MATERI PRAMUKA TENTANG PP PERTOLONGAN PERTAMA LENGKAP


Belajar PRAMUKA - P3K atau yang sekarang kita kenal sebagai PP merupakan pertolongan pertama yang diberikan dalam seseorang korban atau lebih, yg mengalami sakit ataupun cedera sebelum menerima perawatan spesifik berdasarkan pihak yg terlatih (Dokter serta Medis).

Dari pengertian diatas dapat kita ketahui bahwa Pertolongan Pertama yang kita berikan kepada si korban bisa menyelamatkan jiwanya dari bahaya cidera berkepanjangan serta bahkan kematian. Jadi Pertolongan Pertama ini sangat krusial buat dikuasai sang seseorang anggota Pramuka.

Perlengkapan berdasarkan PP sangatlah tergantung pada kebutuhan menurut si korban serta pengetahuan serta pula keterampilan  menurut si penolong. Mengetahui penangganan pertama yang akan kita berikan pada si korban adalah sangat penting, salah sedikit saja sanggup fatal! Sebagai contoh ada seseorang korban yang mengalami cedera leher, jika kita dari asalan dalam menangganinya sanggup saja si korban akan mengalami cedera syaraf tulang belakang yg akan menyebabkan kelumpuhan. Jadi hati hati ya kak!



Lalu bagaimana cara menangganinya? Nah yang pertama-tama harus kakak lakukan merupakan melakukan penilaian (pengamatan) terhadap kondisi awal berdasarkan si korban. Salah satu metode yg sanggup abang gunakan adalah metode ABC. Apa itu metode ABC? Berikut penerangan singkatnya.


A : Airway = Lihat apakah jalan udara pernapasan si korban terbuka atau terhalang? Misalkan sang debu, air, ataupun darah kering




B : Breathing= Lihat apakah korban bernafas? Lihat, dengar, serta rasakan hembusan nafas si korban.




C : Circulation = Lihat apakah ada denyut nadi? Apakah beliau mengalami pendarahan luar? Lihat jua perubahan warna kulitnya si korban serta suhu tubuh menjadi tanda adanya masalah menurut aliran darah si korban.




Tujuan PP


1. Meringankan penderitaan si korban

2. Mencegah pendarahan dan infeksi
3. Mencegah bahaya stigma dan kematian

Dari point point diatas bisa kita ketahui bahwa tujuan utama berdasarkan PP itu merupakan bukan berarti kita mengobati si korban, akan tetapi kita hanya memberikan pertolongan pertama saja sambilan menunggu pertolongan yg tiba berdasarkan ahlinya (dokter dan medis).


Langkah - langkah PP (Pertolongan Pertama)


1.hal pertama yg wajib saudara tertua lakukan merupakan melihat terlebih dahulu bagaimana keadaan si korban
2.jika memungkinkan, bawa korban ketempat yg lebih kondusif, lakukan apa saja yg mampu abang lakukan buat mengurangi penderitaan yang dirasakan oleh korban jangan lakukan bila tidak memungkinkan lantaran justru akan membahayakan si korban. Segeralah memberitahukan kecelakaan tadi pada dokter, puskesmas, atau rumah sakit terdekat.
3.tertibkanlah masyarakat yg ada disekitar kejadian, jangan sampai mengganggu pernafasan dari si korban, apalagi jika ada masyarakat yang berselfi ria di dekat sikorban eksklusif saja ditindak tegas!
4.apabila keadaan memang sangat memaksa, serta ahli medis pun belum tiba, lakukanlah prosedur gawat darurat.


Nah relatif hingga disini dulu ya kak artikel mengenai materi PP (Pertolongan Pertama). Semoga berguna, dan dapat dipraktekkan pada kehidupan sehari hari. Jangan lupa juga buat terus mengikuti blog BELAJAR PRAMUKA lantaran tiap harinya akan mengupdate mengenai materi Pramuka (Insyaallah).

Supaya tidak ketinggalan update update blog belajar PRAMUKA kakak abang sanggup follow fanspage facebooknya BELAJAR PRAMUKA disini >> Fanspage BELAJAR PRAMUKA

Referensi : Buku Boyman

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel