UNSUR DAN JENIS PUISI


  1. Pengertian
    Menurut Herman J. Waluyo (2008: 28) puisi adalahbentuk karya sastra yg menyampaikan pikiran serta perasaan penyair secaraimajinatif serta disusun dengan mengkonsentrasikan seluruh kekuatan bahasa denganpengkonsentrasian struktur fisik dan struktur batinnya.
  2. UnsurPembangun Puisi
MenurutWellek (1990:217) unsur pembangun puisi dapat dibagi dalam beberapa unsur,mencakup (1) suara atau sound stratum, (dua) arti atau units of meaning, (3)dunia atau empiris yang digambarkan penyair, (4) dunia atau realitas yangdilihat dari titik pandang eksklusif, serta (5) global yang bersifat metafisis.
MenurutHerman J. Waluyo (2008: 76) struktur fisik puisi terdiri menurut (1) diksi, (dua)pengimajian, (3) istilah konkret, (4) bahasa figurasi atau majas, (5) versifikasi,dan (6) rapikan paras atau tipografi. Struktur fisik tersebut pula dipengaruhipula sang defleksi bahasa serta sintaksis dalam puisi.adapun struktur batinadalah struktur yang herbi tema, perasaan, nada dan suasana,amanat atau pesan.
Macam-macamPuisi
a.puisi Naratif
Puisinaratif,yakni puisi yang pada dalamnya mengandung suatu cerita, menggunakan pelaku,perwatakan, setting, juga rangkaian peristiwa tertentu yang menjalin suatucerita.

b.puisi lirik

Puisilirik, yakni puisi yg berisi luapan batin individual penyairnya menggunakan segalamacam endapan pengalaman, sikap, juga suasana batin yang melingkupinya. Jenispuisi lirik umumnya paling banyak terdapat dalam khazanah sastra terkini diIndonesia tampak pada puisi-puisi Chairil Anwar, Sapardi Djokodamono, GoenawanMohammad, serta lain-lainnya (Aminuddin, 1987: 135).

c. Puisi deskriptif

Dalampuisi deskriptif, penyair bertindak sebagai pemberi kesan terhadapkeadaan/peristiwa, benda, atau suasana yg dilihat menarik perhatianpenyair. Jenis puisi yang bisa diklasifikasikan dalam puisi naratif,misalnya: puisi satir, kritik sosial, dan puisi-puisi impresionistik. Satirejuga merupakan puisi yg membicarakan perasaan tidak puas penyair terhadapsuatu keadaan, tetapi dengan cara menyindir atau meyatakan keadaan sebaliknya.

d.puisi Fisikal

PuisiFisikal bersifat realistis artinya mendeskripsikan fenomena apa adanya. Yangdilukiskan adalah kenyataan dan bukan gagasan. Halhal yang dipandang, didengar,atau dirasakan adalah adalah obyek ciptaannya.

e.puisi Platonik

PuisiPlatonik adalah puisi yang sepenuhnya berisi hal-hal yang bersifat spiritualatau kejiwaan. Puisi-puisi pandangan baru atau cita-cita dapat imasukkan ke dalamklasifikasi puisi platonik. Puisi-puisi religius dan didaktik juga dapatdikategorikan puisi platonik, yang mengungkap nilai spiritual serta pendidikansecara eksplisit.

f.puisi Metafisikal

Puisimetafisikal adalah puisi yang bersifat filosofis dan mengajak pembacamerenungkan kehidupan dan merenungkan Tuhan.

g.puisi Subyektif

PuisiSubyektif pula dianggap puisi personal, yakni puisi yg menyampaikan gagasan,pikiran, perasaan, serta suasana dalam diri penyair sendiri.

h. Puisi Obyektif

PuisiObyektif berarti puisi yang membicarakan hal-hal pada luar diri penyair itusendiri. Puisi obyektif dianggap jua puisi impersonal.

i.puisi Konkret

PuisiKonkret sangat populer dalam global perpuisian Indonesia dari tahun 1970. X.J.kennedy pada Herman J. Waluyo (2008:159) memberikan nama jenis puisi tertentudengan nama puisi nyata, yakni puisi yang bersifat visual, yg dapatdihayati keindahan bentuk dari sudut penglihatan (poems for the eve).

j.puisi Diafan

PuisiDiafan atau puisi polos adalah puisi yang kurang sekali menggunakan pengimajian,istilah nyata serta bahasa figuratif, sebagai akibatnya puisinya mirip dengan bahasasehari-hari. Puisi yg demikian akan sangat gampang dihayati maknanya.

k.puisi Prismptis

DalamPuisi Prismptis penyair bisa menyelaraskan kemampuan membentuk majas, versifikasi,diksi, dan pengimajian sedemikian rupa sebagai akibatnya pembaca nir terlalu mudahmenafsirkan makna puisinya, tetapi nir terlalu gelap.

l.puisi Parnasian

Puisiparnasian diciptakan menggunakan pertimbangan ilmu atau pengetahuan serta bukandidasari sang inspirasi lantaran adanya mood dalam jiwa penyair.

m.puisi inspiratif

Puisiinspiratif diciptakan menurut mood atau passion. Penyair sahih-benar masukke pada suasana yg hendak dilukiskan. Suasana batin penyair sahih-benarterlibat ke dalam puisi itu.

n. Puisi Demonstrasi

Puisiini melukiskan dan meruapakan hasil refleksi demonstrasi para mahasiswa dan pelajar– KAMI-KAPPI- kurang lebih tahun 1966.

o.puisi Pamflet

Puisipamfet juga menggunakan protes sosial. Disebut puisi pamfet karena bahasanyaadalah bahasa pamfet. Kata-katanya menyampaikan rasa nir puas kepadakeadaan. Munculnya katakata yg berisi protes secara spontan tanpa protespemikiran atau perenungan yang mendalam.

p.puisi Alegori

Puisialegori merupakan puisi yang seringkali-seringkali mengungkapkan cerita yg isinyadimaksudkan buat memberikan nasihat tentang budi pekerti serta agama. Jenisalegori yg populer merupakan parable yg pula dianggap dongeng perumpamaan.dalam Kitab suci poly dijumpai dongeng-dongeng erumpamaan yang maknyanyadapat dicari di balik yang tersurat.

4. Jenis-jenis Puisi

a.puisi Lama

Puisilama adalah puisi yg terikat sang aturan-anggaran, diantaranya:

(1)Anonim: adalah puisi warga yg nir dikenal nama pengarangnya. (2)Disampaikan menurut ekspresi ke ekspresi, jadi merupakan sastra lisan. (tiga) Terikataturan jumlah baris tiap bait, jumlah suku istilah maupun rima.

  1. Pantun
  2. Gurindam
  3. Syair
b.puisi Baru

Puisibaru merupakan puisi yang lebih bebas daripada puisi usang baik dalam segi jumlahbaris, suku kata, juga rima.

c.puisi Kontemporer

Katakontemporer secara generik bermakna masa kini sinkron menggunakan perkembangan zamanatau selalu menyesuaikan dengan perkembangan keadaan zaman. Puisi kontemporerseringkali memakai istilah-kata yang kurang memperhatikan santun bahasa, memakaikata-kata makin kasar, ejekan, dan lain-lain.

Contohpuisi kontemporer

1).sutardji Calzoum Bachri menggunakan 3 deretan puisinya O, Amuk, serta OAmuk Kapak

2).ibrahim Sattah dengan kumpulan puisinya Hai Ti

3).hamid Jabbar menggunakan perpaduan puisinya Wajah Kita

d.puisi mbeling

Puisimbeling adalah bentuk puisi yang nir mengikuti aturan.

Ciri-ciripuisi mbeling merupakan:

-Mengutamakan unsur kelakar; pengarang memanfaatkan semua unsur puisi berupabunyi, rima, irama, pilihan kata dan tipografi buat mencapai imbas kelakartanpa ada maksud lain yg disembunyikan (implisit).

Contoh:Sajak Sikat Gigi karya Yudhistira Ardi Nugraha

MalamLebaran karya Subagio Sastrowardoyo

e.prosa Lirik

ProsaLirik adalah keliru satu bentuk karya sastra pada ragam prosa yang ditulis dandiungkapkan dengan memakai unsur-unsur puisi. Meskipun bahasanya berirama,serta pencitraannya misalnya puisi, tetapi ikatan antarkata pada sebuah kalimat,atau interaksi antarkalimat dalam sebuah paragraf (secara sintaksis) lebihmendekati bentuk prosa.

ContohProsa Lirik:

Berselisih(Karya Amir Hamzah)

Berselisihkami, dia dua berjalan, aku seperti selamanya seorang diri. Adiknya yangdipimpinnya itu menoleh-noleh ke belakang, matanya berkilat-kilat melihatsegala berwarna warni, putar-rimutar, kelap-kumilap di tepi jalan itu.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel