PERBEDAAN PRAMUKA GERAKAN PRAMUKA DAN KEPRAMUKAAN


BELAJAR PRAMUKA –
Pramuka, Gerakan Pramuka, serta Kepramukaan adalah 3 hal yg tidak sama, masing-masing kata tadi memiliki pengertian yang berbeda-beda. Tetapi, apakah kita menjadi anggota Pramuka sudah sahih-sahih mengerti akan maksud berdasarkan ketiga istilah tersebut? Saya yakin masih poly anak Pramuka yang linglung dan kebingungan membedakan arti menurut masing-masing istilah tadi. Oleh karenanya artikel kali ini akan membahas tentang pengertian berdasarkan Pramuka, Gerakan Pramuka, serta Kepramukaan dengan lengkap dan kentara.

1 PENGERTIAN PRAMUKA DAN KEPRAMUKAAN MENURUT KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA

KMBI telah memasukkan kata “Pramuka” serta “Kepramukaan” di dalamnya. Menurut kmbi pengertian berdasarkan pramuka serta kepramukaan merupakan menjadi berikut :
·Pramuka /pra-mu-ka/ n akr Praja Muda Karana; organisasi buat pemuda yg mendidik para anggotanya di berbagai keterampilan, disiplin, agama dalam diri sendiri, saling menolong, dsb anggota organisasi pramuka : -- membentuk anak (pemuda) yg masih berkembang sebagai rakyat negara yang berbudi luhur; pandu;
·Kepramukaan /ke-pra-mu-ka-an/ n wacana (aktivitas dsb) yg herbi pramuka

Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka menjadi dasar pokok penyelenggaraan pendidikan kepramukaan di Indonesia. Di dalam Undang-undang tersebut dinyatakan mengenai pengertian ‘pramuka’, ‘Gerakan Pramuka’, ‘kepramukaan’, serta ‘pendidikan kepramukaan’.
Berikut pengertian masing-masing dari Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 mengenai Gerakan Pramuka:
·Gerakan  Pramuka  adalah  organisasi  yg  dibentuk  sang  pramuka  buat  menyelenggarakan  pendidikan kepramukaan.
·Pramuka  adalah  rakyat  negara  Indonesia  yang  aktif pada  pendidikan  kepramukaan  serta  mengamalkan Satya Pramuka serta Darma Pramuka.
·Kepramukaan merupakan  segala  aspek  yang  berkaitan menggunakan pramuka.
·Pendidikan Kepramukaan merupakan proses pembentukan kepribadian,  kecakapan  hayati,    serta  akhlak  mulia pramuka melalui  penghayatan  serta  pengamalan nilai-nilai kepramukaan.

Nah, itulah pengertian berdasarkan masing-masing kata pramuka, Gerakan Pramuka, dan Kepramukaan. Semoga dapat bermanfaat bagi kakak-saudara tertua seluruh, cukup sekian artikel kali ini, wassalamu’alaikum dan Salam Pramuka!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel