MACAM MACAM IKATAN SIMPUL PIONERING DAN CARA MEMBUATNYA

MACAM MACAM IKATAN (SIMPUL ) PIONERING DAN CARA MEMBUATNYA
MacamMacam Ikatan Pionering Dan Cara Membuatnya - Dalam Gerakan Pramuka , Pionering adalah seni menggunakan tali serta tongkat kayu/bambu yangdipadu menggunakan ikatan dan simpul buat membentuk sebuah struktur atau rangkabangunan. Pionering bisa digunakanuntuk menciptakan benda-benda mini seperti Rangka Tenda atau Peralatan berkemah hingga struktur yg lebih akbar seperti jembatan serta menara yanbersifat rekreasi , dekoratif , atau fungsional .
Dalam dunia kepramukaan Pionering sering dipakai menjadi materi latihan yang menantang,alih-alih dengan tantangan tersebut jelas antusias siswa akan terlihatdan merangsang kreatifitas mereka. Model-model yg dibuat dalam pionering yang sederhana misalnyaadalah berupa bentuk jemuran, bintang, dragbar, tiang bendera, dan bentuksederhana lainnya. Sedangkan bentuk-bentuk yg cukup rumit adalah sepertimenara isyarat, menara pengintai, gapura dengan bentuk yg rumit, pesawat jet,meja makan serta masih poly lagi.
Pionering adalah salahsatu teknik kepramukaan yangmempelajari mengenai pembuatan model suatu objek dengan menggunakan peralatantongkat, tali, maupun stik (tongkat ukuran pendek) .dalam pionering masih ada 4ikatan yang sering digunakan yaitu ikatansilang, palang, canggah, serta ikatan buat kaki 3 atau lebih. Yangterpenting merupakan kreatifitas serta kemampuan kita pada pembuatan model yangkita inginkan.
IKATAN PALANG


         Ikatan Palangadalah ikatan yg bermanfaat untuk menggabungkan dua tongkat yg posisinya salingtegak lurus(menciptakan sudut mendekati 90derajat). Langkah pertama yg kitalakukan adalah menciptakan simpul pangkal pada keliru satu tongkat. Kedua yaitu mulaimengikat tali dalam dua tongkat dengan pola misalnya simpul jangkar, namundiarahkan dalam 2 tongkat yg saling menimpa. Posisikan tongkat secara tegaklurus satu sama lain dan selama proses mengikatkan tali, tangan kiri kitaselain memegang tongkat jua harus memegang tali menggunakan cara menekannya padatongkat supaya selalu kencang. Lakukan pengikatan idealnya 4 ikatan tiap 1tongkat. Selanjutnya buatlah pengikatan dalam tali yang terletak diantaratongkat sebesar 3 kali, gunanya yaitu buat mencekik ikatan yang sudah kitabuat. Kemudian buat simpul pangkal buat termin akhirnya, bisa jua ditambahkansimpul setengah meninggal.

IKATAN SILANG


Ikatan silangadalah ikatan yang jua bermanfaat buat menggabungkan dua buah tongkat namun denganposisi tongkat tidak membentuk sudut 90derajat. Langkah pertama adalah buat 1simpul tambat dalam ke 2 tongkat.
Kemudian mulai ikat tali pada tiap 2 suduttongkat yg saling bertolak belakang. Pengikatannya yaitu menggunakan caramelintang sebesar 4 ikatan. Ulangi dalam sisi satunya. Jika sudah, buatpengikatan tali buat mencekik ikatan yg sudah dibuat. Untuk kekuatan ikatan,pakai tips diatas(ikatan palang). Langkah akhir adalah menciptakan simpulpangkal+setengah mati.
IKATAN CANGGAH(MENYAMBUNG TONGKAT)


Ikatan Canggahadalah ikatan yang bermanfaat buat menyambung 2 tongkat yang posisinya salingbertemu lurus. Ada banyak variasi mengenai pembuatan ikatan canggah. Ikatancanggah bisa dilakukan menggunakan tali 5 meter atau 10 meter. Tetapi untukefisiensi ketika tali menggunakan panjang lima meter sudah relatif. Pertama, tali kitabagi menjadi 2 bagian. Kemudian susun tongkat saling berpelurus menggunakan overlapkedua tongkat sepanjang 30cm. Posisikan tongkat dilantai, kemudian gunakansetiap bagian tali buat menyusuk tali masing-masing sisi tongkat yang salingoverlap.


IKATAN KAKI 3 ATAU LEBIH

Ikatan KakiTiga atau Lebih adalah ikatan yang berguna buat menggabungkan 3 tongkat ataulebih menggunakan posisi saling sejajar atau sebagian saling berpelurus.langkah-langkahnya merupakan susun tongkat saling berpelurus atau saling sejarar.kemudian lakukan simpul pangkal dalam galat satu tongkat. Langkah selanjutnyaadalah mulai mengikta tali dalam tongkat sesuai menggunakan pola anyaman. Lakukan 4kali supaya lebih kuat serta rapi. Setelah itu lakukan pengikatan untuk mencekikikatan yang telah dibentuk. Langkah terakhir merupakan buat simpul pangkal setengahmati.


Cara Membentuk Ikatan Palang

Cara Membentuk Ikatan Silang



Cara Membentuk Ikatan Kaki



Demikian MACAM MACAM IKATAN (SIMPUL ) PIONERING DAN CARA MEMBUATNYA  . Semoga dapat berguna . Jangan lupa baca Juga MACAM - MACAM PIONERING  . Selamat Memandu ............ (-_*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel