FAKTA PRAMUKA PEMBINA PRAMUKA BUKANLAH PELATIH PRAMUKA


BELAJAR PRAMUKA - Pada artikel-artikel sebelumnya iky telah pernah membahas tentang beberapa liputan yg ada pada Gerakan Pramuka, nah pada kesempatan kali ini iky jua akan membahas salah satu berita tentang kesalahan pahaman yang ada dalam Gerakan Pramuka. Kesalahpahaman tersebut merupakan penyebutan Pembina Pramuka sebagai instruktur pramuka.

Sebenarnya Pembina Pramuka dan Pelatih Pramuka itu merupakan 2 hal yg cukup tidak sama, mau memahami kenapa tidak sama? Yuk simak penerangan singkat ini dia.

Pembina Pramuka merupakan anggota dewasa pada Gerakan Pramuka yang melakukan proses pembinaaan dan pendidikan kepramukaan bagi anggota belia. Pembina pramuka itu sendiri terbagi lagi sebagai pembina siaga, pembina penggalang, pembina penegak, dan pembina pandega, dan seorang pembina pramuka itu haruslah telah menyelesaikan Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan (KML) terlebih dahulu.

Sedangkan yg dikatakan instruktur pramuka merupakan anggota dewasa pada Gerakan Pramuka yang bertugas pada Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) buat melakukan training dan pendidikan pada para pembina Pramuka. Seorang pelatih pembina pramuka setidaknya telah lulus Kursus Pelatih Pembina Dasar (KPD).



Nah, menurut kedua penjelasan tersebut maka bisa kita simpulkan bahwasannya Pembina Pramuka adalah orang yang membina peserta didik baik itu siaga, penggalang, penegak, serta pandega, sedangkan instruktur pembina merupakan orang yang membina pembina Pramuka.

Okay, sekarang telah jelaskan kak? Jikalau Pembina dan Pelatih Pramuka itu adalah dua orang yang tidak sama, jadi jangan hingga keliru lagi ya! Semoga artikel atau goresan pena ini dapat bermanfaat bagi kita semua, serta jika misalkan ada kekeliruan dari goresan pena pada atas mungkin kakak-saudara tertua yg memiliki ilmu yg lebih boleh di share di kolom komentar dan kita diskusikan menggunakan baik, relatif sekian wassalamu’alaikum dan Salam Pramuka!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel