SEJARAH GERAKAN PRAMUKA INDONESIA TERLENGKAP

Sejarah Pramuka – Pramuka adalah kependekan menurut Praja Muda Karana yg berarti kaum muda yang senang berkarya. Di Indonesia sendiri penggunaan kata “Pramuka” baru resmi digunakan dalam tahun 1961. Akan tetapi gerakan pramuka sejatinya sudah terdapat semenjak jaman penjajahan belanda dengan nama kepanduan. Taukah anda sejarah pramuka pada dunia serta pada Indonesia? Maka simak dari usul pramuka pada bawah ini.
 
                                            Sejarah Pramuka pada Dunia

Istilah pramuka hanya dipakai pada Indonesia sedangkan di global pramuka dianggap Scout.  Gerakan yg jua disebutScouting atau Scout Movement ini bertujuan buat pengembangan para pemuda secara fisik, mental, serta spiritual. Sejarah pramuka di dunia sendiri dimulai dalam 25 Juli 1907 ketika Lord Robert Baden Powell saat itu menjadi Letnan Jendral tentara Inggris buat pertama kalinya mengadakan perkemahan pramuka di pulau Brown Sea, Inggris selama 8 hari. Selanjutnya pada tahun 1908 Baden Powel menulis buku mengenai prinsip dasar kepramukaan “Scouting for Boys” yg merupakan pramuka buat pria.
Pada tahun 1912 menggunakan babtuan adik wanita Baden Powell bernama Agnes maka terbentuklah organisasi pramuka buat wanita dengan sebutan “Girls Guides“. Organisasi kepramukaan wanita ini pun dilanutkan oleh istri Baden Powell.
Selanjutnya di tahun 1916 di dirikanlah gerombolan pramuka siaga dengan nama CUB (anak srigala). Pedoman aktivitas yg dilakukan berdasarkan menurut sebuah kitab yg berjudul  “The Jungle Book” karangan Rudyard Kipling.
Pada tahun 1918 Baden Powell balik membangun Rover Scout, yaitu organisasi pramuka bagi mereka yg sudah berusia 17 tahun. Selang empat tahun lalu yaitu tahun 1922 Powel menerbitkan kitab menerbitkan buku ”Rovering To Succes” kitab ini menggambarkan seorang pemuda yang harus mengayuh sampannya menuju kepantai senang .
Jambore Dunia
Di tahun 1920 merupakan tahun yang sangat berpengaruh dalam sejarah pramuka dimana buat pertama kalinya pada adakan Jambore pada dunia. Selain itu tahun ini jua dibuat Dewan Internasional pramuka yang beranggotakan 9 orang biro serta biro sentra pada London. Biro pramuka putra dunia memiliki lima tempat kerja daerah yaitu Costa Rica, Mesir, Filipina, Swiss, dan Nigeria. Sedangkan buat putri memiliki 5 tempat kerja pusat sekretariat pada London dan biro kantor wilayah pada Amerika Latin, Arab, Asia Pasifik, dan Eropa.
Jambore Dunia ke-I di laksanakan di Olympia Hall, London. Dalam kegiatan tersebut diundang juga peserta berdasarkan 27 Negara dan pada ketika itu Baden Powell  diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World ).
Pelaksanaan Jambore dunia selanjutnya:
§  Tahun 1924 ke II                 pada Ermelunden, Copenhagen, Denmark
§  Tahun 1929 ke III               pada Arrow Park, Birkenhead, Inggris
§  Tahun 1933 ke IV                di Godollo, Budapest, Hongaria
§  Tahun 1937 ke V                 pada Vogelenzang, Blomendaal, Belanda
§  Tahun 1947 ke VI                di Moisson, Prancis
§  Tahun 1951 ke VII               pada Salz Kamergaut, Austria
§  Tahun 1955 ke VIII             di Sutton Park, Sutton coldfild, Inggris
§  Tahun 1959 ke IX                pada Makiling, Philipina
§  Tahun 1963 ke X                 pada Marathon, Yunani
§  Tahun 1967 ke XI                pada Idaho, Amerika Serikat
§  Tahun 1971 ke XII               di Asagiri, Jepang
§  Tahun 1975 ke XIII             di Lillehammer, Norwegia
§  Tahun 1979 ke XIV             di Neishaboor, Iran (namun dibatalkan)
§  Tahun 1983 ke XV              di Kananaskis, Alberta, Kanada
§  Tahun 1987 ke XVI             pada Cataract Scout Park, Australia
§  Tahun 1991 ke XVII            pada Korea Selatan
§  Tahun 1995 ke XVIII          di Belanda
§  Tahun 1999 ke XIX             pada Chili, Amerika Serikat
§  Tahun 2003 ke XX              di Thailand
Sejarah Pramuka di Indonesia

Ternyata gagasan organisasi Boden Powell tadi pada ketika singkat menyebar ke banyak sekali negara termasuk Belanda. Di belanda gerakan pramuka dinamai Padvinder. Pada masa itu Belanda yg menguasai Indonesia pun membawah gagasan itu ke Indonesia. Akhirnya mereka pun mendirikan organisasi tersebut pada Indonesia dengan nama NIPV (Nederland Indische Padvinders Vereeniging = Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda).
Dalam perkembangan pemimpin-pemimpin gerakan nasional membangun organisasi kepanduan dengan tujuan membangun insan Indonesia yang baik dan siap sebagai kader pergerakan nasional. Dalam saat singkat muncul aneka macam organisasi kepanduan antara lain JPO (Javaanse Padvinders Organizatie) JJP (Jong Java Padvindery), NATIPIJ (Nationale Islamitsche Padvindery), SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvindery), HW (Hisbul Wathon).
Kemudian pemerintah Hindia Belanda menaruh larangan penggunaan kata Padvindery.  Maka K.H. Agus Salim mengganti nama Padvindery menjadi Pandu atau Kepanduan dan menjadi cikal bakal pada sejarah pramuka di Indonesia.
Setelah sumpah pemuda pencerahan nasional jua semakin semakin tinggi, maka pada tahun 1930 aneka macam organisasi kepanduan misalnya IPO, PK (Pandu Kesultanan), PPS (Pandu Pemuda Sumatra) bergabung melebur menjadi KBI (Kepanduan Bangsa Indonesia). Pada tahun 1931 dibuat PAPI (Persatuan Antar Pandu Indonesia) kemudian pada tahun 1938 berubah sebagai BPPKI (Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia).
Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia organisasi Kepanduan tidak boleh. Maka banyak dari tokoh Pandu yang beralih serta memilih masuk masuk Keibondan, Seinendan, dan PETA.
Setelah proklamasi kemerdekaan balik dibentuk orgasisasi kepanduan yaitu Pandu Rakyat Indonesia pada tanggal 28 Desember 1945 serta menjadi satu-satunya organisasi kepanduan.
Pada tahun 1961 organisasi kepanduan pada Indonesia terpecah menjadi 100 organisasi kepanduan dan terhimpun pada 3 federasi organisasi yaitu IPINDO (Ikatan Pandu Indonesia) berdiri 13 September 1951, POPPINDO (Persatuan Pandu Puteri Indonesia) tahun 1954 serta PKPI (Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia). Sadar akan kelemahan terpecah-pecah akhirnya ketiga federasi yang menghimpun bergabung sebagai satu dengan nama PERKINDO (Persatuan Kepanduan Indonesia).
Sejarah pramuka di Indonesia di anggap lahir dalam tahun 1961. Hal tadi berdasarkan dalam Keppres RI No. 112 tahun 1961 lepas lima April 1961, mengenai Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka dengan susunan keanggotaan misalnya yg disebutkan Presiden dalam 9 Maret 1961.
Tentunya poly yang bertanya, kenapa peringatan hari Pramuka di peringati dalam 14 Agustus?. Hal tadi dikarenakan dalam tanggal 14 Agustus 1961 merupakan hari dimana Gerakan Pramuka di perkenalkan di seluruh Indonesia, sehingga di tetapkan menjadi hari Pramuka yang pada ikuti dengan pawai besar . Sebelumnya presiden jua sudah melantik Mapinas, Kwarnas, serta Kwarnari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel