PEMBAHASAN TUGAS PENDAHULUAN PRAKTIKUM FISIKA MOMEN GAYA


BELAJAR PRAMUKA -Setiap kaliakan melakukan percobaan ataupun praktikum fisika, dalam umumnya praktikandiharuskan untuk dapat menjawab soal-soal tugas pendahuluan mengenai praktikumtersebut, menggunakan tujuan buat melihat seberapa jauh pemahaman praktikan tentangpercobaan yang akan dilakukan. Berikut ini adalah soal-soal tugas pendahuluanpraktikum fisika tentang Momen Gaya dan pembahasannya.

SOAL DAN PEMBAHASAN TUGAS PENDAHULUANPRAKTIKUM MOMEN GAYA


1.Apakahyang dimaksud menggunakan momen?

Jawab: Momen adalah suatu besaran yg menyatakan besarnya gaya yang bekerja padasebuah benda, sebagai akibatnya benda tadi melakukan gerakan-gerakan rotasi.

2.Sebutkandan jelaskan gaya-gaya yang bekerja pada ketika momen terjadi!

Jawab:
·MomenGaya : yaitu gaya pada sumbu putar yang dapat menyebabkan benda berkecimpung ataumelingkar (berputar)
·MomenInersia : yaitu kecenderungan benda untuk mempertahankankeadaannya. Benda yang sukar bergerakmemiliki inersia yg akbar. Jadi momen inersia adalah ukuran berdasarkan besarnyakecenderungan berotasi yg dipengaruhi sang keadaan benda.
·Lengangaya : yaitu jarak antara titik tumpuan atau poros ke titik dimana gaya itubekerja.

3.Dapatkahsuatu gaya yang diberikan pada sebuah benda mengubah baik mobilitas translasimaupun gerak rotasinya sekaligus? Jelaskan!

Jawab: Ya, tentu saja gaya yg diberikan dalam sebuah benda bisa membarui baik geraktranslasi juga gerak rotasinya, misalnya merupakan gaya pegas yg diberikankaret dalam ketapel dapat mengganti rotasi batu. Gaya dapat mengganti mobilitas danarah mobilitas benda karena gaya mempunyai energi buat menarik atau menolak suatubenda yang mengakibatkanbenda tersebutberubah arahnya. Contoh bahwa gaya dapat mengganti mobilitas benda adalah bola yangditendang, bola yang dipukul, dan mendorong meja.

Nah, itulah pembahasan soal TugasPendahuluan Praktikum Fisika tentang Momen Gaya. Semoga bisa membantu danbermanfaat bagi sobat yg akan melaksanakan praktikum ataupun percobaan momengaya, relatif sekian postingan kali ini, wassalamu’alaikum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel