MATERI TENTANG SEGALA HAL MENGENAI PRAMUKA PENGGALANG TERLENGKAP

BELAJAR PRAMUKA - Pramuka Penggalang merupakan golongan pramuka berdasarkan usia sehabis golongan siaga. Ada beberapa pertanyaan yg timbul dari Pramuka Penggalang ini, diantaranya merupakan apa itu penggalang, mengapa bisa dinamakan penggalang, apa saja kode kehormatannya, bagaimana seragam yg dikenakan serta lain sebagainya.

1 PENGERTIAN PRAMUKA PENGGALANG SERTA ASAL MUASAL KATA PENGGALANG

Pramuka penggalang merupakan pernggolongan sekaligus sebuatan bagi anggota pramuka yg berusia antara 11-15 tahun.  Selain usia seseorang pramuka jua resmi dikatakan sebagai pramuka penggalang bila beliau telah merampungkan syarat-syarat kecakapan umum pramuka penggalang taraf Rakit serta telah mengucapkan Trisatya pada upacara peresmian yang dipimpin sang pembinanya. Meskipun dia sudah berusia 11 tahun tapi bila belum menyelesaikan SKU penggalang rakit, beliau masih disebut sebagai tamu penggalang.
Lantas mengapa bisa disebut menggunakan Kata Penggalang?  Itu diambil menurut kisah usaha bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Kata penggalang tadi merujuk pada masa penggalangan persatuan serta kesatuan bangsa yang ditandai dengan berlangsungnya kongres pemuda Indonesia yang kemudian membentuk “Sumpah Pemuda” dalam tanggal 28 oktober tahun 1928

2 KODE KEHORMATAN PRAMUKA PENGGALANG

Kode kehormatan menurut pramuka penggalang terdiri atas Tri satya serta Dasa Dharma. Tri satya berarti tiga janji dan Dasa Dharma berarti 10 ketentuan moral. Seorang anggota Pramuka penggalang harus menepati setiap janji yg sudah diucapkannya. Adapun bunyi berdasarkan Tri Satya serta Dasa Dharma adalah sebagai berikut :

TRI SATYA

Demi Kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-benar-benar :

   ·Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila,

   ·Menolong Sesama Hidup serta Mempersiapkan diri membangun masyarakat.

   ·Menepati Dasa Dharma.


DASA DHARMA

1.Takwa pada Tuhan Yang Maha Esa

2.Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

3.Patriot yang sopan serta kesatria

4.Patuh dan suka bermusyawarah

5.Rela menolong dan tabah

6.Rajin terampil serta gembira

7.Hemat cermat serta bersahaja

8.Disiplin berani serta setia

9.Bertanggung jawab serta dapat dipercaya

10.Suci pada pikiran perkataan dan perbuatan


3 PENGORGANISASIAN PRAMUKA PENGGALANG

Seperti halnya golongan siswa pramuka yang lainnya, pada setiap kegiatannya Pramuka Penggalangan itu diorganisasikan dalam grup ataupun satuan secara berjenjang, berikut penjelasan lengkapnya.
Satuan terkecil menurut pramuka penggalang itu disebut “Regu” yg terdiri berdasarkan 5-10 anggota. Regu Putra biasanya dinamakan menggunakan memakai nama-nama hewan ataupun indera-indera yg bermanfaat dalam kehidupan misalnya misalkan regu Kalajengking, Regu Rajawali, Regu Garuda, Regu Cobra, Regu Harimau, Regu Singa, Regu Elang, dan lain sebagainya. Sedangkan buat regu putri umumnya menggunakan nama-nama bunga ataupun tanaman misalkan seperti Regu melati, regu mawar, regu anggrek, regu matahari dan lain sebagainya.

Untuk setiap regu itu dipimpin oleh seseorang pemimpin regu serta dibantu sang wakilnya, pemimpin regu itu dianggap “pinru” sedangkan untuk wakil pemimpin regu disebut “Wapinru”. Seorang pinru memiliki hak serta kewajiban-kewajiban yang wajib dilaksanakan. Berikut ini adalah hak dan kewajiban berdasarkan seseorang Pinru :
1.membantu pembina pada melatih anggota regunya.
2.merencanakan kegiatan bagi regunya
3.memilih wakil pemimpin regu
4.menjadi anggota dewan penggalang
5.memilih pemimpin regu utama (Pratama)
Nah, hal yang wajib dipahami selanjutnya adalah, pada setiap 4 regu itu dihimpun lagi pada satuan yg lebih akbar yang diklaim menjadi “Pasukan” (Pasukan Penggalang). Pasukan itu dipimpin sang seorang yang dinamakan “PRATAMA” atau pemimpin regu primer. Pratama itu sendiri dipilih menurut serta sang para pimpinan regu serta anggota regu pasukan tersebut.

Dalam menjalankan kegiatannya pasukan penggalang akan dibimbing oleh seseorang yg dianggap Pembina serta dibantu oleh dua orang pembantu pembina penggalang. Pembina itu dipanggil dengan sebutan “Kakak” baik dia itu laki-laki juga wanita.

4 SERAGAM PRAMUKA PENGGALANG

Untuk sandang seragam pramuka penggalang, kakak-saudara tertua bisa melihat gambar berikut ini :
Pakaian Seragam Harian buat Pramuka Penggalang Putra

Pakaian Seragam Harian Untuk Pramuka Penggalang Putri

5 SISTEM TANDA KECAKAPAN PRAMUKA PENGGALANG

Sistem kecakapan pramuka penggalang itu terdiri menurut Kecakapan Umum, Kecakapan Khusus, dan Pramuka Garuda. Kecakapan umum wajib ditempuh menggunakan menuntaskan syarat-kondisi keckapan generik (SKU) yg terdiri atas 3 tingkatan yaitu ramu, rakit, serta jua terap. Untuk kecakapan khusus sendiri jua haruslah diselesaikan dengan cara menuntaskan kondisi-syarat kecakapan spesifik yang terdiri atas 3 tingkatan yaitu Purwa, Madya, dan Utama. Bagi saudara tertua-abang pramuka penggalang yang telah berhasil menuntaskan SKU penggalang Terap, dapat segera buat mengajukan diri menempuh Tingkatan pramuka yang paling tinggi yaitu Pramuka Garuda.

6 HAL-HAL LAIN YANG MENYANGKUT MASALAH PENGGALANG

·Pramuka penggalang itu biasa disingkat menggunakan huruf “G” yg diambil berdasarkan alfabet pertada istilah dasar “Galang”
·Penggalang itu menggunakan kode warna “Merah” yg melambangkan bahwa penggalang itu menjadi masa-masa berkembang yang penuh menggunakan kemeriahan hidup
·Upacara-upacara dalam pasukan penggalang menggunakan format barisan Angkare (Seperti bentuk segiempat dimana keliru satu sisinya terbuka) menggunakan posisi menurut pembina dan pembantu pembinanya berada disisi yg terbuka. Ini mempunyai filosofi bahwa mulai berkembangnya pandangan penggalang pada mendapat efek yang baik dari lingkungan sekitarnya.
·Kegiatan-kegiatan rendezvous berdasarkan pramuka penggalang diantaranya merupakan jambore, lomba tingkat, perkemahan bakti, gladian pimpinam regu (DianPinru), forum penggalang, JOTA (Jambore On The Air), JOTI (Jambore On The Internet), penjelajahan dan perkemahan lainnya.


Nah, abang-kakak itulah pembahasan lengkap segala hal tentang pramuka penggalang, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kakak-saudara tertua seluruh, bila ada kesalahan mohon maaf dan berikan komentar pada bawah agar bisa kita diskusikan menggunakan baik. Jangan lupa buat share artikel ini agar anak Pramuka lainnya pula mampu menaikkan ilmu pengetahuannya mengenai pramuka. Sekian serta terima kasih wassalamu’alaikum serta Salam Pramuka!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel