PELATIHAN JURNALISTIK DAN MEDIA SOSIAL TINGKAT NASIONAL KWARNAS GERAKAN PRAMUKA

Pelatihan Jurnalistik serta Media Sosial Tingkat Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka

REKOMENDASI
Pelatihan Jurnalistik serta Media Sosial Tingkat Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka
Tema: Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita
Cibubur, Jakarta, 26 – 29 November 2014

Salam Pramuka, Puji syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa.
Pelatihan Jurnalistik serta Media Sosial telah berjalan sesuai asa. Ada tiga indikator kesuksesan acara ini; partisipasi, manajemen acara serta publikasi. Berkat ridho Tuhan YME serta kerja keras segenap panitia, jumlah peserta terpenuhi, seluruh narasumber hadir, semua aktivitas berlangsung sesuai jadwal. Pelatihan ini juga diberitakan sang media sebelum kegiatan, jelang aktivitas, waktu kegiatan serta setelah kegiatan.
Dalam training sudah lahir beberapa pemikiran di antaranya disampaikan oleh:
  1. Adhyaksa Dault, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka “pentingnya Pramuka memenangkan ‘perseteruan’ di era liputan. Salah satu indikator kemenangan merupakan semakin banyaknya informasi positif yang disampaikan oleh segenap anggota Pramuka melalui media umum dan produk-produk jurnalistik lainnya. Ketua Kwarnas juga menyampaikan bahwa “Yang primer adalah orangnya, media umum adalah wahana. Apabila orangnya jujur, baik, peduli, maka media umum akan dahsyat dampaknya”.
  2. Yudi Suyoto, Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional “Kesalahan dalam penggunaan medsos akan mencoreng eksklusif, institusi dan meresahkan masyarakat. Oleh karena itu, setiap anggota Pramuka, wajib berhati-hati memakai media umum”.
  3. Lusia Adinda Lembu Raya, Wakil Ketua Kwarnas Bidang Kominfo “jumlah pengguna media umum nir akan menurun, sang sebab itu pemanfaatannya oleh Pramuka wajib sesuai menggunakan kebutuhan generasi sekarang dan masa yg akan tiba”
  4. Marbawi, Wakil Ketua Kwarnas bidang Perencanaan Pengembangan dan Kerjasama “setiap Pramuka adalah kantor fakta itu, salah satu maknanya, setiap yang diposting oleh anggota Pramuka pada media umum layak disebarluaskan serta memenuhi unsur-unsur informasi, antara lain bermanfaat, insipiratif, sahih, unik dan diharapkan oleh rakyat”
  5. Hariqo Wibawa Satria, Andalan Nasional Bidang Kominfo “3 M yg bisa serta harus dilakukan anggota Pramuka pada media umum; (m1) membumikan Pramuka, (m2) mempromokan Indonesia, (m3) membela Indonesia. Mempromosikan Indonesia misalnya; setiap anggota Pramuka secara aktif mempromosikan produk-produk lokal Indonesia, pariwisata Indonesia di medsos menggunakan menggunakan aneka macam bahasa”. Selain itu penting mengamalkan 2 K; keamanan dan kreatifitas
  6. Luqman Hakim Arifin, Andalan Nasional Bidang Kominfo “pentingnya saling kenal mengenal antara anggota Pramuka di media umum, hasil-nya adalah adanya kerjasama antar akun-akun Pramuka pada media umum buat mensosialisasikan berbagai aktivitas Pramuka. Oleh karena itu kita bentuk forum komunikasi”
  7. Olivia Zalianty, Andalan Nasional Bidang Kominfo “Terdapat 22 juta anggota Pramuka pada seluruh Indonesia, dan homogen-homogen memiliki akun di media sosial, potensi ini sangat luar biasa jika digerakkan buat kegiatan yang positif”
  8. Sari Madjid, Andalan Nasional Bidang Kominfo “minat dan bakat anggota Pramuka bisa disalurkan lewat media umum, banyak sekali pentas kebudayaan yg pernah diadakan Pramuka tidak akan memiliki imbas, bila nir disebarluaskan”
  9. Andri Yusran, Andalan Nasional Bidang Kominfo “Sudah saatnya Kwarda-Kwarda mempunyai perhatian yg berfokus terhadap penggunaan media umum di wilayah-wilayah”
  10. Subiakto Priosoedarsono (Narasumber, Pakar Branding) “Branding itu adalah ikatan emosi antara orang menggunakan merek, ini nir bisa dibangun menggunakan iklan, melainkan menggunakan aksi-aksi konkret Pramuka yang bermanfaat buat warga . Membangun merk adalah membentuk ikatan emosi, dulu lewat iklan, sekarang lewat media umum, dulu lewat janji-janji besar , kini lewat storytelling. Rasakan, temukan banyak sekali kasus pada masyarakat, lakukan yang paling mampu diperbuat oleh Pramuka, konsistensi Pramuka menaruh solusi akan membangun ikatan emosi, serta itulah merk”
  11. Deddy Sinaga (Jurnalis) “jangan terpaksa sebagai jurnalis, apabila itu bukan passion anda maka carilah bidang lain, aku sebagai jurnalis lantaran passion saya disini, dan dari sejarah kita belajar profesi ini sangat berguna bagi orang banyak”
  12. Aci (Praktisi Media Sosial) “Website wajib didukung oleh tim media sosial. Tim media umum 2 tugasnya; delivery content dan analisa pengguna media sosial”
  13. James Luhulima (Jurnalis) “apabila ingin akbar, media harus independen. Apabila ingin besar semua awak media harus amanah. Dalam menulis keterangan haruslah penekanan pada satu topik dan kembangkan sampai tuntas, jangan tergiur menggunakan topik lain”
  14. Abdul Rahman Mamun (praktisi media serta konsultan) “media umum telah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari, Pramuka wajib mempunyai tim yg solid, paham etika, kreatifit dan paham aturan serta etika. Tim media sosial terdiri berdasarkan tim konten, tim produksi, serta tim penyaji/penyebar”
  15. Ndoro Kakung alias Wicaksono (social jurnalist) “content is king, delivery is kingkong. Konten itu merupakan segalanya, tetapi konten yang indah kurang berguna apabila nir disebarkan secara masif”
  16. Berbagai masukan dari peserta: (a) kurangnya perhatian sebagian pimpinan Kwarda terhadap media sosial, (b) tidak adanya pedoman pengelolaan media umum, (c) peran kwarnas pada pengorganisasian pemberitaan, serta (d) perlunya dibuat tim media sosial dengan tugas-tugas yang kentara serta diisi oleh SDM yg terlatih
Berdasarkan berbagai pemikiran diatas, kami panitia serta peserta kegiatan ini menciptakan lembaga media umum menjadi wadah komunikasi online antar humas gerakan Pramuka. Kami juga merekomendasikan beberapa hal kepada kwartir nasional gerakan Pramuka:
  1. Perlunya dibuat tim media sosial pada tingkat Kwarnas, Kwarda serta Kwarcab melalui Surat Keputusan Pimpinan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
  2. Merekomendasikan pembentukan pokja penyusunan pedoman penggunaan media sosial buat Gerakan Pramuka.
  3. Perlunya diadakan lokakarya pembahasan panduan penggunaan media umum buat gerakan Pramuka pada tahun 2015.
  4. Perlu adanya monitoring serta himbauan dalam poly kesempatan berdasarkan Pimpinan Kwarnas, Andalan Nasional, Pimpinan Kwarda, Kwarcab supaya Pramuka menggunakan medsos buat kepentingan Pramuka serta kepentingan nasional Indonesia
Akhirnya, atas nama panitia, kami haturkan terima kasih yang sebanyak-besarnya pada Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka dan Wakil Ketua Kwarnas Bidang Kominfo atas kesempatan dan kepercayaannya. Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita
Cibubur, Jakarta, 29 Desember 2014
Hormat kami, Penitia Pelatihan Jurnalistik serta Media Sosial
Tingkat Nasional Tahun 2014. Salam Pramuka

Hariqo Wibawa Satria
Ketua Panitia, Andalan Nasional Gerakan Pramuka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel