MATERI PRAMUKA PERMAINAN PRAMUKA

Hallo
SALAM PRAMUKA……………………
PERMAINANPRAMUKA – Banyak Sekali Jenis Permainan Dalam kegiatan Kepramukaan.tentusaja sangat mengasyikkan dan bisa menaikkan kekompakan serta melatihanggota Pramuka,baik Pramuka Siaga,Pramuka,Penggalang,Pramuka Penegak,PramukaPandega, Ataupun Pramuka Dewasa.berikut adalah sedikit berdasarkan sekian banyakPERMAINAN PRAMUKA yang Pastinya Asyik buat dicoba sang saudara tertua saudara tertua dan adikadik seluruh.semoga Bermanfaat.
REBUTDAN RAMPAS
Peralatan  :  Tongkat atau sapu lidi buat tiap anak
Jumlah pemain  :  Bebas
Waktu  :  10 menit
Tujuan :  Melatih kecekatan & Melatih kesetiakawanan
Unsur hiburan
Semua anak menciptakan bulat dengan jeda kira-kira 1 meter.semakin ahli, jaraknya bisa semakin jauh. Tiap anak memegang tongkatnya hinggaberdiri tegak di lantai. Jika terdapat perintah “ya” tiap anak wajib melepaskantongkatnya dan cepat-cepat menangkap tongkat sahabat pada sebelah kanannya. Bilatongkat itu telah keburu jatuh, maka dia dikeluarkan.
Permainan ini sangat menyenangkan serta bisa bervariasi. Jarakantar anak bisa diperbesar bila anak-anak telah sanggup, perintah dapat berupa“kiri” atau “kanan”. Jika ingin permainan lebil lama , maka sesudah jatuh 3 kalibaru dikeluarkan.
PETANIDAN PENCURI
Peralatan :  Karet gelang atau tali, kantong kacang, ataupotongan kain atau supaya kelihatan sungguhan, sebuah apel.
Jumlah pemain :  bebas
Waktu :  8-10 menit
Tujuan :  Melatih kecepatan
Unsur hiburan
Anak-anak menciptakan bundar serta seorang anak, yang jadipencuri disuruh keluar  ruangan. Selagi ia diluar, seseorang anak ditunjuksebagai petani. Sebuah benda ditaruh di tengah bulat. Pencuri tersebut datangdan berjalan diluar bundar. Ia boleh memasuki lingkaran dari mana saja danmencuri benda itu. Petani harus menangkapnya dalam ketika pencuri menyentuh bendatersebut. Pencuri itu wajib lari keluar menurut lingkaran lewat jalan masuk tadidan dia selamat bila beliau dapat keluar tanpa tertangkap. Bila beliau tertangkap makapetani itu wajib jadi pencuri dan dipilih petani baru.
ARUNG JERAM
Tujuan :
  • Kerja sama tim.
  • Kekompakan regu.
  • Yang bertenaga membantu yg lemah.
  • Menetapkan bersama trategi manajemen secara sempurna.
  • Menempatkan diri ketika bertindak/ menjalankan tugas.
Alat :
  • Tali besar ( diameter 4-5 cm/ seukuran tali Perahu ).( panjang tali sesuaikan menggunakan anggota regu yg bermain. )
  • Kedua ujung tali di ikat dengan bertenaga.
Pelaksanan :
  • Semua anggota regu duduk melingkar dengan ke 2 kaki menjulur (selonjor) ke pada lingkaran.
  • Tiap anggota regu ke 2 tangannya memegang tali, jeda antar anggota regu 0,5 – 1 meter. Jarak semakin rapat semakin baik.
Peraturan :
  • Semua anggota regu berupaya buat berdiri secara beserta-sama.
  • Saat mencoba berdiri, ke 2 kaki/ lutut nir boleh ditekuk ( Tetap Lurus )
  • Setelah bisa berdiri beserta, kemudian berupaya duduk beserta pulang.
  • Diupayakan jangan ada peserta yg terjatuh.
STICKGOYANG
      Tujuan :
  • Menjalin Kerja sama dan toleransi antar anggota.
  • Belajar ketika menerima dan kapan wajib memberikan kesempatan kepada yg lain.
  • Berlatih menghadapi segala rintangan atas asas kebersamaan.
      Alat :
  • Tali Pramuka/ boleh rafia. Sejumlah peserta.
  • Tongkat/ Balok/ papan kayu/ Bambu . Panjang ( 2- 3 meter ) Diameter bebas.
  • Aneka Halang rintang.
      Pelaksanaan :
  • Tiap anggota regu berhak memegangi utas tali . Boleh sebelah kanan atau kiri
  • Ditengah tarikan utas tali, diletakkan balok/ bambu menggunakan tali pada syarat kencang.
  • Regu Menempuh suatu perjalanan penuh rintangan dengan jeda bebas.
  • Regu dengan ketika tempuh tercepat serta balok/ bambu nir pernah jatuh itulah yg terbaik
  • Rintangan bisa dibuat sedemikian rupa, sebagai akibatnya bepergian membawa balok/ bambu nampak penuh tantangan. ( Melebar, menyempit, lompat, naik serta turun)
BAUTBARISAN
Tujuan : Agar seluruh peserta mampu berkenalanlebih jauh, fisik maupun sifat-sifat mereka, sekaligus melatih merekabekerjasama dalam gerombolan .
Langkah-langkah :
  • Peserta di bagi pada 2 gerombolan yang sama banyak (jika jumlah peserta ganjil , seseorang pemandu mampu masuk ke dalam galat 1 kelompok).
  • Pemandu menjelaskan anggaran permainan sebagai berikut :
  1. Kedua keompok akan berlomba menyusun barisan. Barisan disusun menurut aba-aba pemandu :tinggi badan, panjang rambut, usia dst.
  2. Pemandu akan menghitung hingga 10, lalu ke 2 grup, terselesaikan atau belum, harus jongkok.
  3. Setiap grup secara bergantian memeriksa apakah kelompok versus sudah melaksanakan tugasnya menggunakan sahih.
  4. Kelompok yg menang merupakan gerombolan yg melaksanakan tugasnya menggunakan sahih serta cepat ( jika gerombolan dapat meyelesaikan tugasnya sebelum hitungan ke 10 mereka boleh pribadi jongkok buat memperlihatkan bahwa mereka sudah selesai melakukan tugas).
  • Sebelum pertandingan pada mulai bisa dicoba terlebih dahulu buat memastikan apakah aturan mainnya telah dipahami menggunakan sahih.
BERCERMIN
Latihan yg menyenangkan ini dipakai buat mendiskusikanperasaan dan sikap pada menuntun dan mengikuti orang lain. Acara sore yangbaik.
Prosedur :
  • Setiap peserta memilih pasangannya dan berdiri berhadapan menggunakan tangan ke atas pada jeda kira-kira sejengkal. Mereka menirukan gerak pasangannya, layaknya sebuah cermin, demikian bergantian sesuai menggunakan cita-cita mereka.
  • Untuk putaran ke 2, pasangan meneruskan bercermin, tapi kali ini ke 2 tangannya bersentuhan menggunakan lembut.
  • Pada putaran ketiga, mintalah mereka merapatkan tangan menggunakan kuat, dan melanjutkan menuntun mengikuti bergantian.
Bahan diskusi :
  1. Apa bedanya antara ketiga pengalaman tersebut ?
  2. Bagaimana perasaan anda pada setiap latihan menuntun serta mengikuti tadi ?
  3. Adakah persamaan yg anda temukan pada hal menuntun dan mengikuti menggunakan kenyataan sehari-hari?

 Selamat Memandu ....................................




Sumber : www.pramuka.or.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel