PENGERTIAN PENEGAK BANTARA DAN ARTI TKU PENEGAK BANTARA


BELAJAR PRAMUKA -Pada postingansingkat kali ini, BELAJAR PRAMUKA akan membahas mengenai apa yg dimaksud denganPenegak Bantara, arti lebih jelasnya berdasarkan Bantara, serta arti berdasarkan Tanda Kecakapan Umum(TKU) Penegak Bantara. Postingan ini sangat penting sekali buat diketahui olehanggota-anggota yg akan naik ke taraf Penegak Bantara, berikut inipenjelasan selengkapnya.

1. Pengertian Penegak Bantara

Penegak Bantara merupakan tingkatansyarat-kondisi Kecakapan Umum pertama dalam satuan Pramuka Penegak sebelumtingkatan Penegak Laksana. Bagi golongan Pramuka Penegak yang belummenyelesaikan Syarat-kondisi Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara delum dapatdianggap menjadi Pramuka Penegak, akan tetapi disebut menjadi “Tamu Ambalan”atau “Tamu Penegak”.

Apabiladilihat berdasarkan segi Bahasa, Bantara berasal menurut bahasa sanskerta yang berartiPengawal atau Ajudan. Pengawal atau ajudan jua bisa diartikan sebagai :
1.seseorang yg tugasnya mengawal dan menjaga tegaknya Pancasila, Tri Satya,serta Dasa Dharma
2.seseorang yang bertugas layaknya seseorang prajurit
3.pengawal mulanya pada satuan Penegak sebelum Laksana
4. Pengawal terhadap pembangunan yangtelah, sedang, dan atau akan dilaksanakan.

2. Arti Tanda Kecakapan Umum (TKU) PenegakBantara

·WarnaHijau melambangkan kesuburan serta kemakmuran. Warna hijau jua melambangkan diriyang berkembang dan selalu tumbuh buat mencari tahu mengenai banyak hal yangakan menciptakan dirinya dan negaranya maju.
·Duabuah Tunas Kelapa melambangkan keseimbangan berdasarkan Pramuka Putra dan PramukaPutri. Yang dimaksud bukanlah seimbang dalam ukuran jumlahnya, akan tetapiseimbang dalam kemampuandan bakatnya,sehingga masing-masing Tunas itu tumbuh subur dan tegak di Bumi Pertiwi.
·Bintangmelambangkan bahwa seseorang penegak Bantara harus bertakwa pada Tuhan YangMaha Esa. Lantaran takwa adalah salah satu jalan menuju kebahagiaan.
·Warnakuning melambangkan keluhuran dan kejayaan Pramuka.

Nah, itulah postingan singkat mengenaiapa yg dimaksud menggunakan Penegak Bantara, arti lebih jelasnya berdasarkan Bantara, serta artidari Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Bantara. Semoga postingan ini dapatbermanfaat terutama bagi abang-abang yg akan naik ke taraf Penegak Bantara.cukup sekian artikel kali ini, Wassalamu’alaikum dan Salam Pramuka!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel