MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING


Contoh Tahap Pembelajaran Discoverylearning

SatuanPendidikan: SMA …
MataPelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII/1
MateriPokok : Teks Cerita Sejarah
AlokasiWaktu : 2 x 45 menit

A.kompetensi Dasar serta Indikator Pencapaian Kompetensi

KD: Memahami struktur dan kaidah teks ceritasejarah, warta, iklan, editorial/opini, serta cerita fiksi pada novel baikmelalui verbal juga goresan pena.

Indikator:

1)Menentukan struktur teks cerita sejarah;
2)Menentukan kaidah/karakteristik-karakteristik bahasa (fitur bahasa) teks cerita sejarah.

B. Langkah-langkahPembelajaran


Tahapan Pokok
Kegiatan Pembelajaran
A.Pemberian Rangsangan (Stimulation)
1.Peserta didik menyimak tayangan berbagai insiden sejarah global.
2.Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat menghadapkansiswa pada kondisi internal yang mendorong eksplorasi terhadap pemahaman teks output observasi cerita sejarah.
3.Guru mengarahkan jawaban anak didik terhadap pembelajaran yg akan dilakukan
4.Siswa membaca model model teks cerita sejarah berjudul “Sejarah Hari Buruh.”.
B.Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)
5.
6.Peserta didik mengidentifikasi masalah yang relevan dengan bahan bacaan diantaranya diarahkan buat menanyakan fungsi teks cerita sejarah serta bentuk atau strukturnya,
7.Berdasarkan identifikasi perkara tadi, murid memilih dan merumuskan salah satu di antaranya pada bentuk hipotesis.
C.Pengumpulan Data (Data Collection)
8.Peserta didik membangun gerombolan belajar sesuai arahan guru menggunakan mempertimbangkan kemampuan akademik, gender, serta ras (@lima 0rang per grup).
9.Peserta didik mengidentifikasi siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, serta bagaimana peristiwa yg terjadi dalam teks cerita sejarah “Hari Buruh.”
10.Peserta didik menyusun periode sejarah secara kronologis, sesuai menggunakan urutan waktu menurut insiden sejarah teks “Hari Buruh.”
11.Peserta didik menentukan struktur yang membentuk teks “Sejarah Hari Buruh”
D.Pengolahan Data (Data Processing)
12.
13.Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh berdasarkan output aktivitas sebelumnya buat memilih unsur-unsur atau struktur teks cerita sejarah.
E.Pembuktian (Verification)
14.Guru memberikan kesempatan pada anak didik buat memverifikasi sehingga bisa menemukan konsep mengenai struktur teks cerita sejarah.
F.Menarik Kesimpulan (Generalization)
15.Peserta didik membuat kesimpulan mengenai struktur teks cerita sejarah
16.Peserta didik mempresentasikan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel