MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING


Contoh Tahap Pembelajaran ProblemBased Learning

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII/1
Materi Pokok : Teks Cerita Sejarah
Sub Materi : Pemodelan Teks Cerita Sejarah

A. Kompetensi Dasar serta Indikator Pencapaian KompetensiA.dua Menganalisis teks cerita sejarah, warta,iklan, editorial/opini, serta cerita fiksi dalam novel baik melalui mulut maupuntulisan
Indikator:
1) Menelaah kelemahan atau kesalahan struktur tekslaporan hasil observasi baik melalui verbal maupun tulisan
2) Menelaah kelemahan atau kesalahan kaidah tekslaporan hasil observasi baik melalui lisan juga tulisan.
3) Menelaah kelemahan atau kesalahan isi teks laporanhasil observasi baik melalui mulut maupun tulisan
B. Langkah-langkahPembelajaran

Tahapan Pokok
Kegiatan Pembelajaran
A.Orientasi siswa pada
Masalah
1.Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran
2.Peserta didik membaca contoh teks cerita sejarah yang kurang baik serta menyimak penjelasan terhadap perseteruan tersebut
3.Peserta didik memberikan tanggapan dan pendapat terhadap permasalahan tersebut
B.Mengorganisasi
anak didik dalam belajar

4.Peserta didik menciptakan kelompok belajar sinkron arahan pengajar dengan mempertimbangkan kemampuan akademik dan gender
C.Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau
kelompok
5.Peserta didik membaca teks cerita sejarah yang tidak baik dengan cermat
6.Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing guru mengkaji dan mendiskusikan kelemahan teks cerita sejarah berdasarkan segi struktur, kaidah, dan isi
D.Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya

7.Peserta didik menjawab permasalahan yang sudah diidentifikasi, khususnya tentang kelemahan struktur, kaidah, serta isi teks cerita sejarah
8.Peserta didik mempresentasikan atau menyajikan laporan pembahasan output temuan atau hasil diskusi serta penarikan konklusi pada depan kelas
E.Menganalisis serta
mengevaluasi proses
pemecahan masalah
9.Peserta didik dalam kelompok lain mengevaluasi atau
10.Menanggapi
11.Peserta didik menggunakan dibimbing pengajar melakukan simpulan
12.Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yg sudah dipelajari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel