KEPRAMUKAAN KEGIATAN PRAMUKA


KEGIATAN PRAMUKA

Beberapa Jenis Kegiatan dalam kepramukaan,yang sesuaikan dengan strata masing-masing, baik buat siaga,penggalang ataupun penegak dan pandega. Hal ini lantaran di sesuaikan dengan umurdan pola pikir dari anggota itu sendiri , Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak,Pramuka Pandega,dan Pramuka Dewasa.
Berikut beberapa aktivitas yang ada pada Kepramukaan, dari jenjang/ strata dalamkepramukaan merupakan sebagai berikut :


PRAMUKA SIAGA
PestaSiaga merupakan pertemuan buat golongan Pramuka Siaga. Pesta Siagadiselenggarakan dalam serta/atau adonan dari bentuk:

>>PermainanBersama

 Adalah aktivitas keterampilan kepramukaan untukgolongan Pramuka Siaga, misalnya menyusun puzzle, mencari jejak, permainan kimdan sejenisnya.


>>PameranSiaga, adalah kegiatan yang memamerkan output karya PramukaSiaga.
>>PasarSiaga (Bazar), adalah simulasi situasi pada pasar yang diperankan olehPramuka Siaga sebagai pedagang, sedangkan pembelinya warga generik.


>>Darmawisata,merupakan aktivitas wisata ke tempat eksklusif yg pada akhir kegiatan PramukaSiaga harus menceritakan pengalamannya, dalam bentuk verbal juga tulisan.
>>PentasSeni Budaya, merupakan aktivitas yang menampilkan kreasi seni budayapara Pramuka Siaga.
>>Karnaval, adalahkegiatan pawai yang menampilkan output kreatifitas Pramuka Siaga.

 >>Perkemahan Satu Hari (Persari), adalahperkemahan bagi Pramuka Siaga yang dilaksanakan dalam siang hari.
==============================================================
PRAMUKA PENGGALANG

>>Jambore, adalah pertemuan Pramuka Penggalangdalam bentuk perkemahan akbar yang pada diselenggarakan oleh kwartir GerakanPramuka, seperti Jambore Ranting (taraf kecamatan), Jambore Cabang tingkatkota/kabupaten), Jambore Daerah (tingkat provinsi), Jambore Nasional (tingkatnasional).
>>Lomba Tingkat, adalahpertemuan regu-regu Pramuka Penggalang dalam bentuk lomba kegiatan kepramukaan.lomba taraf dilaksanakan secara berjenjang dimulai berdasarkan tingkat gugusdepan(LT-I), ranting (LT-II), cabang (LT-III), daerah (LT-IV), nasional (LT-V).
>>Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru), adalahpertemuan Pramuka Penggalang bagi Pemimpin Regu Utama (Pratama), Pemimpin Regu(Pinru) serta Wakil Pemimpin Regu (Wapinru) Penggalang, yg bertujuan memberikanpengetahuan dan pengalaman di bidang manajerial serta kepemimpinan. Dianpinrudiselenggarakan oleh gugusdepan, kwartir ranting atau kwartir cabang. KwartirDaerah dan Kwartir Nasional bisa menyelenggarakan Dianpinru jika dipandangperlu.
>>Penjelajahan (Wide Game), adalahpertemuan Pramuka Penggalang pada bentuk mencari jejak (orienteenering) denganmenggunakan pertanda-tanda jejak, menciptakan peta, mencatat aneka macam situasi dandibagi pada pos-pos. Setiap pos berisi kegiatan keterampilan kepramukaanseperti morse/semaphore, sandi, tali temali serta sejenisnya.
>>Latihan Bersama, adalahpertemuan Pramuka Penggalang dari dua atau lebih gugusdepan yang berada dalamdatu kwartir ranting atau kwartir cabang mapun kwartir wilayah dengan tujuanuntuk saling tukar menukar pengalaman. Latihan adonan ini bisa dilaksanakandalam bentuk lomba, seperti baris-berbaris, PPPK, senam pramuka serta sejenisnya.
>>Perkemahan, adalahpertemuan Pramuka Penggalang yg dilaksanakan secara reguler, untukmengevaluasi output latihan di gugusdepan. Perkemahan diselenggarakan dalambentuk Persami (Perkemahan Sabtu Minggu), Perjusami (Perkemahan Jum'at SaptuMinggu), perkemahan liburan dan sejenisnya.
>>Gelar (Demonstrasi) Kegiatan Penggalang, adalahpertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk keterampilan pada hadapan masyarakatumum, misalnya baris-berbaris, PPPK, mobilitas serta lagu, menciptakan konstruksisederhana dari tongkat/bambu dan tali (pioneering), dan sejenisnya.
>>Pameran, adalah aktivitas yg memamerkan hasilkarya Pramuka Penggalang pada warga .
>>Darmawisata, adalahkegiatan wisata ke tempat tertentu, misalnya museum, industri, tempatbersejarah, serta sejenisnya.
>>Pentas Seni Budaya, adalahkegiatan yang menampilkan kreasi seni budaya para Pramuka Penggalang.
>>Karnaval, adalah kegiatanpawai yang menampilkan output kreatifitas Pramuka Penggalang.
======================================================================
PRAMUKA PENEGAKDAN PANDEGA

>>Raimuna, adalah pertemuanPramuka Penegak serta Pandega pada bentuk perkemahan akbar yg diselenggarakanoleh kwartir Gerakan Pramuka, misalnya Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, RaimunaDaerah, Raimuna Nasional.


>>Gladian Pimpinan Satuan, adalahkegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega bagi Pemimpin Sangga Utama, PemimpinSangga, serta Wakil Pemimpin Sangga dan pengurus Dewan Ambalan/Racana, yangbertujuan menaruh pengetahuan pada bidang manajerial serta kepemimpinan.dianpinsat diselenggarakan oleh gugusdepan, kwartir ranting atau kwartircabang. Kwartir wilayah serta Kwartir Nasional bisa menyelenggarakan Dianpinsatbila dicermati perlu.
>>Perkemahan, adalahpertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yg diselenggarakan secarareguler buat mengevaluasi hasil latihan pada gugusdepan dalam satu periode,misalnya Perkemahan Saptu Minggu (Persami), Perkemahan Jum'at Saptu Minggu(Perjusami), perkemahan hari libur, dan sejenisnya.
>>Perkemahan Wirakarya (PW), adalahpertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk perkemahan besar , dalamrangka mengadakan integrasi dengan warga dan ikut dan pada kegiatanpembangunan warga . PW diselenggarakan oleh seluruh jajaran kwartir secarareguler, khusus buat PW Nas, diselenggarakan apabila dicermati perlu.
>>Perkemahan Bakti (Perti), adalahpertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk perkemahan akbar, dalamrangka mengaplikasikan pengetahuan dan pengalamannya selama mengadakanpembinaan, baik pada gugusdepan maupun di Satuan karya Pramuka (Saka) dalambentuk bakti kepada masyarakat.
>>Perkemahan Antar (Peran) Saka, adalahKegiatan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega yang sebagai anggota Satuan KaryaPramuka (Saka), berbentuk perkemahan besar , yang diselenggarakan oleh kwartirGerakan Pramuka. Saat ini Gerakan Pramuka mempunyai tujuh Saka. Peran Sakadiselenggarakan jika diikuti minimal sang dua Satuan Karya Pramuka.
>>Pengembaraan, adalahpertemuan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega berbentuk penjelajahan, dalamrangka mengaplikasikan pengetahuan tentang ilmu medan, peta, kompas dansurvival.
>>Latihan Pengembangan Kepemimpinan, adalahpertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega buat menanamkan danmengembangkan jiwa kepemimpinan bagi generasi belia agar dapat ikut serta dalammengelola kwartir serta dibutuhkan pada lalu hari sanggup menduduki posisipimpinan pada Gerakan Pramuka.
>>Latihan Pengelola Dewan Kerja, adalahpertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega buat memberikan pengetahuan danpengalaman mengenai manajemen Dewan Kerja, sebagai akibatnya para anggota Dewan Kerjadapat mengelola dewan kerjanya secara efektif serta efisien.
>>Kursus Instruktur Muda, adalahpertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega pengembangan potensi Pramuka,baik sebagai Pribadi, grup juga organisasi untuk mensukseskan pelaksanaanupaya Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pengentasan Kemiskinan danPenanggulangan Bencana.
>>Penataran, Seminar, dan Lokakarya, adalahpertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega buat menyelidiki suatu permasalahandan merumuskan output kajian dan memecahkan masalah secara bersama, sebagaibahan masukan bagi perkembangan Gerakan Pramuka.

Sidang Paripurna, adalah rendezvous Pramuka Penegak danPramuka Pandega buat menyusun acara kerja bagi Pramuka Penegak serta PramukaPandega dalam satu tahun program, dan akan dijadikan bahan dalam Rapat KerjaKwartir.
Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Puteri dan Putera (Musppanitera), adalahpertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega buat menyusun perencanaanpembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega pada wilayah kwartir dalamsatu masa bakti kwartir/dewan kerja dan akan dijadikan bahan pada musyawarahkwartirnya.

SEMUA GOLONGAN



 Jamboree On The Air (JOTA) serta Jambore On The Internet(JOTI),
adalah pertemuan Pramuka melalui udara, berhubungan dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) dan pertemuan Pramuka melalui internet. Kedua kegiatan ini dilaksanakan secara serentak. Kegiatan ini diselenggarakan di taraf nasional serta internasional.


Selamat Memandu..................... (-__*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel