SEJARAH AWAL MULA BERDIRINYA GOOGLE

Google adalah sebuah perusahaan Amerika Serikat yg paling populer melalui mesin pencarinya yg juga bernama Google.

Perusahaan

Google Inc. (NASDAQ: GOOG) didirikan dalam 7 September 1998 di ruang garasi rumah sahabat mereka di Menlo Park, California. Pada Februari 1999, perusahaan tadi pindah ke kantor pada 165 University Ave., Palo Alto, California sebelum akhirnya pindah ke “Googleplex” dalam akhir tahun tersebut.

Mesin pencari

Google adalah mesin pencari pada Internet yang berbasis pada Amerika Serikat. Google adalah keliru satu mesin pencari paling populer pada web serta mendapat setidaknya 200 juta permintaan pencarian setiap hari melalui situsnya dan situs-situs web kliennya misalnya American Online (AOL). Kantor pusat Google berada (pada “Googleplex”) di Mountain View, California.

Sejarah

Google berawal berdasarkan proyek penelitian 2 mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin pada awal 1996 yg mengembangkan teori bahwa sebuah mesin pencari yg berdasarkan analisis matematika hubungan antara situs-situs web akan menaruh hasil yg lebih baik daripada dengan memakai teknik-teknik pencarian dasar yg digunakan dalam saat itu. Sistem ini pada awalnya dinamakan BackRub karena memakai backlink buat memperkirakan seberapa krusial sebuah situs.

Yakin bahwa halaman menggunakan paling banyak link menuju laman tadi menurut page-laman web relevan lainnya merupakan halaman-laman yang paling relevan, Page dan Brin tetapkan buat mencoba tesis mereka sebagai bagian dari studi mereka – ini sebagai fondasi bagi mesin pencari mereka. Mereka secara resmi membangun perusahaan mereka Google Inc. Pada 7 September 1998.

Google menjadi terkenal di antara pengguna Internet lantaran desainnya yang sederhana serta ‘bersih’ serta output pencariannya yang relevan. Iklan dijual berdasarkan istilah kunci (keyword) sehingga mereka sebagai lebih relevan bagi para pengguna, serta iklan-iklan tadi diharuskan menggunkan teks saja supaya desain halaman tetap rapi dan loading halaman tetap cepat. Konsep penjualan iklan dari istilah kunci diawali sang Overture yang dulunya bernama GoTo.com. Pada ketika kebanyakan perusahaan dotcom lainnya bangkrut, Google secara membisu-membisu semakin memperkuat pengaruhnya serta menerima keuntungan.

Pada September 2001, prosedur pemeringkatan Google (PageRank) diberikan hak paten Amerika. Hak paten tadi diberikan secara resmi pada Leland Stanford University dan mencantumkan nama Lawrence Page menjadi oleh pencipta.

Pada Februari 2003, Google membeli Pyra Labs, pemilik Blogger, sebuah situs web pionir dan pemimpin hosting weblog. Akuisisi ini tampak tidak konsisten menggunakan misi umum Google, namun langkah ini membuat Google dapat menggunakan kabar dari posting-posting blog untuk memperbaiki kecepatan serta relevansi artikel-artikel di Google News.

Pada masa puncak kejayaannya pada awal 2004, Google mengurus hampir 80 % menurut semua permintaan pencarian di Internet melalui situs webnya dan klien-klien misalnya Yahoo!, AOL dan CNN. Share Google turun sejak Yahoo! Melepaskan teknologi pencarian Google dalam Februari 2004 supaya bisa memakai hasil pencarian independen mereka.

Karangan Lain Mengenai Sejarah Google.

Google…

unik namanya, unik sejarahnya

Siapa yang tak kenal menggunakan Google. Bagi seluruh peselancar global cyber niscaya sudah sangat akrab dengan Om Google ini. Google sangat populer dengan mesin pencari di rimba belantara global maya. Yang perlu dilakukan hanyalah mengetik kata sandi yang diinginkan maka Om Google akan melacak serta mencari kabar apapun yang diinginkan.

Google menggunakan 2 “o” pun unik, sebab apabila data output pencarian ditemukan, jumlah “o” akan timbul sebanyak Web yg didapat oleh mesin pencari.

Kata Google berasal menurut istilah Googlo. Kata itu diciptakan sang Milton Sirotta, Ponakan Edward Kasner seorang ahli Matematika berdasarkan Alaihi Salam. Sirotta membuat istilah Googlo buat mengungkapkan angka 1 (satu) yang diikuti 100 nomor 0 (nol), Oleh karena itu penggunaan istilah Google adalah Refleksi berdasarkan istilah Googlo.

Tapi tahukan Anda, Google tak hanya unik menurut berasal katanya. Google pun memiliki latar belakang sejarah yg unik. Google lahir berdasarkan sebuah rendezvous 2 pemuda yg terjadi secara nir sengaja pada tahun 1995 lalu. Larry Page, alumnus Universitas Michigan , yang sedang menikmati kunjungan akhir pekan, tanpa sengaja dipertemukan dengan Sergey Brin, salah seseorang anak didik yang mendapat tugas mengantar keliling Lary.

Dalam rendezvous tanpa sengaja tadi, 2 pendiri Google tersebut seringkali terlibat diskusi panjang. Keduanya mempunyai pendapat dan pandangan yang berbeda sebagai akibatnya acapkali terlibat perdebatan. Tetapi, perbedaan pemikiran mereka justru membuat sebuah pendekatan unik pada menyelesaikan keliru satu tantangan terbesar pada dunia komputer. Yakni, perkara bagaimana memperoleh kembali data berdasarkan set data masif.

Pada Januari 1996, Larry dan Sergey mulai melakukan kerja sama dalam pembuatan search engine yg diberi nama BackRub. Setahun kemudian pendekatan unik mereka mengenai analisis jaringan mengangkat reputasi BackRub. Kabar tentang teknik baru mesin pencari pribadi menyebar ke penjuru kampus.

Larry serta Sergey terus menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1998. Keduanya pula mulai mencari investor buat berbagi kecanggihan teknologi Google.

Gayung pun bersambut. Mereka mendapat suntikan dana berdasarkan teman kampus, Andy Bechtolsheim, yg merupakan pendiri Sun Microsystems. Pertemuana mereka terjadi pada pagi buta pada serambi asrama mahasiswa fakultas Stanford, di Palo Alto. Larry dan Sergey menaruh demo secara singkat lantaran Andy tak memiliki saat yg cukup lama .

Melalui demo itu Andy setuju buat memberikan bantuan dana berupa sebuah cek senilai 100 ribu dolar AS. Sayangnya, cek itu tertulis atas nama perusahaan Google. Padahal saat itu perusahaan bernama Google belum didirikan oleh Sergey dan Larry.

Investasi berdasarkan Andy menjadi sebuah duduk perkara. Larry serta Sergey tidak mungkin menyairkan cek selama belum terdapat forum sah yg bernama perusahaan Google. Lantaran itu, dua pendiri Google ini kembali bekerja keras dalam mencari investasi. Mereka mencari pendana berdasarkan kalangan famili, teman, serta sejawat hingga akhirnya terkumpul dana lebih kurang 1 juta dolar. Dan akhirnya, perusahaan Google pun dapat didirikan pada 7 Septembar 1998 serta dibuka secara resmi di Menlo Park,California.

Misi Google merupakan, “buat mengumpulkan fakta dunia dan menjadikannya bisa diakses secara universal serta berguna.” Filosofi Google meliputi slogan seperti “Don`t be evil”, dan “Kerja harusnya menatang dan tantangan itu harusnya menyenangkan”, mendeskripsikan budaya perusahaan yang kalem.

Saat ini Google merupakan sebuah perusahaan berpredikat nomor satu dalam top 100 perusahaan yg paling diminati pada Amerika, dengan jumlah pegawai sekitar 10 ribu orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel