LAMBANG GERAKAN PRAMUKA

Lambang Gerakan Pramuka  
Lambang gerakan pramuka merupakan indikasi pengenal tetap yang mengkiaskan keinginan setiap anggota Gerakan Pramuka.
  Lambang tersebut diciptakan sang Bapak Soehardjo Admodipura, seorang pembina Pramuka yg aktif bekerja di lingkungan Departemen Pertanian serta lalu dipakai sejak 16 Agustus 1961. Lambang ini ditetapkan menggunakan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 06/KN/72 tahun 1972.
 
Bentuk dan Arti Kiasan
  Bentuk lambang gerakan pramuka itu adalah Silhouette tunas kelapa. Arti kiasan lambang gerakan pramuka :
1.buah nyiur pada keadaan tumbuh dinamakan cikal, dan istilah cikal bakal di Indonesia berarti penduduk orisinil yg pertama, yang menurunkan generasi baru. Jadi lambang buah nyiur yg tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka adalah inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
2.buah nyiur dapat bertahan usang pada keadaan yg bagaimanapun juga. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka adalah seorang yg rohaniah serta jasmaniah sehat, kuat, dan ulet dan akbar tekadnya pada menghadapi segala tantangan pada hayati dan pada menempuh segala ujian dan kesukaran buat mengabdi dalam tanah air dan bangsa Indonesia.
3.nyiur bisa tumbuh dimana saja, yang pertanda besarnya daya upaya dalam menyesuaikan diri dalam mesy dimana beliau berada dan pada keadaan bagaimanapun pula.
4.nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan keliru satu pohon yg tertinggi pada Indonesia. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka mempunyai hasrat yang tinggi dan lurus, yakni yg mulia serta jujur, dan dia permanen tegak nir mudah diombang-ambingkan sang sesuatu.
5.akar nyiur tumbuh kuat serta erat pada pada tanah. Jadi lambang itu mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap pramuka yg berpegang dalam dasar-dasar dan landasan-landasan yg baik, benar, bertenaga serta konkret artinya tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya buat memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.
6.nyiur merupakan pohon yg serba guna dari ujung atas sampai akarnya. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka merupakan insan yang berguna, serta membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan negara Republik Indonesia dan kepada umat insan.
 
Penggunaan Lambang
Lambang gerakan pramuka dapat digunakan dalam panji, bendera, papan nama kwartir dan satuan, pertanda pengenal administrasi gerakan pramuka. Penggunaan tersebut dimaksudkan sebagai alat pendidikan untuk mengingatkan serta mempertinggi aktivitas gerakan pramuka sinkron menggunakan kiasan yang ada dalam lambang gerakan pramuka tadi.
Gambar lambang gerakan pramuka 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel