SEJARAH PRAMUKA DUNIA


A.  Pendahuluan

Kalau kita memeriksa sejarah pendidikan kepramukaan kita tidak bisa lepas berdasarkan riwayat hayati pendiri gerakan kepramukaan sedunia Lord Robert Baden Powell of Gilwell.
Hal ini disebabkan pengalaman beliaulah yang mendasari pelatihan remaja pada negara Inggris. Pembinaan remaja inilah yang lalu tumbuh berkembang menjadi gerakan kepramukaan.

B.  Riwayat hidup Baden Powell

Lahir tanggal 22 Pebruari 1857 dengan nama Robert Stephenson Smyth. Ayahnya bernama powell seseorang Professor Geometry di Universitas Oxford, yg mangkat saat Stephenson masih mini .
Pengalaman Baden Powell yg berpengaruh dalam kegiatan kepramukaan poly sekali dan menarik diantaranya :
  1. Karena ditinggal bapak sejak kecil, maka menerima pelatihan tabiat ibunya.
  2. Dari kakaknya mendapat latihan keterampilan berlayar, berenang, berkemah, olah raga serta lain-lainnya.
  3. Sifat Baden Powell yang sangat cerdas, gembira, lucu, suka main musik, bersandiwara, berolah raga, mengarang serta menggambar sebagai akibatnya disukai teman-temannya.
  4. Pengalaman pada India sebagai pembantu Letnan pada Resimen 13 Kavaleri yang berhasil mengikuti jejak kuda yg hilang di zenit gunung serta keberhasilan melatih panca alat kepada Kimball O’Hara.
  5. Terkepung bangsa Boer pada kota Mafeking, Afrika Selatan selama 127 hari serta kekurangan makan.
  6. Pengalaman mengalahkan Kerajaan Zulu di Afrika dan mengambil kalung manik kayu milik Raja Dinizulu.

Pengalaman ini ditulis dalam kitab “Aids To Scouting” yang merupakan petunjuk bagi Tentara belia Inggris supaya bisa melaksanakan tugas penyelidik dengan baik. William Smyth seseorang pimpinan Boys Brigade pada Inggris minta supaya Baden Powell melatih anggotanya sinkron menggunakan pengalaman beliau itu. Kemudian dipanggil 21 pemuda menurut Boys Brigade pada aneka macam daerah Inggris, diajak berkemah serta berlatih pada pulau Browns Sea dalam lepas 25 Juli 1907 selama 8 hari.

Tahun 1910 BP pensiun dari tentara menggunakan pangkat terakhir Letnan Jenderal. Pada tahun 1912 menikah dengan Ovale St. Clair Soames serta dianugerahi 3 orang anak. Beliau mendapat titel Lord dari Raja George pada tahun 1929 Baden Powell mangkat tanggal 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika.

C.  Sejarah Kepramukaan Sedunia

Awal tahun 1908 Baden Powell menulis pengalamannya buat acara latihan kepramukaan yg dirintisnya. Kumpulan tulisannya ini dibuat buku dengan judul “Scouting For Boys”. Buku ini cepat tersebar di Inggris serta negara-negara lain yang kemudian berdiri organisasi kepramukaan yang semula hanya buat laki-laki dengan nama Boys Scout.

            Tahun 1912 atas bantuan adik perempuan beliau, Agnes didirikan organisasi kepramukaan buat perempuan dengan nama Girl Guides yang kemudian diteruskan sang istri beliau.

Tahun 1916 berdiri kelompok pramuka usia siaga menggunakan nama CUB (anak serigala) menggunakan kitab The Jungle Book karangan Rudyard Kipling menjadi panduan kegiatannya. Buku ini bercerita mengenai Mowgli si anak rimba yg dipelihara di hutan oleh induk serigala.

Tahun 1918 dia menciptakan Rover Scout bagi mereka yang telah berusia 17 tahun. Tahun 1922 beliau menerbitkan buku Rovering To Success (Mengembara Menuju Bahagia). Buku ini menggambarkan seseorang pemuda yang wajib mengayuh sampannya menuju ke pantai bahagia.

Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia yg pertama pada Olympia Hall, London. Beliau mengundang pramuka berdasarkan 27 Negara serta pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World).

Tahun 1924 Jambore II                di Ermelunden, Copenhagen, Denmark
Tahun 1929 Jambore III              di Arrow Park, Birkenhead, Inggris
Tahun 1933 Jambore IV              di Godollo, Budapest, Hongaria
Tahun 1937 Jambore V                di Vogelenzang, Blomendaal, Belanda
Tahun 1947 Jambore VI              pada Moisson, Perancis
Tahun 1951 Jambore VII             di Salz Kamergut, Austria
Tahun 1955 Jambore VIII           pada sutton Park, Sutton Coldfild, Inggris
Tahun 1959 Jambore IX              di Makiling, Philipina
Tahun 1963 Jambore X                pada Marathon, Yunani
Tahun 1967 Jambore XI              pada Idaho, Amerika Serikat
Tahun 1971 Jambore XII             di Asagiri, Jepang
Tahun 1975 Jambore XIII           pada Lillehammer, Norwegia
Tahun 1979 Jambore XIV           di Neishaboor, Iran namun dibatalkan
Tahun 1983 Jambore XV             di Kananaskis, Alberta, Kanada
Tahun 1987 Jambore XVI           pada Cataract Scout Park, Australia
Tahun 1991 Jambore XVII          di Korea Selatan
Tahun 1995 Jambore XVIII        pada Belanda
Tahun 1999 Jambore XIX           di Chili, Amerika Selatan
Tahun 2003 Jambore XX             di Thailand

Tahun 1914 beliau menulis petunjuk buat kursus Pembina Pramuka serta baru bisa terlaksana tahun 1919. Dari sahabatnya yang bernama W.F. De Bois Maclarren, dia mendapat sebidang tanah pada Chingford yg kemudian dipakai sebagai tempat pendidikan Pembina Pramuka dengan nama Gilwell Park.

Tahun 1920 dibentuk Dewan Internasional menggunakan 9 orang anggota dan Biro Sekretariatnya di London, Inggris dan tahun 1958 Biro Kepramukaan sedunia dipindahkan menurut London ke Ottawa Kanada. Tanggal 1 Mei 1968 Biro kepramukaan Sedunia dipindahkan lagi ke Geneva, Swiss.

Sejak tahun 1920 hingga 19 Kepala Biro Kepramukaan Sedunia dipegang berturut-turut oleh Hebert Martin (Inggris). Kolonel J.S. Nilson (Inggris), Mayjen D.C. Spry (Kanada) yg dalam tahun 1965 diganti oleh R.T. Lund 1 Mei 1968 diganti lagi oleh DR. Laszio Nagy sebagai Sekjen.

Biro Kepramukaan sedunia Putra mempunyai 5 tempat kerja kawasan yaitu Costa Rica, Mesir, Philipina, Swiss serta Nigeria. Sedangkan Biro kepramukaan Sedunia Putri berkantor di London dengan lima tempat kerja daerah pada Eropa, Asia Pasifik, Arab, Afrika serta Amerika Latin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel