MEDIA PEMBELAJARAN


Media merupakan segala sesuatu yangdapat digunakan buat menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehinggadapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswasedemikian rupa sebagai akibatnya proses belajar terjadi.

Memahamikarakteristik banyak sekali media pedagogi merupakan kemampuan dasar yang harusdimiliki seorang pendidik pada kaitannya dengan keterampilan pemilihan mediapengajaran.

kriteriayang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran
Tujuan
Apa tujuan pembelajaran serta kompetensiyang ingin dicapai? Apakah tujuan itu masuk tempat kognitif, afektif,psikomotor atau kombinasi ketiganya? Jenis rangsangan alat apa yang ditekankan:apakah penglihatan, indera pendengaran, atau kombinasinya? Jika visual, apakah perlugerakan atau relatif visual diam?

SasaranDidik
Siapakah sasaran didik yg akanmenggunakan media? Bagaimana ciri mereka, berapa jumlahnya, bagaimana latarbelakang sosialnya, apakah terdapat yang berkelainan, bagaimana motivasi serta minatbelajarnya? Dan seterusnya.

Karakteristikmedia yg bersangkutan
Bagaimana karakteristik media tadi?Apa kelebihan dan kelemahannya? Sesuaikah media yang akan kita pilih itu dengantujuan yang akan dicapai?

Waktu
Yang dimaksud saat merupakan berapa lamawaktu yg diperlukan buat mengadakan atau menciptakan media yang akan kita pilih,dan berapa lama ketika yg tersedia atau yg kita miliki.

Biaya
Faktor porto menjadi kriteria yang haruskita pertimbangkan. Berapa biaya yg kita perlukan buat menciptakan, membeli ataumeyewa media tersebut? Dapatkah kita mengusahakan biaya tersebut/apakahbesarnya porto seimbang menggunakan tujuan belajar yang hendak dicapai?

Ketersediaan
Kemudahan pada memperoleh media jugaharus menjadi pertimbangan kita. Adakah media yg kita butuhkan itu tersediadi lebih kurang kita, pada sekolah atau di pasaran

Kontekspenggunaan
Konteks penggunaan maksudnya adalahdalam kondisi dan taktik bagaimana media tersebut akan digunakan.misalnya, apakah buat belajar individual, kelompok mini , grup akbar ataumassal?

MutuTeknis
Kriteria ini terutama untukmemilih/membeli media pembelajaran siap gunakan yg sudah ada. Misalnya programaudio, video, grafis atau media cetak lain. Bagaimana mutu teknis mediapembelajaran

tersebut, apakah visualnya jelas,menarik dan cocok? Apakah suaranya kentara serta lezat didengar?

B. Jenis Media Pembelajaran

Dilihatdari sifatnya, media dapat dibagi atas:

1) Media auditif, yaitu media yanghanya dapat didengar saja, atau media yg hanya memiliki unsur suara, sepertiradio serta rekaman suara.

2) Media visual, yaitu media yanghanya bisa ditinjau saja, tidak mengandung unsur bunyi. Jenis media yangtergolong ke pada media visual merupakan: film slide, foto, transparansi, lukisan,gambar, dan berbagai bentuk bahan yg dicetak misalnya media grafis dansebagainya.

3) Media audiovisual, yaitu jenismedia yang selain mengandung unsur bunyi juga mengandung unsur gambar yangdapat dicermati, misalnya, rekaman video, berbagai ukuran film, slide bunyi, dansebagainya. Kemampuan media ini dipercaya lebih baik serta lebih menarik sebabmengandung kedua unsur jenis media yg pertama dan ke 2.

Dilihatdari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam:

1) Media yg mempunyai daya liputyang luas dan serentak,seperti radio serta televisi. Melalui media ini pesertadidik bisa memeriksa hal-hal atau insiden-peristiwa yang aktual secara serentaktanpa harus memakai ruangan spesifik.

2) Media yg memiliki daya liputyang terbatas sang ruang dan waktu, misalnya film slide, film, video, dansebagainya.


C.manfaat media pembelajaran

Secara generik manfaat mediapembelajaran dari Harjanto (1997 : 245) adalah :

1) Memperjelas penyajian pesan agartidak terlalu verbalistis (memahami istilah – katanya, namun nir tahu maksudnya)

2) Mengatasi keterbatasan ruang,ketika dan daya indera. Dengan menggunakan media pembelajaran yg tepat dan bervariasidapat diatasi perilaku pasif anak didik.

3) Dapat mengakibatkan persepsi yangsama terhadap suatu masalah.

4) Selanjutnya dari Purnamawatidan Eldarni (2001 : 4) yaitu

5) Membuat konkrit konsep yangabstrak, contohnya untuk menjelaskan peredaran darah.

6) Membawa obyek yang berbahayaatau sukar didapat pada pada lingkungan belajar.

7) Manampilkan obyek yg terlalubesar, contohnya pasar, candi.

8) Menampilkan obyek yg tidakdapat diamati dengan mata telanjang.

9) Memperlihatkan gerakan yangterlalu cepat.

10) Memungkinkan murid dapatberinteraksi eksklusif menggunakan lingkungannya.

11) Membangkitkan motivasi belajar

12) Memberi kesan perhatianindividu untuk seluruh anggota grup belajar.

13) Menyajikan keterangan belajarsecara konsisten dan bisa diulang maupun disimpan berdasarkan kebutuhan.

14) Menyajikan keterangan belajarsecara serempak (mengatasi saat dan ruang)

15) Mengontrol arah maupun kecepatanbelajar anak didik.


D.fungsi media pembelajaran merupakan sebagai berikut.

1. Fungsi Atensi

Fungsi atensi media visualmerupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian anak didik untukberkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaitan menggunakan makna visual yangditampilkan atau menyertai teks bahan ajar.

2. Fungsi Afektif

Media visual dapat terlihat daritingkat kenikmatan anak didik saat belajar (atau membaca) teks yang bergambar.gambar atau lambang visual dapat menggugah emosi dan perilaku murid, contohnya informasiyang menyangkut kasus sosial atau ras.

3. Fungsi Kognitif

Fungsi kognitif media visualterlihat dari temuan-temuan penelitian yang menyampaikan bahwa lambang visualatau gambar memperlancar pencapaiaan tujuan buat tahu serta mengingat informasiatau pesan yang terkandung pada gambar.

4. Fungsi Kompensatoris

Fungsi kompensatoris mediapembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang memberikankonteks buat tahu teks membantu murid yang lemah dalam membaca buat mengorganisasikaninformasi pada teks serta mengingatnya balik .


E.memanfaatkan TIK dalam Berkomunikasi dan Pengembangan Diri

Berikut ini akan tersaji empatjenis komunikasi pada global maya yg sanggup dilakukan, yaitu komunikasimenggunakan atau memanfaatkan fasilitas e-mail, milis, chatting dan facebook.

1) e-mail

e-mailyaitu surat elektronik. Surat elektronika adalah suratyang dibentuk, dikirim serta diterima tidak dalam bentuk fsik berupa kertas akantetapi pada bentuk data elektronika yg dibentuk, dikirim serta/atau diterimadalam bentuk data yg diolah dan dikirim menggunakan acara aplikasi e-maildengan memanfaatkan alat-alat elektronik computer dan jaringan internet.melalui e-mail ini kita sanggup saling berkirim surat sebagaimana layaknya salingberkirim surat biasa, hanya dalam wujud surat yg berbeda, bukan berupakertas. Beragam jenis data dan warta yang mampu dikirim melalui e-mail, yaitubisa berupa teks atau tulisan, gambar, bunyi, serta video.

2) Milis

Milis atau mailing list adalahlayanan pada pada Internet yg digunakan buat berdiskusi melalui e-mail.diskusi pada milis mampu dikelompok-kelompokkan menurut kategori atau topikdan gerombolan tertentu. Misalnya topik mengenai pekerjaan, bisnis, pendidikan,hobi serta lain-lain atau kelompok organisasi pengajar. Salah satu penyedia mailinglist (server) yang paling terkenal adalah Yahoo!. Untuk mampu melakukan diskusidi milis atau mailing list, kita wajib terdaftar terlebih dahulu di penyediamailing list, misalnya di Yahoo! Groups. Kalau telah terdaftar artinya kitasudah mempunyai akses untuk masuk ke dalam grup-kelompok diskusi di mailinglist yg telah ada. Di sini kita sanggup mengirim serta menerima pesan e-mailsesuai menggunakan tema diskusi tertentu.

3) Chatting

Chatting adalah kata benda darikata kerja chat (Inggris) merupakan mengobrol. Chatting pada dunia Internetartinya program yg tersedia yang dipakai buat mengobrol atau berinteraksivia internet. Melalui fasilitas ini, kita bisa mampu mengobrol atauberkomunikasi menggunakan siapa pun dan di mana pun di semua belahan global.

4) Facebook

Facebook merupakan galat satuprogram aplikasi dunia maya jaringan sosial berbasis internet, pada sampingprogram lainnya. Pencetus dan pengembang pelaksanaan ini merupakan Mark Zuckerberg.melalui facebook ini kita mampu berkenalan dengan orang baru, reuni menggunakan sahabat-temanlama, juga bisa digunakan buat kepentingan tertentu lainnya missal pendidikan,politik, usaha dan sebagainya.

Sumber
Wibowo, Hari dkk. 2016. TIK pada Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel