KEGIATAN PANDU DUNIA

Kegiatan Dunia

Kepanduan merupakan gerakan internasional yg mendukung rendezvous antar budaya dan batasan geografis. Bagian penting menurut Kepanduan adalah untuk bertemu serta berkembang melalui pertukaran dengan individu-individu lain dari semua dunia.
Konferensi Kepanduan Dunia, Forum Pemuda Kepanduan Dunia, Jambore Kepanduan Dunia dan Kompetensi Debat Kepanduan Dunia (semuanya disebut sebagai Kegiatan Dunia) diadakan secara reguler, di beberapa lokasi yang ditentukan oleh Konferensi Kepanduan Dunia.
JOTA-JOTI, Kongres Pendidikan Kepanduan Dunia dan Simposium Antar-Agama Kepanduan Dunia merupakan aktivitas internasional yg diorganisasikan serta/atau didukung oleh Kepanduan Dunia.

Konferensi Kepanduan Dunia

Apa?
Konferensi Kepanduan Dunia adalah badan pengelola OGKD. Di konferensi ini, anggota organisasi mempertimbangkan kebijakan dan standar Gerakan Kepanduan, merumuskan kebijakan dasar Organisasi Dunia, dan merogoh tindakan yg diharapkan dalam mencapai tujuan Gerakan Kepanduan.
Siapa?
Setiap Organisasi Kepanduan Nasional bisa mengirimkan maksimum enam delegasi serta beberapa pengamat buat berpartisipasi pada kegiatan. Tidak ada batasan umur untuk delegasi dan pengamat.
Kapan?
Konferensi Kepanduan Dunia berlangsung setiap 3 tahun sekali, dalam ketika yg bersamaan dengan Forum Pemuda Kepanduan Dunia. Konferensi pertama kali diadakan pada tahun 1920 di Inggris. Pada tahun 2011, Konferensi ini diadakan pada Brasil dan yg berikutnya akan diadakan dalam tahun 2014 di Slovenia. Untuk fakta lebih lanjut tentang Konferensi Kepanduan Dunia dalam tahun 2014, pada Slovenia, silahkan kunjungi halaman kegiatan tadi.
Back to top

Forum Pemuda Kepanduan Dunia

Apa?
Forum Pemuda Kepanduan Dunia memberikan kesempatan untuk anggota muda Kepanduan Dunia buat mendiskusikan dan mengekspresikan pendapat mereka tentang beberapa gosip. Ketika menyiapkan masukan dan rekomendasi untuk Konferensi Kepanduan Dunia serta Komite Kepanduan Dunia, peserta akan mengembangkan kemampuan mereka dalam proses pengambil keputusan. Forum Pemuda Kepanduan Dunia dipertimbangkan sebagai tolak ukur keterlibatan anak belia pada pengambilan keputusan pada level global.
Siapa?
Setiap Organisasi Kepanduan Nasional dapat mengirim dua delegasi dan 3 pengamat. Delegasi wajib berusia 18 hingga 26 tahun pada ketika kegiatan dilaksanakan.
Kapan?
Forum Pemuda Kepanduan Dunia dilaksanakan setiap tiga tahun sekali, dalam saat yg bersamaan menggunakan Konferensi Kepanduan Dunia. Forum pertama kali diadakan pada tahun 1971 pada Jepang. Pada tahun 2011, Forum Pemuda Kepanduan Dunia diadakan di Brasil, serta yang berikutnya akan diadakan dalam tahun 2014 di Slovenia.
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai Forum Pemuda Kepanduan Dunia dalam tahun 2014, pada Slovenia, silahkan kunjungi halaman kegiatan tadi.
Back to top

Jambore Pramuka Dunia

Apa?
Jambore Pramuka Dunia adalah aktivitas reguler terbesar yg diorganisir oleh Gerakan Kepanduan dengan mengumpulkan lebih kurang 40 000 orang dari semua global. Kegiatan ini serius pada kegiatan pendidikan buat mempromosikan perdamaian dan pemahaman. Ada banyak aktifitas di Jambore Pramuka Dunia yg serius kepada kehidupan sehari-hari serta interaksi pada perkemahan.
Siapa?
Peserta harus berumur antara 14 hingga 17 tahun pada waktu aktivitas berlangsung. Jika Anda berumur 18 tahun atau lebih, Anda akan berperan pada Tim Pelayanan Internasional (staf sukarelawan).
Kapan?
Jambore Pramuka Dunia berlangsung setiap empat tahun sekali di beberapa negara yang tidak sinkron. Jambore Pramuka global pertama kali diadakan pada tahun 1920 di Inggris. Pada tahun 2011, Jambore ini diadakan pada Swedia menggunakan tema “Simply Scouting”. Jambore yg berikutnya akan diadakan dalam tahun 2015 pada Jepang menggunakan tema "Wa – A Spirit of Unity".
Untuk warta lebih lanjut mengenai Jambore Pramuka Dunia dalam tahun 2015 di Jepang,silahkan kunjungi halaman kegiatan tadi.
Back to top

Debat Kepanduan Dunia

Apa?
Debat Kepanduan Dunia adalah sebuah kegiatan buat Pramuka yg lebih senior (atau yang biasa dianggap sebagai Pramuka Penegak) dan beberapa anggota dewasa belia lainnya. Jumlah peserta umumnya mencapai 5000 orang. Kegiatan ini memberi kesempatan bagi anggota dewasa belia pada Kepanduan buat berkumpul dengan tujuan menaikkan pemahaman internasional mengenai bagaimana menjadi warga global.
Siapa?
Peserta wajib berumur antara 18 sampai 25 tahun pada ketika kegiatan berlangsung. Apabila Anda berumur 26 tahun atau lebih, Anda
akan berperan pada Tim Pelayanan Internasional (staf sukarelawan).
Kapan?
Kegiatan ini berlangsung empat tahun sekali di beberapa negara yg tidak sama. Akan namun, semenjak diadakan pertama kali pada Swiss pada tahun 1931, sudah terjadi beberapa perubahan. Pada tahun 2013, aktivitas ini diadakan pada Kanada dan yg berikutnya akan diadakan pada Islandia dalam tahun 2017.
Back to top

JOTA-JOTI

Apa?
Jamboree-On-The-Air (JOTA) serta Jamboree-On-The-Internet (JOTI) merupakan kegiatan yg menaruh kesempatan bagi Pramuka pada seluruh global buat berkumpul walaupun berada di lokasi geografis yang bhineka. Untuk kegiatan JOTA, peserta menggunakan Radio Amatir serta buat kegiatan JOTI mereka dapat menggunakan Internet.
Siapa?
Pramuka menurut aneka macam grup umur bisa berpartisipasi dalam JOTA-JOTI. Stasiun radio buat JOTA dioperasikan oleh operator radio amatir yg berlisensi.
Kapan?
JOTA-JOTI adalah aktivitas tahunan yg dilaksanakan pada minggu ketiga setiap bulan Oktober, dimulai berdasarkan hari Jumat tengah malam hingga hari Minggu tengah malam (48 jam). Lantaran kegiatan ini dimulai tengah malam sesuai saat lokal, sebenarnya kegiatan berlangsung lebih berdasarkan 48 jam karena dimulai menurut zona waktu lokasi pertama kali diadakan sampai yang terakhir. JOTA pertama kali diadakan dalam tahun 1958 dan JOTI pertama kali diadakan dalam tahun 1997.
Back to top

Simposium Antar-Agama Kepanduan Dunia

Apa?
Simposium Antar-Agama Kepanduan Dunia adalah serikat representatif Organisasi Kepanduan Nasional serta jaringan keagamaan, beberapa diantaranya memiliki Status Konsultatif dengan OGKD. Simposium ini membantu meneguhkan nilai Kepanduan sebagai institusi yg mempromosikan dialog antar kepercayaan , toleransi, solidaritas serta perdamaian. Simposium melanjutkan kerjasama dan pemahaman info antar-agama melalui Gerakan Kepanduan.
Kapan?
Simposium Antar-Agama Kepanduan Dunia berlangsung setiap 3 tahun sekali pada beberapa negara yg tidak sama dan
dikoordinasi sang Forum Antar-Agama Kepanduan Dunia (sebuah jaringan organisasi-organisasi keagamaan dalam Kepanduan) Konferensi pertama kali diadakan pada tahun 2003 di Spanyol. Pada tahun 2012, Konferensi ini diadakan pada Korea dan yang berikutnya akan diadakan pada tahun 2015 (lokasi belum ditentukan)
Back to top

Kongres Pendidikan Kepanduan Dunia

Apa?
Kongres Pendidikan Kepanduan Dunia merupakan kegiatan baru yang dibutuhkan bisa mengumpulkan peserta dari kurang lebih 200 negara serta wilayah pada mengembangkan dan berdebat tentang pengalaman dan keahlian mereka dalam Program Kepemudaan dan Sumber Daya Dewasa.
Siapa?
Komisioner Sumber Daya Dewasa Nasional, Komisioner Program Kepemudaan, Komisioner
Internasional, Komisioner Ketua serta pengambil keputusan Organisasi Kepanduan Nasional lainnya. Kegiatan ini jua mengundang masukan berdasarkan para ahli mengenai teori pendidikan serta representatif dari organisasi kepemudaaan yg menunjukkan acara pendidikan.
Kapan?
Kongres Pendidikan Kepanduan Dunia pertama akan diadakan pada tahun 2013 di Hong Kong. Untuk fakta lebih lanjut, silahkan kunjungi halaman aktivitas yg bersangkutan.
Back to top

Kegiatan Internasional

Dalam Bank Data Kegiatan, Anda bisa menemukan berita mengenai acara perkemahan atau kegiatan Kepanduan lainnya pada seluruh global. Apabila Anda ingin menambahkan kegiatan di dalam bank data, isilah formulir Kegiatan Internasional serta kirimkan ke Organisasi Kepanduan Nasional dinegara Anda buat mendapatkan persetujuan. Selain dibubuhi ke dalam bank data, kegiatan tersebut akan dimasukkan
ke Daftar Kegiatan Internasional yang didistribusikan ke Organisasi Kepanduan Nasional setiap 2 kali pada setahun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel