JENISJENIS DRAMA


A. Pengertiandan Ciri Drama
Kata drama asal daribahasa Yunani Draomai yang berarti ‘berbuat, berlaku, bertindak’. Jadi dramabisa berarti perbuatan atau tindakan. Arti pertama menurut Drama adalah kualitaskomunikasi, situasi, action(segala yg terlihat di pentas) yang menimbulkanperhatian, kehebatan (acting), serta ketegangan dalam para pendengar. Ciri spesial berdasarkan dramaadalah, naskahnya berbentuk dialog atau dialog.
B. PerbedaanDrama serta Teater
Tabel 3. Perbedaan drama dan Teater

Drama
Teater
naskah
pertunjukan
penokohan
tokoh
teks
interteks
peneliti
sutradara


C. Jenis Drama atau Teater
1. Tragedi
Boulton (1958:147) menyebutkan,drama tragedi adalah sebuah permainan dengan akhir yang menyedihkan, biasanyasetidaknya terdapat satu kematian, tindakan dan pikiran dibuat secara seriusdan dengan menghormati hak pribadi insan. Sementara itu, Massofa (2009)menuliskan bahwa drama peristiwa adalah perbuatan yg menampilkan oleh tokohdalam kesedihan, kemuraman, keputusasaan, kehancuran, dan kematian.
2. Melodrama
Boulton (1958: 148) memaparkan bahwamelodrama merupakan interaksi yang rendah dari sebuah bencana. Ini mungkin mengenai kesedihanatau akhir yang menyenangkan, meskipun berakhir menyedihkan seperti tumpukanmayat atau teriakan orang gila akan menjadi pelengkap sensasi pertunjukan yangmungkin lebih mengharukan. Beberapa pendapat para pakar disimpulkan bahwa melodramaadalah drama musikal yang sarat menggunakan kesedihan yg terkadang sangatberlebihan serta menguras empati penonton.

3. The Heroik Play (Drama Heroik)
Drama farce/heroik ini bisa dikatakandrama yg hiperbola dalam mengekspresikan perilaku tokoh juga keberanianmengeksplor tema, sebagai akibatnya menyebabkan impak yang terkadang pada luar dugaanpenonton, karena dikemas secara unik serta luar biasa.
4. Drama Masalah/Problem Play
Boulton (1958: 149) menjelaskanbahwa kegunaan kata ini buat diterapkan dalam jenis permainan yangmenyenangkan dari kasus sosial atau moral eksklusif sebagai akibatnya menciptakan orang berpikircerdas. Secara alami hal ini umumnya berkaitan masalah hayati manusia yang menyakitkan. Jenis permainan ini bermaksudmengajukan pertanyaan yg baik serta menyediakan jawaban atau meninggalkanperadaban buat menemukan sesuatu.
5. Komedi (Comedy)
Boulton (1958: 150) menyatakan bahwafungsi penting menurut komedi adalah buat menghibur. Hiburan dapat dimulai menurut senyumtenang kemudian lalu tertawa terbahak-bahak. Komedi dapat menjadi sangat hebatatau sangat sederhana, tetapi jua dapat menenangkan hati insan, sepertiYellow Sands and The Farmer’s Wife karya Eden Philpott; atau kecerdasan yg bijaksanaseperti The Provok’d Wife atau The Way of The World.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel