SEJARAH OLAHRAGA RENANG DI DUNIA

Renang sudah dikenal sejah zaman pra-sejarah. Dari gambar-gambar yang berasal menurut zaman batu diketahui adanya gua-gua bagi para perenang di dekat Wadi Sora sebelah barat daya Mesir. Di Jepang, renang merupakan kemampuan yg harus dimiliki sang para samurai. Sejarah mencatat, pertandingan renang pertama diselenggarakan oleh Kaisar Suigui pada 36 sebelum Masehi.

Pertandingan renang yang memperebutkan gelar juara telah dimulai di Eropa lebih kurang tahun 1800 serta sebagian akbar menggunakan gaya dada. Renang gaya bebas pertama kali dikenalkan oleh Arthur Trudgen. Gaya ini lalu mulai dikombinasikan menggunakan gaya kaki yg menendang sang Richard Cavill dalam 1902. Di abad pertengahan, renang termasuk pada tujuh kemahiran yang wajib dimiliki sang para ksatria termasuk berenang menggunakan membawa senjata.

Olahraga renang pertama kali dipertandingkan dalam Olimpiade terbaru 1896 pada Athena, Yunani. Pada Olimpiade ini, hanya empat nomor yg dipertandingkan dari planning semula enam angka. Masing-masing merupakan nomor 100 meter, 500 meter, 1.200 meter, angka bebas, dan 100 meter bagi para pelaut. Olimpiade kedua diselenggarakan pada Paris, Prancis dalam 1900 dan mempertandingkan nomor 200 m, 1.000 m, 4.000 m, nomor bebas, 200 m gaya dada, serta 200 m angka beregu.
Persatuan Renang Internasional (Federation Internationale De Natation De Amateur/FINA) dibentuk tahun 1908 semula tetapkan, gaya kupu-kupu adalah variasi gaya dada. Gaya ini baru menjadi gaya terpisah di tahun 1952. Wanita baru diperkenankan ikut pertandingan renang pada Olimpiade 1912 pada Stockholm, Belanda.

Gaya bebas, yg kemudian disebut the trudgen, diperkenalkan dalam tahun 1973 sang John Arthur Trudgen, menirunya berdasarkan Orang Amerika asli. Renang menjadi bagian dari pertandingan Olympiade terbaru yang pertama tahun 1896 pada Atena. Pada tahun 1902 the trudgen diperbaharui sang Richard Cavill, memakai sentakan mengibas. Pada tahun 1908, asosiasi renang sedunia, Federasi Renang Amatir International (FINA/ Federation Internationale de Natation de Amateur) dibentuk. Gaya kupu-kupu pertama kali adalah variasi menurut gaya dada, sampai akhirnya beliau diterima sebagai gaya yg terpisah dalam tahun 1952.

Era Olimpiade terbaru setelah tahun 1896

Pertandingan Olimpiade dilangsungkan dalam tahun 1896 di Athena. Kompetisi khusus kaum laki-laki (lihat pula renang dalam olimpiade musim panas 1896). Enam pertandingan sudah direncanakan, namun hanya empat yang benar -benar diselenggarakan: 100 m, 500 m, dan 1200 m gaya bebas dan 100 m buat pelaut. Medali emas pertama dimenangkan sang Alfred Hajos menurut Hungaria menggunakan catatan ketika 1:22.20 buat 100 m gaya bebas.

Hajos jua memenangkan pertandingan 1200 m, dan nir bisa memenangkannya dalam 500 m, dimana dimenangkan oleh Paul Neumann menurut Australia. Kompetisi renang lainnya berdasarkan 100 m buat para pelaut termasuk 3 pelaut Yunani pada Teluk Zea dekat Piraeus, dimulai dengan bahtera dayung. Pemenangnya merupakan Ioannis Malokinis dengan catatan ketika 2 mnt dan 20 dtk. Perlombaan 1500 m juga diadakan.

Pada tahun 1897 Kapten Henry Sheffield menciptakan kaleng penyelamat atau silinder penyelamat, yang kini dikenal sebagai alat bantu penyelamat pada Baywatch. Bagian ujungnya membuatnya meluncur lebih cepat dipermukaan air, meskipun itu dapat menyebabkan cidera. Pertandingan Olimpiade ke 2 dilaksanakan pada Paris tahun 1900 menampilkan 200 m, 1000 m, serta 4000 m gaya bebas, 200 m gaya punggung, dan 200 m perlombaan beregu (lihat pula Renang dalam Olimpiade ekspresi dominan panas tahun 1900).

Ada 2 tambahan pertandingan renang yang nir biasa (meskipun cukup generik dalam ketika itu), kendala pelaksanaan renang di sungai Seine (berenang bersama arus), dan perlombaan renang didalam air. 4000 m gaya apa saja dimenangkan oleh John Arthur Jarvis dengan catatan ketika dibawah satu jam, perlombangan renang Olimpiade terpanjang yg pernah diadakan. Gaya punggung pula diperkenalkan pada pertandingan Olimpiade pada Paris, demikian jua halnya menggunakan polo air. Klub Renang Osborne menurut Manchester mengalahkan team klub berdasarkan Belgia, Perancis serta Jerman menggunakan sangat gampang.

Gaya Trudgen dikembangkan sang pengajar renang dan perenang Australia keturunan Inggris bernama Richard (Fred, Frederick) Cabill. Seperti Trudgen, beliau memperhatikan penduduk orisinil menurut kepulauan Solomon, memakai gaya bebas. Tetapi berbeda menggunakan Trudgen, dia melihat tendangan mengibas, serta mempelajarinya dengan akurat. Dia memakai sentakan mengibas yg baru ini menurut pada gaya dada atau tendangan menggunting berdasarkan Trudgen.

Dia memakai gerakan ini pada tahun 1902 pada Kejuaraan Internasional di Inggris buat menciptakan rekor dunia yang baru menggunakan berenang di luar gaya yang dilakukan sang seluruh perenang Trudgen pada 100 yard dengan catatan ketika 0:58.4 (beberapa asal mengatakan bahwa itu merupakan anaknya dalam catatan saat 0:58.8). Beliau mengajarkan gaya ini kepada keenam anaknya, masing-masing nantinya sebagai perenang kejuaraan.

Teknik sebagai dikenal menjadi gaya bebas Australia hingga tahun 1950, ketika dia diperpendek menjadi gaya bebas saja, secara teknik dikenal menjadi front crawl. Olimpiade tahun 1904 pada St. Louis mencakup perlombaan 50 yard, 100 yard, 220 yard, 440 yard, 880 yard serta satu mil gaya bebas, 100 yard gaya punggung dan 440 yard gaya dada, serta 4*50 yard gaya bebas beranting (lihat jua renang olimpiade musim panas tahun 1904).

Perlombaan ini membedakan antara gaya dada menggunakan gaya bebas, sebagai akibatnya sekarang terdapat 2 gaya yang ditetapkan (gaya dada serta gaya punggung) serta gaya bebas, dimana sebagian akbar orang berenang menggunakan gaya Trudgen. Perlombaan ini juga menggambarkan kompetisi buat lompat jauh, dimana jarak tanpa berenang, selesainya melompat kedalam kolam renang diukur.

Pada tahun 1907 perenang Annette Kellerman berdasarkan Australia mengunjungi Amerika Serikat sebagai "penari balet dalam air", versi lain berdasarkan penyelarasan renang, menyelam kedalam tangki gelas. Dia ditangkap karena mempertontonkan hal yg tidak sopan, dimana baju renangnya menampakkan lengan, kaki serta leher.

Kellerman merubah baju renangnya sebagai berlengan panjang, celana yg lebih panjang, serta kerah, namun permanen mempertahankan sandang ketatnya yg menampakkan bentuk tubuh pada bawahnya. Dia kemudian membintangi beberapa film, salah satunya mengenai kehidupan pribadinya. Pada tahun 1908, asosiasi renang dunia Federasi Renang Amatir Internasional (FINA/Federation Internationale de Natation de Amateur) dibentuk.

Seiring dengan perkembangan olahraga renang, renang semakin popular. Penggemar renang semakin bertambah. Bahkan, seringkali anak-anak diajarkan renang pada usia sangat dini.

Referensi :
//map-bms.wikipedia.org/wiki/Renang
//falcon5887.multiply.com/journal/item/dua

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel