarnya ada adalah HARI PRAMUKA yg diperingatisetiap lepas 14 Agustus.

Sejak tahun 1960-an berbagaipihak termasuk pemerintah berusaha buat menyatukan aneka macam macam gerakankepanduan yang terdapat pada Indonesia, dan puncaknya adalah dalam lepas 20 Mei 1961dengan terbitnya Keputusan Presiden R.I Nomor 238 Tahun 1961 yang telahmenetapkan Gerakan Pramuka sebagai satu satunya organisasi yang ditugaskanuntuk menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia.

Kemudian, pada lepas 14Agustus 1961 dilakukanlah pelantikan Mapinas (Majelis Pimpinan Nasional),Kwartir Nasional, serta Kwarnari oleh Presiden R.I Pertama Ir. Soekarno, laludilanjutkan menggunakan penganugerahan panji panji kepramukaan. Nah tanggal 14Agustus inilah yg kemudia diperingati menjadi HARI PRAMUKA setiap tahunnya.

Tentang penggunaan istilahHARI PRAMUKA, kentara sekali tertuang pada Anggaran Dasar (Bab I Pasal 1 Ayat(6)). Tentang ini kita bisa pula membaca sejarah kepramukaan di Indonesia.

Jadi untuk kedepannya jangansalah lagi ya kak! Tanggal 14 Agustus itu bukanlah Hari Ulang Tahun Pramukaakan tetapi lepas 14 Agustus itu merupakan Hari Pramuka.

Jangan lupa share artikelini biar makin banyak Pramuka yang memahami dan nir galat Kaprah lagi, sekianWassalamu’alaikum, Salam Pramuka!

Sumber Referensi : Pramukaria.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel