KUMPULAN CONTOH DAN CARA MEMBUAT LAPORAN PRAKTIKUM DENGAN BAIK DAN BENAR

BELAJAR PRAMUKA -Sebelum kita belajar tentang caramembuat Laporan Praktikum, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apayang dimaksud dengan Laporan Praktikum. Laporan praktikum merupakan suatupenjelasan lengkap tentang percobaan yg telah dilakukan, laporan inidigunakan buat menyebutkan dan menganalisis prosedur percobaan yangdilakukan dan data yang diperoleh. Di dalam laporan praktikum ini terdapatbanyak sekali bagian-bagian yang krusial yang wajib diperhatikan, sepertihipotesis, daftar indera dan bahan yang digunakan, serta data mentah percobaanyang sudah disusun menggunakan format eksklusif.

Untuk membuatsebuah Laporan praktikum, baik itu laporan praktikum hayati, kimia, dan jugafisika, perhatikan langkah-langkah pada bawah ini, supaya laporan praktikum yangkamu buat sebagai laporan yang baik serta mudah dimengerti.

1.MenentukanJudul Laporan
Judul ini merupakan nama berdasarkan percobaan yg kamu lakukan, judul berdasarkan laporanpraktikum itu haruslah padat serta jelas.

2.MenentukanPermasalahan yang akan engkau teliti

Cobalah buat memilih hal yang akan kamu uji. Ini merupakan tujuan daripenelitian. Mengapa engkau melakukan percobaan ini? Apa yg akan kamu dapatkandan engkau pelajari dari percobaan ini? Saat engkau sedang menjelaskan tentangtujuan percobaan, cobalah buat menyebutkan mengenai hal yg dapat kamu perolehdari percobaan tersebut dan hal-hal yang ingin kamu ketahui.

3.MenentukanHipotesis berdasarkan percobaan

Hipotesis merupakan hasil yg dibutuhkan untuk memecahkan pertarungan dalampercobaan secara teoritis, ataupun asumsi output menurut percobaan.  Pada dasarnya, hipotesis adalah suatuperkiraan hasil penelitian yang berdasarkan dalam teori yang kamu yakini akanmenjadi output dari percobaan. Hipotesis didasarkan pada pengetahuan ataupunpercobaan sebelumnya. Kamu tidak bisa menciptakan hipotesis tanpa dasar-dasar yangmendukungnya, dan kamu juga nir wajib menciptakan sebuah hipotesis yg sahih,karena engkau melakukan percobaan buat mengetahui kebenarannya.

4.Membuatdaftar alat serta bahan

Pastikan engkau mencantumkan semua nama indera serta bahan yang kamu gunakanuntuk melakukan penelitian, buatlah pada sebuah daftar yg ringkas serta jelas.dengan adanya daftar ini, siapa pun sanggup mengulangi percobaan kamu danmenegaskan output yang sudah engkau nyatakan.

5.Menjelaskancara kerja dari Percobaan atau Penelitian

Tuliskanlah langkah-langkah percobaan yang engkau lakukan sepanjangpercobaan, dan pengukuran yang kamu lakukan. Cara kerja ini merupakanprosedur langkah demi langkah di laboratorium. Pastikan jua buat menuliskantindakan pencegahan yang wajib kamu ambil saat melakukan percobaan.

Berikut iniadalah beberapa tips tambahan yang sanggup engkau lakukan, supaya laporan praktikumkamu sebagai lebih baik serta lebih mengagumkan.
·Mintalah petunjuk dari pengajar bidangstudi engkau buat memastikan format laporan yg wajib kamu gunakan.
·Periksalah laporan kamu sebesar duakali, yg pertama buat mengusut formatnya, yang kedua buat memeriksaisinya.
·Pilihlah laboratorium yg kamu kenaldengan baik, dan percaya diri.
·Gunakan format APA ataupun MLA, atauformat apa pun yg diminta sang guru pembimbing kamu buat mencatat dataeksternal. Selalu cantumkan asal dari data-datamu.
·Sebagian besar laporan praktikumharuslah ditulis menggunakan memakai sudut pandang orang ketiga, dalam bahasainggris, laporan yg engkau buat wajib menggunakan present tense, sedangkanuntuk menuliskan metode dan pengamatan memakai past tense.
·Jangan pernah menyontek output darilaporan praktikum orang lain. Karena praktikum yg engkau buat haruslah sesuaidengan apa adanya. Jangan merekayasa data dan hasil menurut pengamatan.

Untukmempermudah kamu dalam membuat laporan praktikum hayati, kimia, dan fisika,ini dia iky telah menyediakan deretan model laporan praktikum. Mengingatluasnya pembahasan menurut laporan praktikum tersebut, hanya iky cantumkan juduldari laporannya saja, buat membaca laporan selengkapnya tinggal klik padajudul yg diingkan.

1.Kumpulancontoh laporan praktikum biologi terlengkap

👉 Laporan Praktikum Pertumbuhan danPerkembangan

👉 Laporan Praktikum Respirasi AnaerobPada Proses Pembuatan Tape

👉 Laporan Praktikum Ekstraksi DNA dariBuah-Buahan


2.Kumpulancontoh laporan praktikum Kimia terlengkap


3.Kumpulancontoh laporan praktikum fisika terlengkap

👉 Laporan Praktikum Energi pada ayunan

👉 Laporan Praktikum Fisika dasar 1Pengukuran

👉 Laporan Praktikum Fisika Hukum Archimedes



Cukup sekianartikel mengenai Cara membuat laporan praktikum menggunakan baik dan benar besertakumpulan contoh-contohnya, semoga bisa bermanfaat ya! Jangan lupa shareartikel ini agar sebagai semakin berkah, wassalamu’alaikum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel