GAPURA TENDA PIONERING SETENGAH BINTANG DAN PAGAR

Melengkapi posting terdahulu tentang gapura tenda contoh pionering, kali ini pramukaria pulang merancang sebuah gapura tenda pionering. Adalah gapura tenda pionering model Setengah Bintang. Dinamakan sehabis bintang lantaran bentuk pionering gapaura ini terispirasi menurut bintang segilima. Penampakannya pun menyerupai separo permukaan berdasarkan bintang segilima. Model gapura ini pula dilengkapi menggunakan pagar di kedua sisi kiri serta kanan.
Untuk menciptakan gapura ini bisa mempergunakan bambu dengan berukuran-berukuran eksklusif. Tetapi jua sanggup mempergunakan "full tongkat pramuka" (gapura dibuat berdasarkan tongkat pramuka secara holistik). Bahkan buat menciptakan pagar pada kanan kiri gapura cukup dengan menggunakan tongkat pramuka yg ukuran 160 centimeter.
Gapura model setengah bintang ini telah penulis ujicobakan serta praktekkan saat saudara termuda-saudara termuda penggalang penulis mengikuti sebuah kegiatan perkemahan.
Jika menggunakan bambu dengan ukuran-berukuran eksklusif yang telah disesuaikan, bambu dan tongkat pramuka yg dibutuhkan merupakan :
  1. Untuk pembuatan gapura, membutuhkan :
    1. 3 btg tongkat pramuka (ukuran 160 centimeter)
    2. 2 btg bambu berukuran panjang 2 meter
    3. 1 batang bambu ukuran panjang tiga meter
    4. 2 btg bambu berukuran panjang 4 meter
  2. Untuk pembuatan pagar di kanan kiri gapura, membutuhkan 16 btg tongkat pramuka 
Sedangkan bila gapura dibuat dari tongkat pramuka secara keseluruhan (full tongkat pramuka), bambu-bambu tersebut dapat diganti dengan tongkat pramuka yang disambung. Total tongkat pramuka yang diharapkan buat gapura adalah 17 tongkat pramuka.
  1. bambu ukuran panjang dua meter diganti dengan 2 tongkat pramuka yg disambung (dua btg = 4 tongkat pramuka)
  2. bambu berukuran panjang tiga meter diganti dengan dua tongkat pramuka yang disambung (1 batang = 2 tongkat pramuka)
  3. bambu berukuran panjang 4 meter diganti dengan 3 tongkat pramuka yg disambung ((dua btg = 8 tongkat pramuka)
Penampakan gapura serta pagar selengkapnya merupakan menjadi berikut :
Seperti dalam pembuatan gapura pionering sebelum-sebelumnya, buat merakitnya cukup menggunakan memakai tali pramuka. Simpul dan ikatan yg dipergunakan merupakan simpul pangkal, simpul mati (buat menyambung tali), ikatan palang dan ikatan silang.
Untuk pagar di kanan serta kiri gapura, pada gambar terdiri atas empat set. Ini mengingat ketika dipraktekkan pembuatan, kapling tenda yg disediakan (buat satu kontingen menggunakan dua regu) selebar 12 meter. Jika tanah yang sudah dipetak-petak tenda berukuran kurang menurut itu tentunya jumlah set pagar ini sanggup dikurangi sebagai 2 atau 3 saja.
Baca pula :
  1. Gapura Tenda Pionering menggunakan Aksesoris Jalinan Tali
  2. Pionering Gapura dengan 23 Tongkat
  3. Contoh Model Pionering Menara Pandang
  4. Contoh Model Pionering Jembatan

Dan tentunya, ketika mempraktekkan membuat gapura pionering contoh 1/2 bintang, gambar pada atas bisa diadaptasi dan dikembangkan sesuai dengan keadaan serta kreatifitas masing-masing. Termasuk penggunakan gambar pada zenit gapura serta di 'kotak' pagar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel