SEJARAH KEPRAMUKAAN DUNIA

Sejarah Kepramukaan Dunia  
A. Pendahuluan
  Kalau kita menilik sejarah pendidikan kepramukaan kita tidak dapat tanggal menurut riwayat hidup pendiri gerakan kepramukaan sedunia Lord Robert Baden Powell of Gilwell.
  Hal ini ditimbulkan pengalaman beliaulah yang mendasari pelatihan remaja pada negara Inggris. Pembinaan remaja inilah yang lalu tumbuh berkembang sebagai gerakan kepramukaan.
 
B. Riwayat hayati Baden Powell
  Lahir tanggal 22 Pebruari 1857 dengan nama Robert Stephenson Smyth. Ayahnya bernama powell seorang Professor Geometry pada Universitas Oxford, yg mangkat saat Stephenson masih kecil.
  Pengalaman Baden Powell yang berpengaruh pada kegiatan kepramukaan banyak sekali dan menarik diantaranya :
  a. Lantaran ditinggal bapak semenjak kecil, maka menerima pembinaan watak ibunya. 
  b. Dari kakaknya menerima latihan keterampilan berlayar, berenang, berkemah, olah raga dan lain-lainnya.
  c. Sifat Baden Powell yg sangat cerdas, gembira, lucu, suka main musik, bersandiwara, berolah raga, mengarang dan menggambar sehingga disukai teman-temannya.
  d. Pengalaman di India menjadi pembantu Letnan dalam Resimen 13 Kavaleri yang berhasil mengikuti jejak kuda yang hilang pada zenit gunung dan keberhasilan melatih panca indera kepada Kimball O’Hara.
  e. Terkepung bangsa Boer di kota Mafeking, Afrika Selatan selama 127 hari serta kekurangan makan.
  f. Pengalaman mengalahkan Kerajaan Zulu pada Afrika dan merogoh kalung manik kayu milik Raja Dinizulu.
  Pengalaman ini ditulis dalam kitab “Aids To Scouting” yang adalah petunjuk bagi Tentara belia Inggris supaya dapat melaksanakan tugas penyelidik menggunakan baik.
  William Smyth seseorang pimpinan Boys Brigade pada Inggris minta agar Baden Powell melatih anggotanya sinkron menggunakan pengalaman dia itu.
  Kemudian dipanggil 21 pemuda dari Boys Brigade pada banyak sekali wilayah Inggris, diajak berkemah dan berlatih di pulau Browns Sea pada tanggal 25 Juli 1907 selama 8 hari.
Tahun 1910 BP pensiun berdasarkan tentara menggunakan pangkat terakhir Letnan Jenderal. Pada tahun 1912 menikah dengan Ovale St. Clair Soames dan dianugerahi 3 orang anak. Beliau mendapat titel Lord berdasarkan Raja George pada tahun 1929 Baden Powell mati lepas 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika.
 
C. Sejarah Kepramukaan Sedunia
  Awal tahun 1908 Baden Powell menulis pengalamannya buat acara latihan kepramukaan yg dirintisnya. Kumpulan tulisannya ini dibentuk buku dengan judul “Scouting For Boys”. Buku ini cepat tersebar pada Inggris dan negara-negara lain yg lalu berdiri organisasi kepramukaan yang semula hanya buat laki-laki dengan nama Boys Scout.
  Tahun 1912 atas bantuan adik wanita dia, Agnes didirikan organisasi kepramukaan buat perempuan dengan nama Girl Guides yang lalu diteruskan oleh istri dia.
  Tahun 1916 berdiri gerombolan pramuka usia siaga menggunakan nama CUB (anak serigala) dengan kitab The Jungle Book karangan Rudyard Kipling sebagai pedoman kegiatannya. Buku ini bercerita mengenai Mowgli si anak rimba yang dipelihara di hutan oleh induk serigala.
  Tahun 1918 dia membangun Rover Scout bagi mereka yang sudah berusia 17 tahun. Tahun 1922 beliau menerbitkan buku Rovering To Success (Mengembara Menuju Bahagia). Buku ini mendeskripsikan seseorang pemuda yang harus mengayuh sampannya menuju ke pantai bahagia.
  Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia yang pertama di Olympia Hall, London. Beliau mengundang pramuka dari 27 Negara serta dalam saat itu Baden Powell diangkat menjadi Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World). 
  Tahun 1924 Jambore II pada Ermelunden, Copenhagen, Denmark
  Tahun 1929 Jambore III pada Arrow Park, Birkenhead, Inggris
  Tahun 1933 Jambore IV pada Godollo, Budapest, Hongaria
  Tahun 1937 Jambore V di Vogelenzang, Blomendaal, Belanda
  Tahun 1947 Jambore VI pada Moisson, Perancis
  Tahun 1951 Jambore VII pada Salz Kamergut, Austria
  Tahun 1955 Jambore VIII pada sutton Park, Sutton Coldfild, Inggris
  Tahun 1959 Jambore IX pada Makiling, Philipina
  Tahun 1963 Jambore X pada Marathon, Yunani
  Tahun 1967 Jambore XI di Idaho, Amerika Serikat
  Tahun 1971 Jambore XII pada Asagiri, Jepang
  Tahun 1975 Jambore XIII di Lillehammer, Norwegia
  Tahun 1979 Jambore XIV di Neishaboor, Iran namun dibatalkan
  Tahun 1983 Jambore XV di Kananaskis, Alberta, Kanada
  Tahun 1987 Jambore XVI pada Cataract Scout Park, Australia
  Tahun 1991 Jambore XVII pada Korea Selatan
  Tahun 1995 Jambore XVIII di Belanda
  Tahun 1999 Jambore XIX pada Chili, Amerika Selatan
  Tahun 2003 Jambore XX pada Thailand
 
  Tahun 1914 beliau menulis petunjuk untuk kursus Pembina Pramuka serta baru bisa terealisasi tahun 1919. Dari sahabatnya yg bernama W.F. De Bois Maclarren, dia mendapat sebidang tanah pada Chingford yang kemudian digunakan menjadi tempat pendidikan Pembina Pramuka menggunakan nama Gilwell Park.
  Tahun 1920 dibuat Deewan Internasional dengan 9 orang anggota serta Biro Sekretariatnya pada London, Inggris serta tahun 1958 Biro Kepramukaan sedunia dipindahkan menurut London ke Ottawa Kanada. Tanggal 1 Mei 1968 Biro kepramukaan Sedunia dipindahkan lagi ke Geneva, Swiss.
  Dari tahun 1920 sampai 19 Kepala Biro Kepramukaan Sedunia dipegang berturut-turut sang Hebert Martin (Inggris). Kol J.S. Nilson (Inggris), Mayjen D.C. Spry (Kanada) yang dalam tahun 1965 diganti sang R.T. Lund 1 Mei 1968 diganti lagi oleh DR. Laszio Nagy menjadi Sekjen.
  Biro Kepramukaan sedunia Putra mempunyai lima kantor kawasan yaitu Costa Rica, Mesir, Philipina, Swiss dan Nigeria. Sedangkan Biro kepramukaan Sedunia Putri berkantor di London menggunakan 5 tempat kerja tempat di Eropa, Asia Pasifik, Arab, Afrika serta Amerika Latin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel