SEJARAH DAN ARTI LAMBANG GERAKAN PRAMUKA

Lambang Gerakan Pramuka
Lambang gerakan pramuka adalah pertanda pengenal permanen yang mengkiaskan keinginan setiap anggota Gerakan Pramuka.
 Lambang tersebut diciptakan sang Bapak Soenardjo Admodipura, seorang pembina Pramuka yg aktif bekerja di lingkungan Departemen Pertanian serta lalu digunakan sejak 16 Agustus 1961. Lambang ini ditetapkan menggunakan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 06/KN/72 tahun 1972.
Bentuk dan Arti Kiasan
                Bentuk lambang gerakan pramuka itu merupakan Silhouette tunas kelapa. Arti kiasan lambang gerakan pramuka :
1.buah nyiur pada keadaan tumbuh dinamakan CIKAL, serta istilah “Cikal Bakal” pada Indonesia berarti penduduk orisinil yg pertama, yg menurunkan generasi baru. Jadi lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap anggota Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
2.buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yg bagaimanapun jua. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka adalah seorang yang rohaniah serta jasmaniah sehat, bertenaga, serta giat dan akbar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hayati dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran buat mengabdi dalam tanah air serta bangsa Indonesia.
3.nyiur dapat tumbuh dimana saja, yg mengambarkan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan diri dalam mesy dimana dia berada dan pada keadaan bagaimanapun jua.
4.nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas serta adalah salah satu pohon yg tertinggi pada Indonesia. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka memiliki harapan yang tinggi dan lurus, yakni yang mulia serta jujur, dan dia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.
5.akar nyiur tumbuh kuat serta erat di dalam tanah. Jadi lambang itu mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap pramuka yg berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, sahih, kuat dan konkret ialah tekad serta keyakinan yg digunakan olehnya buat memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.
6.nyiur merupakan pohon yg serba guna berdasarkan ujung atas sampai akarnya. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan negara Republik Indonesia dan pada umat insan.
Penggunaan Lambang
Lambang gerakan pramuka bisa digunakan dalam panji, bendera, papan nama kwartir dan satuan, tanda pengenal administrasi gerakan pramuka. Penggunaan tersebut dimaksudkan sebagai indera pendidikan untuk mengingatkan serta meningkatkan kegiatan gerakan pramuka sesuai dengan kiasan yg terdapat dalam lambang gerakan pramuka tadi.
Gambar lambang gerakan pramuka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel