KUMPULAN PERMAINAN PRAMUKA

Permainan Pramuka


1.  REBUT DAN RAMPAS

Peralatan  :  Tongkat atau sapu lidi buat tiap anak
Jumlah pemain  :  Bebas
Waktu  :  10 menit
Tujuan :  Melatih kecekatan & Melatih kesetiakawanan
Unsur hiburan
Semua anak menciptakan lingkaran menggunakan jeda kira-kira 1 meter. Semakin pakar, jaraknya bisa semakin jauh. Tiap anak memegang tongkatnya sampai berdiri tegak pada lantai. Jika terdapat perintah “ya” tiap anak wajib melepaskan tongkatnya serta cepat-cepat menangkap tongkat teman di sebelah kanannya. Bila tongkat itu telah keburu jatuh, maka ia dimuntahkan.
Permainan ini sangat menyenangkan serta bisa bervariasi. Jarak antar anak dapat diperbesar jika anak-anak telah bisa, perintah bisa berupa “kiri” atau “kanan”. Bila ingin permainan lebil lama , maka sesudah jatuh 3 kali baru dimuntahkan.

2.  PETANI DAN PENCURI

Peralatan :  Karet gelang atau tali, kantong kacang, atau potongan kain atau agar kelihatan sungguhan, sebuah apel.
Jumlah pemain :  bebas
Waktu :  8-10 menit
Tujuan :  Melatih kecepatan
Unsur hiburan
Anak-anak menciptakan lingkaran serta seorang anak, yg jadi pencuri disuruh keluar  ruangan. Selagi beliau diluar, seorang anak ditunjuk menjadi petani. Sebuah benda ditaruh pada tengah bulat. Pencuri tersebut tiba serta berjalan diluar lingkaran. Ia boleh memasuki lingkaran dari mana saja dan mencuri benda itu. Petani harus menangkapnya dalam waktu pencuri menyentuh benda tersebut. Pencuri itu wajib lari keluar dari bundar lewat jalan masuk tadi serta beliau selamat bila ia dapat keluar tanpa tertangkap. Jika dia tertangkap maka petani itu wajib jadi pencuri serta dipilih petani baru.

3.  ARUNG  JERAM

Tujuan :
  • Kerja sama tim.
  • Kekompakan regu.
  • Yang bertenaga membantu yg lemah.
  • Menetapkan bersama trategi manajemen secara tepat.
  • Menempatkan diri waktu bertindak/ menjalankan tugas.
Alat :
  • Tali akbar ( diameter 4-5 centimeter/ seukuran tali Perahu ).( panjang tali sesuaikan dengan anggota regu yg bermain. )
  • Kedua ujung tali di ikat menggunakan kuat.
Pelaksanan :
  • Semua anggota regu duduk melingkar menggunakan kedua kaki menjulur (selonjor) ke dalam lingkaran.
  • Tiap anggota regu kedua tangannya memegang tali, jeda antar anggota regu 0,5 – 1 meter. Jarak semakin rapat semakin baik.
Peraturan :
  • Semua anggota regu berupaya buat berdiri secara bersama-sama.
  • Saat mencoba berdiri, kedua kaki/ lutut nir boleh ditekuk ( Tetap Lurus )
  • Setelah dapat berdiri beserta, lalu berupaya duduk beserta balik .
  • Diupayakan jangan ada peserta yg terjatuh.

4. STICK GOYANG

      Tujuan :
  • Menjalin Kerja sama serta toleransi antar anggota.
  • Belajar ketika menerima dan kapan wajib menaruh kesempatan pada yang lain.
  • Berlatih menghadapi segala rintangan atas asas kebersamaan.
      Alat :
  • Tali Pramuka/ boleh rafia. Sejumlah peserta.
  • Tongkat/ Balok/ papan kayu/ Bambu . Panjang ( dua- 3 meter ) Diameter bebas.
  • Aneka Halang rintang.
      Pelaksanaan :
  • Tiap anggota regu berhak memegangi utas tali . Boleh sebelah kanan atau kiri
  • Ditengah tarikan utas tali, diletakkan balok/ bambu dengan tali dalam kondisi kencang.
  • Regu Menempuh suatu bepergian penuh rintangan dengan jarak bebas.
  • Regu dengan ketika tempuh tercepat dan balok/ bambu nir pernah jatuh itulah yg terbaik
  • Rintangan bisa dibuat sedemikian rupa, sebagai akibatnya perjalanan membawa balok/ bambu nampak penuh tantangan. ( Melebar, menyempit, lompat, naik serta turun)

5.  BAUT BARISAN

Tujuan : Agar seluruh peserta bisa berkenalan lebih jauh, fisik maupun sifat-sifat mereka, sekaligus melatih mereka berafiliasi dalam gerombolan .
Langkah-langkah :
  • Peserta di bagi dalam 2 gerombolan yang sama poly (apabila jumlah peserta ganjil , seseorang pemandu mampu masuk ke pada keliru 1 kelompok).
  • Pemandu mengungkapkan anggaran permainan sebagai berikut :
  1. Kedua keompok akan berlomba menyusun barisan. Barisan disusun dari aba-aba pemandu :tinggi badan, panjang rambut, usia dst.
  2. Pemandu akan menghitung sampai 10, kemudian ke 2 kelompok, terselesaikan atau belum, harus jongkok.
  3. Setiap grup secara bergantian menyelidiki apakah gerombolan lawan telah melaksanakan tugasnya dengan sahih.
  4. Kelompok yang menang adalah gerombolan yg melaksanakan tugasnya menggunakan sahih dan cepat ( apabila gerombolan dapat meyelesaikan tugasnya sebelum hitungan ke 10 mereka boleh pribadi jongkok untuk menunjukkan bahwa mereka sudah terselesaikan melakukan tugas).
  • Sebelum pertandingan pada mulai sanggup dicoba terlebih dahulu buat memastikan apakah anggaran mainnya sudah dipahami menggunakan benar.

6.  BERCERMIN

Latihan yg menyenangkan ini digunakan buat mendiskusikan perasaan serta perilaku dalam menuntun dan mengikuti orang lain. Acara sore yg baik.
Prosedur :
  • Setiap peserta memilih pasangannya dan berdiri berhadapan menggunakan tangan ke atas pada jeda kira-kira sejengkal. Mereka menirukan mobilitas pasangannya, layaknya sebuah cermin, demikian bergantian sinkron dengan keinginan mereka.
  • Untuk putaran kedua, pasangan meneruskan bercermin, tapi kali ini kedua tangannya bersentuhan dengan lembut.
  • Pada putaran ketiga, mintalah mereka merapatkan tangan dengan kuat, serta melanjutkan menuntun mengikuti bergantian.
Bahan diskusi :
  1. Apa bedanya antara ketiga pengalaman tadi ?
  2. Bagaimana perasaan anda dalam setiap latihan menuntun serta mengikuti tersebut ?
  3. Adakah persamaan yang anda temukan dalam hal menuntun dan mengikuti dengan kenyataan sehari-hari?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel