LAMBANG GERAKAN PRAMUKA


Lambang Gerakan Pramuka
  • Gerakan Pramuka berlambangkan: Gambar silhouette TUNAS KELAPA
  • Uraian arti Lambang Gerakan Pramuka
    1. Buah kelapa/nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan “CIKAL”, serta kata “cikal bakal” di Indonesia berarti: penduduk orisinil yg pertama yg menurunkan generasi baru.
      Jadi butir kelapa/nyiur yg tumbuh itu mengandung kiasan bahwa tiap Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hayati Bangsa Indonesia.
    2. Buah kelapa/nyiur bisa bertahan lama pada keadaan yg bagaimanapun juga.
      Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap Pramuka adalah seseorang yang rokhaniah dan jasmaniah sehat, bertenaga, ulet , serta akbar tekadnya pada menghadapi segala tantangan pada hayati serta pada menempuh segala ujian serta kesukaran buat mengabdi tanah air dan bangsa Indonesia.
    3. Kelapa/nyiur dapat tumbuh dimana saja, yg menerangkan besarnya daya upaya pada menyesuaikan dirinya menggunakan keadaan sekelilingnya.
      Jadi melambangkan, bahwa tiap Pramuka dapat menyesuaikan diri dalam warga dimana beliau berada serta pada keadaan bagaiaman juga.
    4. Kelapa/nyiur tumbuh menjulang lurus keatas dan adalah galat satu pohan yg tertinggi di Indonesia.
      Jadi melambangkan, bahwa tiap Pramuka mempunyai harapan yang tinggi dan lurus, yakni yg mulia dan amanah, serta beliau permanen tegak nir mudah diombang-ambingkan sang sesuatu.
    5. Akar Kelapa/nyiur tumbuh kuat serta erat pada dalam tanah.
      Jadi lambang itu mengkiaskan, tekad serta keyakinan tiap Pramuka yang berpegang dalam dasar-dasar serta landasan-landasan yang baik, sahih, kuat serta konkret merupakan tekad dan keyakinan yg dipakai olehnya buat memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.
    6. Kelapa/nyiur adalah pohon yg serba guna, menurut ujung atas sampai akarnya.
      Jadi lambang itu mengkiaskan, bahwa tiap Pramuka merupakan insan yg bermanfaat, serta membaktikan diri serta kegunaanya kepada kepentingan Tanah air, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta pada umat insan.
  • Lambang Gerakan Pramuka diciptakan oleh Sumardjo Atmodipuro (almarhum), seorang Pembina Pramuka yg aktif bekerja menjadi Pegawai Tinggi Departeman Pertanian
  • Lambang Gerakan Pramuka dipakai sejak tanggal 14 Agustus 1961 pada Panji-panji Gerakan Pramuka yang dianugerahkan pada Gerakan Pramuka sang Presiden republik Indonesia.
  • Pemakaian lambang Gerakan Pramuka menjadi lencana dan penggunaannya pada tanda-pertanda, bendera, papan nama, dsb. Diatur pada Petunjuk-petunjuk Penyelenggaraan.
  • Lambang Gerakan Pramuka berupa Gambar silhouette TUNAS KELAPA sesuai dengan SK Kwartir Nasional No. 6/KN/72 Tahun 1972, sudah mendapat Hak Patent dari Ditjen Hukum dan Perundangan-undangan Departeman Kehakiman, menggunakan Keputusan Nomor 176634 lepas 22 Oktober 1983, serta Nomor 178518 tanggal 18 Oktober 1983, mengenai Hak Patent Gambar TUNAS KELAPA dilingkari PADI serta KAPAS, dan No. 176517 lepas 22 Oktober 1983 tentang Hak Patent tuliasan PRAMUKA. [Oleh: Apriliansyah]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel