MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK

Rancangan Pembelajaran Berbasis Projek

A. Identitas Model
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas ……
Mata Pelajaran : BahasaIndonesia
Kelas/Semester : XII/1
Materi Pokok : Teks CeritaSejarah
Alokasi Waktu : 4 x 45Menit (dua rendezvous)
B. Kompetensi Dasar danIndikator Pencapaian Kompetensi
4.dua Memproduksi tekscerita sejarah, informasi, iklan, editorial/opini, serta cerita fiksi pada novelyang koheren sesuai menggunakan karakteristik teks baik secara mulut maupuntulisanmaupun tulisan

Indikator:

1) Menentukanlangkah-langkah menyusun teks cerita sejarah
2) Menyusun teks ceritasejarah
C. Langkah Pembelajaran

Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
A.Penentuan Proyek
1. Peserta didik memilih hari atau peristiwa bersejarah sebagai topik yg akan dikembangkan sebagai teks cerita bersejarah
B.Perancangan
Langkah-langkah
Penyelesaian Proyek
2. Peserta didik dibimbing guru mendiskusikan aturan main dan pemilihan kegiatan yg bisa mendukung pelaksanaan proyek
3. Peserta didik mendiskusikan asal/bahan/indera pendukung pelaksanaan proyek
4. Peserta didik menyimak penerangan pengajar mengenai penilaian
pada gerombolan masing masing, siswa mendiskusikan dan perencanaan proyek berupa penentuan fase insiden bersejarah
C.Penyusunan Jadwal
Pelaksanaan Proyek
5. Peserta didik menciptakan time line pemilihan serta penyiapan proyek
6. Peserta didik mendiskusikan deadline untuk menuntaskan proyek menyusun teks cerita sejarah
7. Peserta didik mendiskusikan serta membuat jadwal atau saat aplikasi penyelesaian setiap fase
persitiwa pada teks cerita sejarah yang akan ditulisnya
D.Penyelesaian proyek
dengan fasilitasi dan
monitoring guru
8. Peserta didik mengidentifikasi dan mencatat hal-hal yang berkaitan menggunakan fase peristiwa yg sebagai objek buat penulisan teks cerita sejarah
9. Peserta didik mengonsultasikan permasalahan atau kendala dalam menuntaskan penulisan teks cerita sejarah
10. Peserta didik memperbaiki output goresan pena dari hasil konsultasi
E.Penyusunan Laporan
serta Presentasi
/Publikasi
Hasil Proyek
11. Peserta didik membaca kembali teks cerita sejarah yg sudah ditulis serta memperbaiki jika masih terjadi kesalahan dengan mengacu dalam point-point penilaian yg disepekati pada termin perencanaan
12. Peserta didik menempelkan teks cerita sejarah yang sudah dibuatnya pada loka yg sudah disediakan (tempat seperti bentuk pameran)
13. Peserta didik melakukan aktivitas shopping contoh,yaitu mengunjungi, membaca, dan menanggapi teks cerita sejarah grup lain.
F.Evaluasi Proses dan
Hasil Proyek
14. Peserta didik melakukan refleksi terhadap aktivitas serta hasil tugas proyek yg telah dilaksanakan.
15. Peserta didik mengemukakan pengalamannya selama merampungkan tugas proyek peserta didik mendengarkan umpan pulang terhadap proses yg sudah dilaksanakan dan produk yg telah didapatkan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel