PENGERTIAN SAKA DAN MACAMMACAM SAKA DALAM PRAMUKA

SAKA
Logo atau lambang Saka (Satuan karya Pramuka) adalah daftar lambang atau logo banyak sekali Satuan Karya Pramuka (Saka) yang ada pada Indonesia.


Logo Satuan Karya Pramuka bukan hanya lambang Saka yang bersifat nasional atau sudah diakui serta ditetapkan menggunakan SK Kwarnas Gerakan Pramuka serta berlaku pada seluruh Indonesia saja. Namun juga disertakan beberapa Saka yg masih bersifat lokal atau hanya berlaku di wilayah eksklusif serta hanya ditetapkan melalui keputusan Kwartir daerah atau Kwartir Cabang.

Satuan Karya Pramuka (Saka) merupakan wadah pendidikan guna menyalurkan minat, berbagi bakat dan pengalaman para pramuka dalam banyak sekali bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Satuan Karya diperuntukkan bagi para Pramuka Penggalang Terap, Pramuka Penegak dan Pandega, serta para pemuda usia 14-25 tahun menggunakan kondisi khusus.

Setiap Saka memiliki beberapa krida, dimana setiap Krida mengkususkan pada sub bidang ilmu eksklusif yang dipelajari dalam Satuan karya tadi. Setiap Krida mempunyai SKK buat TKK Khusus saka yg bisa diperoleh Pramuka yg bergabung menggunakan Krida eksklusif pada sebuah Saka.

Satuan Karya Pramuka yg bersifat nasional yaitu mencakup Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Kencana (Keluarga Berencana), Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, dan Saka Wira Kartika.

Berikut Logo dan Penjelasan dari masing-masing Satuan Karya Pramuka tadi:

SAKA BHAYANGKARA


Satuan Karya Bhayangkara merupakan Saka di bidang ketertiban warga .
Tujuan:
Tujuan dibentuknya Saka Bhayangkara merupakan buat mewujudkan kader-kader bangsa yg ikut serta bertanggungjawab terhadap keamanan serta ketertiban masyarakat melalui pendidikan kebhayangkaraan didalam Gerakan Pramuka
Sasaran:
Sasaran dibentuknya Saka Bhayangkara adalah agar para anggota Gerakan Pramuka yang sudah mengikuti kegiatan saka tersebut bisa:
  1. memiliki pengetahuan, kemampuan, kecakapan, serta ketrampilan serta pengalaman dalam bidang kebhayangkaraan 
  2. memiliki perilaku hidup yang tertib dan disiplin dan ketaatan terhadap peraturan hukum dan norma sosial yang berlaku pada rakyat 
  3. memiliki sikap kebiasaan serta konduite yg andal sehinggamampu mencegah menangkal, serta menanggulangi timbulnya setiap gangguan kamtibmas 
  4. memiliki kepekaan dan kewaspadaan dan daya tangggap dan penyesuaian terhadap setiap perubahan dan dinamika sosial di lingkungannya 
  5. mampu memberikan latihan tentang pengetahuan kamtibmas kepada para anggota Gerakan Pramuka di gugusdepannya 
  6. mampu menyelenggarakan pengamanan lingkungan secara swakarsa, swadaya serta swasembada, dan secara nyata yang bermanfaat bagi dirinya dan bagi warga pada lingkungannya 
  7. mampu melakukan tindakan pertama terhadap kasus kejahatan tertangkap tangan yang terjadi dilingkungannya buat lalu segera menyerahkannya pada polri 
  8. mampu membantu polri dalam pengamanan tkp dan melaporkan peristiwa tersebut serta bersedia menjadi saksi 
  9. mampu membantu merehabilitasi ketentraman rakyat yg terganggu akibat permasalahan sosial, kecelakaan serta bala alam yang terjadi pada lingkungannya 

Krida Saka Bhayangkara
  1. Krida Pengamanan Lingkungan 
  2. Krida Pengamanan Lalu Lintas 
  3. Krida TPTK (Tindakan Pertama pada Tempat Kejadian) 
  4. Krida SAR (Search And Rescue) 
  5. Krida Pemadam Kebakaran 


SAKA BAHARI


Satuan Karya Pramuka Bahari merupakan Saka di bidang Kebaharian atau Kelautan
Satuan Karya Pramuka Bahari merupakan wadah bagi Pramuka yg menyelenggarakan aktivitas-aktivitas konkret, produktif serta bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa cinta serta menumbuhkan sikap hayati yg berorentasi kebaharian termasuk laut serta perairan dalam.
Tujuan:
  1. Memiliki tambahan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan pada bidang kebaharian, yang bisa menjurus kepada kariernya pada masa mendatang. 
  2. Memiliki rasa cinta pada bahari dan perairan dalam berikut seluruh isinya dalam khusunya serta rasa cinta pada tanah air Indonesia dalam umumnya. 
  3. Memiliki perilaku dan cara berfikir yang lebih matang pada menghadapi segala tantangan hidup, terutama menyangkut kebaharian. 
  4. Mampu menyelenggarakan proyek-proyek aktivitas di bidang kebaharian secara positif berdaya guna serta sempurna guna, sinkron dengan minat serta bakatnya dan bermanfaat bagi warga sekitarnya. 

Sasaran:
A. Mampu serta dapat memanfaatkan segala pengetahuan, pengalaman dan kecakapannya untuk ikut berperan dan secara aktif pada Pembangunan Nasional, khhususnya pada bidang kebaharian.
B.  Merasa ikut bertanggungjawab terhadap kelestarian lingkungan hidup yg menyangkut kebaharian.
Saka Bahari mencakup 4 krida, yaitu :
  1. Krida Sumberdaya Bahari 
  2. Krida Jasa Bahari 
  3. Krida Wisata Bahari 
  4. Krida Reksa Bahari 
Krida Sumberdaya Bahari, terdiri atas 6 (enam) SKK :
  1. SKK Penangkapan Ikan 
  2. SKK Alat Penangkap Ikan 
  3. SKK Budidaya Laut 
  4. SKK Pengolahan Hasil bahari 
  5. SKK Budidaya Air Payau/Tambak 
  6. SKK Pertambangan Mineral
Krida Jasa Bahari, terdiri atas 9 (sembilan) SKK : 
  1. SKK Listrik 
  2. SKK Mesin 
  3. SKK Pengecatan 
  4. SKK Elektronika 
  5. SKK Pengelas 
  6. SKK Perencana Kapal 
  7. SKK Perahu Motor 
  8. SKK Pelaut 
  9. SKK Operator Alat Bongkar Muat
Krida Wisata Bahari, mempunyai 8 (delapan) SKK :
  1. SKK Renang 
  2. SKK Layar 
  3. SKK Selam 
  4. SKK Dayung 
  5. SKK Ski Air 
  6. SKK Pemandu Wisata Laut 
  7. SKK Selancar Angin 
  8. SKK Penyelamatan di Pantai. 
Krida Reksa Bahari, mempunyai 7 (tujuh) SKK :
  1. SKK Navigasi 
  2. SKK Telekomunikasi 
  3. SKK Isyarat Bendera 
  4. SKK Isyarat Optik 
  5. SKK Pelestarian Sumberdaya Laut 
  6. SKK Pengemudi Sekoci 
  7. SKK SAR di Laut.


SAKA BAKTI HUSADA


Satuan Karya Pramuka Bakti Husada adalah saka pada bidang Kesehatan.

Tujuan:
Tujuan dibentuknya Saka Bakti Husada merupakan memberi wadah pendidikan serta pelatihan bagi para Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega buat menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, serta pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi dan keterampilan bidang kesehatan yg bisa menjadi bekal bagi kehidupan serta penghidupannya untuk mengabdi pada warga , bangsa dan negara.
Fungsi:
Saka Bakti Husada berfungsi sebagai berikut:
A. Wadah pendidikan dan training, pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi serta keterampilan pada bidang kesehatan.
B. Sarana buat melaksanakan aktivitas konkret serta produktif.
C. Sarana buat melaksanakan bakti kepada warga , bangsa serta negara.
D. Sarana buat mencapai tujuan pendidikan serta pengembangan Gerakan Pramuka.
Saka Bakti Husada terdiri menurut 6 (enam) krida yaitu:
  1. Krida Bina Lingkungan Sehat 
  2. Krida Bina Keluarga Sehat 
  3. Krida Pengendalian Penyakit 
  4. Krida Bina Gizi 
  5. Krida Bina Obat 
  6. Krida Bina PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)


SAKA DIRGANTARA


Satuan Karya Pramuka Dirgantara adalah Saka di bidang Kedirgantaraan.
Tujuan:
Untuk memberikan pendidikan pada bidanag kedirgantaraan bagi anggota Gerakan Pramuka melalui kegiatan konkret, produktif dan bermanfaat, baik buat dirinya sendiri juga buat masyarakat, bangsa serta negara.
Sasaran:
  1. Memiliki pengalaman, pengetahuan, ketrampilan dan kecakapan pada bidang kedirgantaraan. 
  2. Memiliki rasa cinta dirgantara. 
  3. Memiliki perilaku dan cara berfikir yg berdaya guna serta berhasil guna menggunakan memakai matra dirgantara menjadi ruang mobilitas. 
  4. Memiliki disiplin dan tanggung jawab terhadap dirgangantara nasional. 
  5. Memiliki kemampuan-kemampuan pada menyelenggarakan proyek-proyek pada bidang kedirgantaraan secara positip sinkron dengan menggunakan minat, bakat, kemampuan dan situasi dan kondisi setempat. 
  6. Memiliki kemampuan menyebarluaskan pengetahuan, pengalaman, kecakapan serta ketrampilannya, yang diperoleh menurut aktivitas Saka Pramuka Dirgantara pada anggota Gerakan Pramuka serta masyarakat. 

Krida Saka Dirgantara:
  1. Krida Keselamatan Penerbangan 
  2. Krida Pesawat Model 
  3. Krida Terjun Payung 
  4. Krida Terbang Layang 
  5. Krida Pesawat Ringan


SAKA KENCANA (Keluarga Berencana)


Satuan Karya Pramuka Kencana merupakan Saka pada bidang bidang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera dan Pengembangan Kependudukan.

Tujuan:
Tujuan dibentuknya Saka Kencana adalah buat membina anggota Gerakan Pramuka supaya dapat sebagai tenaga kader pembangunan pada bidang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera dan Pengembangan Kependudukan guna memantapkan pelembagaan NKKBS sebagai cara yg layak dan bertanggungjawab dari seluruh keluarga serta masyakarat Indonesia.
Sasaran:
Sasaran dibentuknya Saka Kencana merupakan supaya para anggota Gerakan Pramuka yg sudah mengikuti aktivitas Saka tersebut:
  1. Memiliki pengetahuan, pengertian, keterampilan serta pengalaman dalam memasyarakatkan NKKBS terhadap anggota Pramuka dan keluarga Indonesia. 
  2. Mampu dan mau menyebarluaskan pada warga mengenai informasi serta pengetahuan tentang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera serta Pengembangan Kependudukan dan kaitannya dengan pembangunan sektor lain. 
  3. Mampu memberikan latihan dan peranserta pada mendukung kegiatan Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera dan Pengembangan Kependudukan kepada para Pramuka di Gugusdepannya. 
  4. Memiliki perilaku yg rasional serta bertanggungjawab dalam mewujudkan pencerahan dan kepedulian famili sebagai pemrakarsa dan pelaksana pembangunan bangsa. 
  5. Menumbuh-kembangkan minat terhadap Saka Kencana di setiap Gugusdepan serta pembentukan Saka Kencana di setiap ranting pada semua wilayah Republik Indonesia yang semakin maju serta mandiri. 

Krida Saka Kencana
  1. Krida Bina Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBdanKR). 
  2. Krida Bina Keluarga Sejahtera serta Pemberdayaan Keluarga(KSdanPK). 
  3. Krida Bina Advokasi serta Komunikasi Informasi Edukasi (Advokasi serta KIE). 
  4. Krida Bina Peran Serta Masyarakat (PSM).


SAKA TARUNA BUMI


Satuan Karya Pramuka Taruna Bumi merupakan saka di bidang pembangunan Pertanian.
Yang dimaksud dengan Tarunabumi merupakan pemuda yg berminat dan aktif melaksanakan kegiatan di bidang pertanian pada umumnya, termasuk bidang perkebunan, perikanan, peternakan, tumbuhan pangan.tumbuhan keras dan hortikultura.
Saka Tarunabumi adalah galat satu jenis satuan karya Pramuka tempat menaikkan dan mengembangkan kepemimpinan, pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan para anggotanya, sehingga mereka bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan konkret, produktif dan berguna pada mendukung kagiatan pembangunan pertanian.
Tujuan:
Tujuan pembentukan Saka Tarunabumi adalah untuk mewujudkan kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional di bidang pertanian dengan menyediakan wadah pendidikan luar sekolah dibidang pertanian kepada anggota Gerakan Pramuka terutama Pramuka Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega serta kepada pemuda calon anggota pramuka dan para peminat yang memenuhi persyaratan.
Sasaran:
Sasaran aktivitas Saka Tarunabumi agar para anggota Saka Tarunabumi :
  1. Memiliki rasa cinta akan alam pertanian dan rasa tanggungjawab akan kelangsungan jalannya pembangunan Nasional. 
  2. Memiliki tambahan pengetahuan, pengalaman,kecakapan dan keterampilan di bidang pembangunan pertanian dan perilaku yang tanggap akan perubahan-perubahan yang selalu terjadi dalam proses aktivitas pembangunan pertanian. 
  3. Mampu menyelenggarakan kegiatan aktivitas Saka Tarunabumi secara positif, berdayaguna dan berhasilguna,sesuai menggunakan talenta serta minatnya di bidang pertanian, sebagai akibatnya berguna bagi pribadinya,keluarganya, rakyat, bangsa serta negara. 
  4. Mampu menyebar luaskan pengetahuan, pengalaman, kecakapan, serta ketrampilannya, yg didapat pada aktivitas Saka Kepada anggota Gerakan Pramuka di Gugusdepan masing-masing serta kepada pemuda lainnya yang berada di lebih kurang loka tinggalnya. 

Saka Tarunabumi terdiri berdasarkan lima krida yaitu :
  1. Krida Tanaman Pangan. 
  2. Krida Perikanan 
  3. Krida Peternakan 
  4. Krida Perkebunan 
  5. Krida Hortikultura


SAKA WANABAKTI


Satuan Karya Pramuka Wanabakti adalah saka pada bidang pelestarian sumber daya alam, kehutanan, dan lingkungan hidup.

Tujuan:
untuk memberi wadah pendidikan pada bidang Kehutanan pada anggota Gerakan Pramuka terutama para Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega, agar mereka dapat membantu, membina dan mengembangkan kegiatan pelestarian sumberdaya alam serta lingkungan hayati, melaksanakan secara konkret, produktif dan berguna bagi Pramuka Penegak serta Pandega sebagai baktinya terhadap pembangunan warga , bangsa serta negara
Sasaran:
Sasaran kegiatan Saka Wanabakti merupakan supaya para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega:
  1. Memiliki rasa cinta dan tanggungjawab terhadap hutan menggunakan segala isi dan kekayaan yang terkandung di dalamnya, dan pencerahan buat memelihara serta melestarikanya. 
  2. Memiliki tambahan pengetahuan, pengalaman, keterampilan serta kecakapan dibidang kehutanan yang dapat membuatkan pribadinya. 
  3. Memiliki pengetahuan serta keterampilan buat menghadapi segala tantangan hidup pada hutan dengan tetap memperhatikan keamanan serta kelestarian hutan. 
  4. Memiliki disiplin dan tanggungjawab yang lebih mantap buat memelihara kelestarian sumberdaya alam serta lingkungan hidup. 
  5. Mampu menyelenggarakan aktivitas-kegiatanSaka Wanabkti secara positif, berdayaguna serta tepat guna, sesuai dengan talenta dan minatnya sehingga berguna bagi pribadinya, warga , bangsa dan Negara. 
  6. Mampu menyebarluaskan pengetahuan, keterampilan dan kecakapannya kepada Pramuka Siaga serta Pramuka Penggalang dan anggota lainnya.

Saka Wanabakti terdiri berdasarkan 4 Krida, Yaitu:
  1. Krida Tata Wana 
  2. Krida Reksa Wana 
  3. Krida Bina Wana 
  4. Krida Guna Wana


SAKA WIRA KARTIKA


Satuan Karya Pramuka Wira Kartika adalah Saka pada bidang Kewilayahan dan Bela Negara.


Selain Saka-saka yang sudah berlaku secara nasional tadi juga terdapat beberapa Satuan Karya Pramuka yg berlaku secara lokal di Kwartir wilayah atau Kwartir Cabang eksklusif saja.

Dan Tidak menutup kemungkinan ke depannya Saka-saka tersebut pun sanggup berlaku secara nasional bila sudah memenuhi persyaratan yg ditentukan. Logo dari beberapa Saka yg masih bersifat lokal tersebut adalah:

SAKA BINA SOSIAL


Satuan Karya Pramuka Bina Sosial (Kwarda Jawa Tengah) adalah saka pada bidang Kesejahteraan Sosial.

SAKA PANDU WISATA


Satuan Karya Pramuka Pandu Wisata (Kwarda Jawa Tengah) merupakan saka di bidang Kepariwisataan. 

SAKA PUSTAKA


Satuan Karya Pramuka Pustaka (Kwarda Jawa Tengah) pada bidang Kepustakaan.

SAKA TELEMATIKA


Satuan Karya Pramuka Telematika (Kwarda Jawa Barat) di bidang Teknologi serta Informasi.

Itulah beberapa Satuan Karya Pramuka yang terdapat pada Indonesia baik Saka yg bersifat nasional (melalui penetapan Kwarnas Gerakan Pramuka) atau pun Saka yang masih bersifat lokal. Dan tentunya masih masih ada beberapa Satuan Karya Pramuka lokal yang belum aku sertakan di artikel ini.

Semoga Bermanfaat Bagi Kakak-Kakak Semua :'D
Sekian dan Terimakasih...

Kurang serta Lebihnya mohon dimaafkan

Salam Pramuka! ( ^o^)7

Wassalam...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel