MATERI SKU SEJARAH TERBENTUK NYA PBBPERSERIKATAN BANGSABANGSA


– Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB, Inggris: United Nations, disingkat UN) merupakan sebuah organisasi internasional yang didirikan dalam 24 Oktober 1945 buat mendorong kerjasama internasional.
Badan ini adalah pengganti Liga Bangsa-Bangsa dan didirikan selesainya Perang Dunia II buat mencegah terjadinya pertarungan serupa. Pada waktu pendiriannya, PBB mempunyai 51 negara anggota, waktu ini terdapat 193 anggota.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
Selain negara-negara anggota, organisasi internasional dan organisasi-organisasi antar-negara menerima loka sebagai pengamat tetap, menggunakan tempat kerja di Markas Besar PBB, dan beberapa hanya berstatus sebagai pengamat.
Palestina dan Vatikan bukan negara anggota (non-anggota negara) serta termasuk pengamat tetap (Holy See mempunyai perwakilan permanen pada PBB, ad interim Palestina mempunyai tempat kerja permanen pada PBB)
Markas Besar PBB terletak di Manhattan, New York City, dan memiliki hak ekstrateritorial. Kantor utama lainnya terletak pada Jenewa, Nairobi, serta Wina. Organisasi ini didanai dari dievaluasi dan sukarela kontribusi berdasarkan negara-negara anggota.

Tujuan utamanya merupakan untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia, mempromosikan serta mendorong penghormatan terhadap hak asasi insan, pembangunan ekonomi serta sosial asuh, melindungi lingkungan, serta menaruh bantuan kemanusiaan dalam masalah kelaparan, bala alam serta permasalahan bersenjata. PBB memiliki enam bahasa resmi, yaitu bahasa Arab, Cina, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol. dosenpendidikan.com/
Selama Perang Dunia II, Presiden Alaihi Salam Franklin D. Roosevelt untuk memulai pembicaraan pada entitas penerus Liga Bangsa-Bangsa, serta Piagam PBB disusun dalam sebuah konferensi pada bulan April-Juni 1945.
Piagam ini mulai berlaku pada tanggal 24 Oktober 1945, dan PBB mulai beroperasi. Yang pertama Majelis Umum – dihadiri sang perwakilan berdasarkan 51 negara – yg berlangsung baru pada 10 Januari 1946 (di Church House, London).
Namun, misi PBB buat menjaga perdamaian global awalnya cukup sulit buat dicapai lantaran Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. PBB buat berpartisipasi pada operasi militer di Korea serta Kongo, dan menyetujui pembentukan Israel pada tahun 1947.
Keanggotaan organisasi ini berkembang pesat selesainya periode dekolonisasi dalam tahun 1960, dan dalam tahun 1970 aturan buat pembangunan ekonomi serta sosial acara jauh melebihi anggaran buat pemeliharaan perdamaian.
Setelah berakhirnya Perang Dingin, PBB meluncurkan misi militer dan penjaga perdamaian pada aneka macam belahan dunia menggunakan output yg tidak sinkron.
PBB terdiri menurut enam organ primer :
  • Majelis Umum (papan diskusi primer);
  • Dewan Keamanan (dewan menciptakan beberapa resolusi mengikat perdamaian dan keamanan);
  • Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC) (dewan yg mendorong kolaborasi dan pembangunan ekonomi serta sosial internasional);
  • Sekretariat (yang berfungsi buat memberikan studi, keterangan, dan fasilitas yg diharapkan PBB);
  • Mahkamah Internasional (badan peradilan utama);
  • Dewan Perwalian PBB (tidak aktif sejak 1994).
Badan-badan spesifik di bawah Sistem PBB termasuk Kelompok Bank Dunia, Organisasi Kesehatan Dunia, World Food Programme, UNESCO, dan Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Petugas yg paling krusial pada hirarki adalah Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang ketika ini dipegang sang Ban Ki-moon dari Korea Selatan sejak tahun 2007, menggantikan Kofi Annan menurut Ghana.
Organisasi bisa memperoleh status konsultatif non-pemerintah dengan ECOSOC serta forum lainnya buat berpartisipasi pada PBB.

A. Sejarah  Berdirinya PBB

Penandatanganan Piagam PBB di San Francisco, 1945. Liga Bangsa-Bangsa sudah gagal mencegah pecahnya Perang Dunia II (1939-1945).
Untuk mencegah pecahnya Perang Dunia Tiga, yg nir diinginkan sang semua umat manusia, dalam tahun 1945 PBB didirikan buat menggantikan Liga Bangsa-Bangsa gagal buat menjaga perdamaian internasional serta menaikkan kerjasama dalam memecahkan ekonomi, sosial serta kemanusiaan.
Rencana konkrit awal untuk organisasi global baru dimulai di bawah naungan Departemen Luar Negeri AS pada tahun 1939. Franklin D. Roosevelt diyakini menjadi yg pertama membentuk kata “United Nations” atau Perserikatan Bangsa-Bangsa menjadi istilah buat mendeskripsikan negara-negara Sekutu .
Istilah ini pertama kali secara resmi digunakan pada 1 Januari 1942, ketika 26 pemerintah menandatangani Piagam Atlantik, yg masing-masing negara berjanji buat melanjutkan bisnis perang.
Pada lepas 25 April 1945, Konferensi PBB tentang Organisasi Internasional dimulai pada San Francisco, dihadiri sang 50 pemerintah serta sejumlah organisasi non-pemerintah yg terlibat pada penyusunan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa.
PBB resmi dibuat pada 24 Oktober 1945 atas ratifikasi Piagam oleh 5 anggota permanen Dewan Keamanan-Perancis, Republik Cina, Uni Soviet, Inggris dan Amerika Serikat-serta mayoritas berdasarkan 46 anggota lainnya. Majelis Umum pertama, menggunakan 51 wakil negara, dan Dewan Keamanan, diadakan di Westminster Central Hall pada London pada Januari 1946.
Posisi organisasi ini awalnya menggunakan bangunan Sperry Gyroscope Corporation pada Lake Success, New York, dari tahun 1946 hingga 1952. Sampai gedung Markas Besar PBB di Manhattan sudah terselesaikan. Sejak berdirinya, banyak kontroversi serta kritik yg ditujukan dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Di Amerika Serikat, PBB mulai saingan John Birch Society, yang memulai kampanye buat “menerima US keluar dari PBB” dalam tahun 1959, serta menuduh bahwa tujuan PBB merupakan mendirikan “One World Government” atau Pemerintah Seluruh Dunia .
Setelah Perang Dunia II berakhir, akhir Komite Kemerdekaan Perancis diakui oleh Alaihi Salam menjadi pemerintah resmi Perancis, sehingga Perancis awalnya nir termasuk dalam konferensi buat membahas pembentukan PBB.
Charles de Gaulle menyindir PBB dengan memanggil le Machin dalam bahasa Indonesia:“Si Itu”, serta tidak yakin bahwa aliansi keamanan global akan membantu menjaga perdamaian dunia, dia lebih percaya diri dalam pakta perjanjian / pertahanan antar negara secara eksklusif.

B. Dasar Hukum Pembentukan PBB

Tak lama selesainya berdirinya PBB mencari pengakuan sebagai badan hukum internasional buat mendapat “Kompensasi Untuk UN Lebih dari cedera yang dideritanya”, disertai dengan pendapat Mahkamah Internasional (ICJ).
Pertanyaan yg muncul merupakan “Apakah PBB, menjadi organisasi, memiliki hak untuk meminta klaim internasional terhadap cedera yang berhubungan dengan pemerintahan tertentu yang diderita sang PBB, yg diduga sudah ditimbulkan sang negara / pemerintah.”
Organisasi (PBB) bermaksud buat melaksanakan hak dan kewajiban, serta dalam kenyataannya ia sanggup melaksanakan kewajiban dan mendapat hak-hak eksklusif hanya dapat dijelaskan apabila memiliki kapasitas besar kepribadian internasional dan sanggup beroperasi di ranah internasional.
Dengan demikian, Mahkamah telah sampai dalam kesimpulan bahwa Organisasi ini (PBB) merupakan Badan Hukum Internasional.

C. Organisasi PBB

Sistem PBB menurut 5 organ utama (sebelumnya enam – Dewan Perwalian tidak boleh operasinya dalam tahun 1994, sehabis kemerdekaan Palau, wilayah kepercayaan PBB hanya tersisa), Majelis Umum, Dewan Keamanan, Dewan Ekonomi serta Sosial (ECOSOC ), Sekretariat, serta Mahkamah Internasional.
Lima menurut enam organ primer Perserikatan Bangsa-Bangsa terletak di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa yang terletak di daerah internasional di kota New York. Mahkamah Internasional yang berbasis pada Den Haag, ad interim forum-lembaga akbar lainnya memiliki basis pada tempat kerja PBB di Jenewa, Wina, serta Nairobi. Badan PBB lainnya beredar di seluruh dunia.
Enam bahasa resmi PBB, yang dipakai dalam pembuatan pertemuan serta dokumen antar pemerintah, adalah Arab, Cina, Inggris, Perancis, Rusia, serta Spanyol.
Sekretariat serta Dewan Keamanan menggunakan dua bahasa kerja, bahasa Inggris serta Perancis, sedangkan Majelis Umum memakai tiga bahasa kerja, bahasa Inggris, Perancis dan Spanyol.
Empat dari bahasa resmi merupakan bahasa nasional berdasarkan anggota permanen Dewan Keamanan (Inggris serta Amerika Serikat masing-masing menggukanan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi secara de facto), Spanyol, dan Arab adalah bahasa menurut dua bahasa resmi terbesar blok di luar anggota permanen (Spanyol adalah bahasa resmi di 20 negara, sedangkan Arab pada 26).
Lima dari bahasa resmi dipilih ketika PBB didirikan, Bahasa Arab dibubuhi lalu dalam tahun 1973. Editorial PBB Manual menyatakan bahwa standar buat dokumen bahasa Inggris dari bahasa Inggris (British-English) pada Oxford ejaan, menulis bahasa Cina baku menggunakan karakter Cina Sederhana, sebelumnya memakai Hanzi tradisional pada 1971 ketika representasi PBB buat “Cina” perubahan Republik Cina ke Republik Rakyat Cina.

D. Lembaga terkait menggunakan PBB

1. Majelis Umum
Majelis Umum merupakan majelis musyawarah utama Perserikatan Bangsa-Bangsa. Terdiri dari seluruh negara anggota PBB, majelis bertemu setiap tahun pada bawah kepemimpinan terpilih berdasarkan negara-negara anggota.
Selama periode dua minggu awal setiap sesi, seluruh anggota mempunyai kesempatan buat berbicara di depan papan. Biasanya, Sekretaris Jenderal pidato pertama, diikuti oleh ketua dewan.
Sidang pertama diadakan dalam lepas 10 Januari 1946 di Westminster Central Hall pada London dan dihadiri oleh perwakilan dari 51 negara.
2. Dewan Keamanan
Dewan Keamanan ditugaskan buat menjaga perdamaian serta keamanan antar negara. Apabila organ-organ lain dari PBB hanya mampu membuat ‘rekomendasi’ untuk pemerintah negara anggota, Dewan Keamanan memiliki kekuatan buat membuat keputusan yg mengikat bahwa pemerintah negara anggota sudah setuju buat melaksanakan, dari ketentuan Piagam Pasal 25. Keputusan Dewan dikenal menjadi Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.
3. Sekretariat
Sekretariat PBB dipimpin oleh seorang Sekretaris Jenderal, dibantu oleh suatu staf pegawai sipil internasional dari seluruh global. Tugas utama dari Sekretaris Jenderal adalah menyediakan penelitian, warta, serta fasilitas yang diperlukan oleh badan-badan PBB buat rendezvous mereka.
Dia juga membawa tugas seperti yg diarahkan sang Dewan Keamanan PBB, Majelis Umum PBB, Dewan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa, serta badan PBB lainnya.
Piagam PBB mengungkapkan bahwa staf yang akan dipilih sang penerapan “baku tertinggi efisiensi, kompetensi, serta integritas,” menggunakan memperhatikan pentingnya merekrut secara geografis beredar luas.
4. Sekretaris Jenderal
Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris Jenderal, yg bertindak sebagai juru bicara de facto dan pemimpin PBB. Sekretaris Jenderal waktu ini Ban Ki-moon, yg mengambil alih dari Kofi Annan dalam tahun 2007 dan akan memenuhi syarat buat pengangkatan kembali saat masa jabatan pertamanya berakhir pada tahun 2011.
Dibayangkan sang Franklin D. Roosevelt menjadi “moderator global”, posisi ini ditetapkan pada Piagam PBB sebagai “kepala pegawai administrasi” organisasi, namun Piagam jua menyatakan bahwa Sekretaris Jenderal dapat membawa ke perhatian Dewan Keamanan “setiap perkara yg menurut pendapat diatas bisa mengancam bahaya dalam pemeliharaan perdamaian dan keamanan global”, memberikan ruang lingkup yang lebih besar buat posisi aksi di panggung global.
Posisi ini sudah berkembang menjadi kiprah ganda dari administrator organisasi PBB, serta seorang diplomat dan perantara menangani sengketa antara negara-negara anggota dan menemukan konsensus dalam menangani informasi-informasi global.
5. Mahkamah Internasional
Mahkamah Internasional (ICJ), yang terletak pada Den Haag, Belanda, adalah badan peradilan primer Perserikatan Bangsa-Bangsa. Didirikan pada tahun 1945 oleh Piagam PBB, Pengadilan mulai bekerja dalam tahun 1946 menjadi penerus ke Mahkamah Tetap Kehakiman Internasional.
Statuta Mahkamah Internasional, misalnya pendahulunya, adalah dokumen utama yang konstitusional dan mengatur Pengadilan.
Hal ini didasarkan pada Istana Perdamaian pada Den Haag, Belanda, mengembangkan gedung menggunakan Akademi Hukum Internasional Den Haag, sentra swasta untuk studi hukum internasional.
Hakim waktu Pengadilan merupakan baik alumni atau mantan anggota fakultas berdasarkan Akademi. Tujuannya adalah buat mengadili sengketa antara negara. Pengadilan telah mendengar masalah yg berkaitan menggunakan kejahatan perang, campur tangan negara ilegal dan pencucian etnis, diantaranya, dan terus buat mendengar kasus.
6. Dewan Ekonomi serta Sosial
Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC) membantu Majelis Umum dalam mempromosikan kerjasama serta pembangunan ekonomi serta sosial internasional.
ECOSOC memiliki 54 anggota, yang dipilih oleh Majelis Umum untuk masa jabatan tiga tahun. Presiden dipilih buat jangka waktu satu tahun dan dibagi di antara kekuatan mini atau menengah yg berada pada ECOSOC. ECOSOC bertemu sekali setahun dalam bulan Juli buat sesi empat minggu.
Sejak tahun 1998, dia sudah mengadakan pertemuan lain setiap bulan April dengan menteri keuangan yg menduduki komite kunci menurut Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF).
Dilihat terpisah menurut badan-badan spesifik yg beliau bersama-ordinasi, fungsi ECOSOC meliputi pengumpulan liputan, menasihati negara anggota, dan membuat rekomendasi.
Selain itu, ECOSOC merupakan posisi yg baik buat menaruh koherensi kebijakan dan mengkoordinasikan fungsi tumpang tindih badan anak-anak PBB serta kiprah itu merupakan ECOSOC yang paling aktif.
7. Lembaga Khusus
Ada banyak organisasi dan badan-badan PBB yg berfungsi buat bekerja dalam isu-isu eksklusif. Beberapa lembaga yang paling populer merupakan Badan Energi Atom Internasional, Organisasi Pangan dan Pertanian, UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization PBB), Bank Dunia dan Organisasi
8. Kesehatan Dunia.
Ini merupakan melalui badan-badan PBB yg melakukan sebagian akbar pekerjaan humanisme. Contohnya termasuk program vaksinasi massal (melalui WHO), menghindari kelaparan serta gizi buruk (melalui karya WFP) serta perlindungan masyarakat rentan serta pengungsi (contohnya, sang UNHCR). Piagam PBB menyatakan bahwa setiap organ primer PBB dapat menciptakan banyak sekali badan khusus untuk memenuhi tugasnya.
9. Kebijakan personil
PBB dan lembaga-lembaganya kebal terhadap aturan negara di mana mereka beroperasi, buat menjaga
Ketidakberpihakan PBB sehubungan menggunakan negara tuan tempat tinggal serta anggota.
Meskipun mereka relatif independen dalam hal kebijakan sumber daya insan, PBB dan lembaga-lembaganya yang sukarela menerapkan aturan negara-negara anggota mengenai pernikahan sesama jenis, sebagai akibatnya keputusan tentang status karyawan pada sebuah kemitraan yang sama-seks berdasarkan pada kebangsaan karyawan.
PBB serta forum-forum mengakui pernikahan sesama jenis hanya bila karyawan tersebut masyarakat negara negara yg mengakui pernikahan sesama jenis.
Praktek ini tidak secara khusus membahas pengakuan perkawinan sesama jenis tetapi mencerminkan praktik umum PBB buat sejumlah kasus asal daya manusia. Catatan yng perlu pada jangan lupa adalah bahwa sebagian forum menaruh suatu manfaat yg terbatas pada mitra domestik, staf mereka dan beberapa forum nir mengakui pernikahan sesama jenis atau kemitraan domestik staf mereka.

E. Tujuan PBB

1. Pemeliharaan Perdamaian serta Keamanan
PBB, selesainya disetujui oleh Dewan Keamanan, mengirim pasukan penjaga perdamaian ke wilayah-daerah di mana permasalahan Bersenjata baru-baru ini berhenti atau berhenti sejenak buat menegakkan ketentuan perjanjian perdamaian serta untuk mencegah pejuang dari kedua belah pihak melanjutkan permusuhan.
Karena PBB tidak mempertahankan militer sendiri, pasukan perdamaian secara sukarela diberikan oleh negara-negara anggota PBB. Pasukan, pula disebut “Blue Helm”, yang menegakkan konvensi PBB, diberikan Medali PBB, yang dipercaya dekorasi internasional bukan dekorasi militer.
Pasukan penjaga perdamaian secara keseluruhan menerima Hadiah Nobel Perdamaian dalam tahun 1988.para pendiri PBB telah mempertimbangkan bahwa organisasi akan bertindak untuk mencegah konflik antara negara dan menciptakan perang pada masa depan tidak mungkin, namun pecahnya Perang Dingin menciptakan perjanjian perdamaian sangat sulit lantaran pembagian dunia ke dalam kamp-kamp yang bermusuhan.
Menyusul akhir Perang Panggilan, terdapat yg baru dingin bagi PBB buat menjadi agen buat mencapai perdamaian dunia, lantaran ada beberapa lusin permasalahan berkelanjutan yang terus berlangsung pada seluruh dunia.
2. Hak Asasi Manusia dan Bantuan Kemanusiaan
Penegakan hak asasi manusia adalah alasan primer buat menciptakan PBB. Kekejaman perang serta genosida
Perang Dunia II menyebabkan munculnya konsensus bahwa organisasi baru harus bekerja buat mencegah tragedi serupa di masa depan.
Tujuan awal adalah menciptakan kerangka hukum buat mempertimbangkan dan bertindak atas keluhan mengenai pelanggaran hak asasi insan.
Piagam PBB mewajibkan seluruh negara anggota buat mempromosikan “penghargaan universal bagi, serta kepatuhan terhadap, hak asasi manusia” serta mengambil “tindakan kolektif serta terpisah “buat itu.
Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, meskipun nir mengikat secara aturan, diadopsi sang Majelis Umum pada tahun 1948 menjadi standar generik keberhasilan untuk semua. Majelis teratur merogoh gosip-gosip hak asasi manusia.
3. Pembangunan Sosial dan Ekonomi
PBB terlibat dalam mendukung pembangunan, misalnya, menggunakan perumusan Pembangunan Milenium. Badan Program Pembangunan (UNDP) merupakan sumber multilateral terbesar dari bantuan teknis hibah pada global.
Organisasi misalnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), UNAIDS, dan Dana Global untuk Memerangi AIDS, Tuberkulosis dan Malaria pemimpin lembaga dalam pertempuran melawan penyakit di semua dunia, terutama di negara-negara miskin.
Dana Kependudukan PBB merupakan penyedia primer layanan reproduksi. 32 badan PBB yg bertujuan buat memajukan pengembangan mengkoordinasikan upaya mereka melalui United Nations Development Group
atau UNDG.
4. Mandat
Dari saat ke ketika, tubuh yang berbeda berdasarkan PBB mengeluarkan resolusi yang mengandung paragraf operasi dimulai dengan “permintaan” kata-kata, “diklaim”, atau “push”, yang Sekretaris Jenderal menafsirkan sebagai mandat buat membentuk organisasi ad interim atau melakukan sesuatu.
Mandat ini mampu sesedikit meneliti dan menerbitkan laporan tertulis, atau operasi pemasangan penjaga perdamaian besar -besaran.
Meskipun badan-badan khusus, seperti WHO, yg awalnya dibentuk sang cara ini, mereka tidak sama menggunakan mandat karena mereka adalah organisasi tetap yang ada secara independen menurut PBB dengan struktur keanggotaan mereka sendiri.
Orang bisa mengungkapkan bahwa mandat orisinil hanya buat menutupi proses pembangunan forum tadi, dan karenanya lama berakhir.
Kebanyakan mandat berakhir setelah waktu yang terbatas dan membutuhkan perpanjangan berdasarkan tubuh, yg memerintah mereka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel