PENJELASAN LENGKAP TENTANG DEWAN PENGGALANG




BELAJAR PRAMUKA -PramukaPenggalang merupakan golongan pramuka yg berdasarkan usia selesainya golongansiaga. Di dalam strata pramuka penggalang dikenal menggunakan adanya pasukanpenggalang, dewan penggalang, serta juga dewan kehormatan. Pada artikelsebelumnya telah pernah dijelaskan tentang apa itu Pasukan Penggalang. Nah, padakesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa itu Dewan Penggalang. Berikutini penjelasan selengkapnya.

1. PENGERTIAN DEWAN PENGGALANG

Dewanpenggalang adalah organisasi dalam pasukan penggalang yang beranggotakan parapemimpin regu. Dewan Penggalang dalam pasukan dalam termin awalnya bisa dipimpinterlebih dulu oleh kakak pembina, tetapi apabila adik-saudara termuda sudah dianggap siap danmampu maka kakak pembina wajib menyerahkannya pada para anggota DewanPenggalang. Pemimpin regu yang menjadi anggota Dewan Penggalang melimpahkantugas memimpin regu pada wakil pemimpin regu. Wakil menurut pemimpin regu jugadapat hadir serta diundang dalam kedap-kedap dewan penggalang.

2. KEANGGOTAAN DEWAN PENGGALANG

Berikutini adalah keanggotaan berdasarkan Dewan Penggalang :
ØTerdiriatas pemimpin regu primer, para Pemimpin Regu, Wakil Pemimpin Regu, PembinaPenggalang serta jua para Pembantu Pembina Penggalang.
ØDewanpenggalang dikoordinasikan sang Pembina Pasukan Penggalang.
ØKetuadari Dewan Penggalang adalah Pratama, sedangkan jabatan Penulis dan BendaharaDewan Penggalang secara bergilir dipegang sang para anggota Dewan Penggalang.
ØMasabakti dari Ketua Dewan Penggalang merupakan selama 6 bulan, dan bisa dipilihkembali maksimal sebesar dua kali berturut-turut.

3. TUGAS DAN FUNGSI DEWAN PENGGALANG

Adapuntugas dan fungsi menurut Dewan Penggalang merupakan menjadi berikut :
ØMerencanakan,melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan Pasukan Penggalang sesuai denganarahan berdasarkan Kakak Pembinanya. 
ØMenyelesaikandan membahas problem-persoalan yang menghambat kemajuan pasukan serta jugamembuat planning kerja pasukan.
ØMenerima,mempertimbangkan dan membahas gagasan ataupun usul tiap regu untukmemajukan  pasukan.
ØMengaturwaktu serta tempat latihan rutin dan acara aktivitas pasukan lainnya
ØMembantuanggota Dewa Penggalang supaya menjadi seorang Pramuka yang berwatak danberkecakapan dan berwibawa dalam memimpin regunya.
ØMengurusdan mengatur program aktivitas-aktivitas dalam Pasukan Penggalang. 
ØMengevaluasiprogram kegiatan. 
ØMendukungregu dalam aktivitas mengintegrasikan anggota-anggota baru. 
ØMenyelenggarakanpemilihan Pemimpin Regu serta Wakil Pemimpin Regu. 
ØMerekrutanggota regu baru. 
ØMenyiapkanmateri yg akan dibahas pada Dewan Majelis

4. RAPAT DAN PERTEMUAN DEWAN PENGGALANG

Di dalam Dewan Penggalang jua adadiadakan rapat-kedap serta rendezvous-pertemuan, berikut ini merupakan daftar rapatdan rendezvous yg diadakan :
ØDewanPenggalang adalah forum yang sangat ideal untuk menumbuhkembangkan potensikepemimpinan para Pramuka Penggalang khususnya dalam cara bermusyawarah untukmencapai konsensus atau keputusan beserta.
ØDewanPenggalang melaksanakan kedap minimal 1 bulan sekali. 
ØDalamrapat Dewan penggalang, pembina serta pembantu Pembina bertindak sebagaipenasehat, pengarah,pembimbing serta memiliki hak untuk merogoh keputusanterakhir, dalam hal-hal yg dievaluasi membahayakan siswa. 
ØRapatdan pertemuan Dewan Penggalang antara lain buat menyiapkan materi yang akandibahas pada Dewan Majelis Penggalang. 
ØPertemuanDewan Penggalang bersifat formal (resmi). 
ØUndangandisampaikan seminggu sebelumnya dan masalah yg akan dibicarakan pula diumumkanatau diberitahukan. 
ØPesertayang hadir menggunakan pakaian seragam.
ØTempatditentukan terlebih dahulu.

Itulahpenjelasan singkat tentang Pengertian, keanggotaan, tugas serta fungsi, sertarapat dan rendezvous yg dilakukan sang Dewan Penggalang. Cukup sampai pada sinidulu artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat, Wassalamu’alaikum serta SalamPramuka!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel