PRAMUKA SIAPKAN PENAMPUNGAN EKS PENGIKUT GAFATAR DI CIBUBUR

Pramuka Siapkan Penampungan Eks Pengikut Gafatar pada Cibubur

Ketua Umum Pramuka, Adhyaksa Dault, menegaskan pihaknya siap menaruh rasa aman serta nyaman bagi ratusan pengungsi eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yg akan ditampung pada Taman Wiladatika, Cibubur, Depok, Jawa Barat. Hal itu disampaikannya saat meninjau pribadi lokasi penampungan pada Gelanggang Olah Raga (GOR) Sidomulyo, Wiladatika. “Kami baru dapat instruksi berdasarkan bu Mensos (Menteri Sosial) tadi malam. Akan ada lebih kurang 712 eks Gafatar yg akan ditampung disini,” ujar Adhyaksa, Rabu, 27 Januari 2016.
Menuntun Eks Gafatar Kembali
Adhyaksa mengungkapkan, GOR Sidomulyo ini mampu menampung aporisma 400 orang. Sementara sisanya, direncanakan buat dipisah lokasinya ke Wisma Anggrek serta Jepang pada tempat Taman Wiladatika.
Skenario tambahan yg disiapkan jika tiga loka itu masih dinilai kurang, merupakan memindahkan eks Gafatar ke Bumi Perkemahan Cibubur menggunakan menyediakan mereka tenda.
“Kami jua akan menurunkan tim kesehatan serta psikolog serta menaruh materi-materi kebangsaan. Kita belum tahu yang mereka butuhkan, nanti akan disesuaikan. Disini rencananya selama 4 hari. Soal layak nir layak nisbi, ini kan darurat,” jelas Adhyaksa.
Lebih lanjut mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini berkata, pihaknya beserta Tentara Nasional Indonesia serta Polri siap memberikan rasa kondusif dan nyaman bagi eks Gafatar yg akan ditaruh di kawasan Cibubur ini.
“Biar bagaimanapun mereka (eks Gafatar) merupakan anak bangsa. Kami sangat nir putusan bulat bila rumahnya dibakar. Kalau masalah bisa diselesaikan baik-baik serahkan ke Pemerintah, rakyat jangan anarkis.” pintanya.
Pada kesempatan ini, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0508 Depok, Letkol Inf. Santosa menyampaikan, 712 eks Gafatar yang ditampung di Taman Wiladatika ini dari berdasarkan empat provinsi, yakni Lampung, Jawa Barat, Banten serta DKI Jakarta.
“Keberadaan Tentara Nasional Indonesia dalam rangka membantu Kemensos menyiapkan penampungan eks Gafatar. Informasi awal yg akan ditampung disini kurang lebih 712 eks Gafatar, kemungkinan jumlahnya akan bertambah,” pungkasnya.
Selain membantu menyiapkan fasilitas penampungan, Tentara Nasional Indonesia pula siap menurunkan tim medis dan psikolog buat membantu menghilangkan stress berat anak-anak eks Gafatar, tentang insiden pembakaran tempat tinggal mereka di Mempawah, Kalimantan Barat beberapa waktu lalu.
“Untuk pengamanan, Tentara Nasional Indonesia sekitar 50 personil, Polres Depok sekitar 200 personil dan akan dibantu sang rekan-rekan Pramuka,” ungkap Santosa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel