TUGAS POKOK TUJUAN DAN FUNGSI GERAKAN PRAMUKA TERLENGKAP

BELAJAR PRAMUKA -Gerakan Pramuka adalah keliru satu organisasi nasional Indonesia, misalnya yang kita ketahui bahwa setiap organisasi, baik itu organisasi besar juga organisasi kecil pasti memiliki tugas pokok, tujuan, serta fungsi. Begitu jua halnya menggunakan organisasi Gerakan Pramuka di Indonesia, organisasi besar ini memiliki tugas utama, tujuan, serta fungsi tersendiri.

Nah, buat itu dalam kesempatan kali ini iky akan menjelaskan tentang Tugas Pokok, Tujuan, dan Fungsi menurut Gerakan Pramuka. Sebelum itu perlu diketahui pula bahwa Tugas, Tujuan, serta Fungsi dari Gerakan Pramuka itu sendiri sebenarnya memang sudah dijelaskan pada UU No.12 Tahun 2010 mengenai Gerakan Pramuka maupun pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
Oke deh, tidak perlu berlama-lama lagi, mari simak penerangan berikut ini ya kak!

1 TUGAS POKOK GERAKAN PRAMUKA

Adapun tugas pokok berdasarkan Gerakan Pramuka merupakan buat melaksanakan pendidikan bagi kaum muda pada lingkungan luar sekolah. Pendidikan ini buat melengkapi pendidikan pada lingkungan famili dan jua lingkungan sekolah. Pendidikan ini dimaksudkan buat mencapai tujuan menurut Gerakan Pramuka.

2 TUJUAN GERAKAN PRAMUKA

Tujuan berdasarkan Gerakan Pramuka adalah buat membentuk setiap Pramuka agar bisa menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa, mempunyai ahklak yang mulia, memiliki jiwa yang patriotic, taat akan aturan, dan disiplin.  Selain itu juga buat sebagai pribadi yg menjujung tinggi nilai keluhuran bangsa Indonesia, dan mempunyai serta menguasai kecakapan hidup. Dengan itu seluruh diharapkan menjadi kader-kader bangsa yang mampu menjaga serta mebangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, sekaligus mengamalkan Pancasila, dan melestarikan lingkungan hayati.


Pencapaian tujuan-tujuan tadi diharapkan berhasil buat menciptakan kader bangsa sekaligus kader pembangunan di Indonesia yang mempunyai kepribadian. Kepribadian tadi antara lain adalah beriman serta bertaqwa serta berwawasan ilmu pengetahuan serta pula teknologi. Di samping sikap-sikap tadi akan menjadikan insan yang berkepribadian Indonesia, yg percaya pada kemampuan sendiri, sanggup dan mampu untuk membangun dirinya sendiri serta beserta-sama bertanggung jawab atas pembangunan warga , bangsa serta Negara.

3 FUNGSI GERAKAN PRAMUKA

Fungsi dari gerakan Pramuka merupakan sebagai penyelenggara pendidikan nonformal diluar sekolah dan diluar keluarga. Pendidikan tersebut sebagai wadah pembinaan serta juga pengembangan kaum muda menggunakan karakteristik spesifik. Ciri-ciri spesifik tadi adalah penerapan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan serta sistem Among pada pendidikan yang dilakukan gerakan Pramuka.
Selain menjadi penyelenggara pendidikan yang nonformal, gerakan pramuka pula berfungsi sebagai wadah buat mencapai tujuan Gerakan Pramuka. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut dilakukan banyak sekali bisnis yg mencakup :
1.pendidikan dan Pelatihan Pramuka
2.pengembangan Pramuka
3.pengabdian Masyarakat serta Orang Tua
4.permainan Yang Berorientasi dalam pendidikan

Nah, itulah penerangan terlengkap tentang Tugas Pokok, Tujuan, Dan Fungsi menurut Gerakan Pramuka. Semoga dapat menambah pengetahuan kakak-kakak semua tentang Gerakan Pramuka, ingat buat meninggalkan komentar dan share artikel ini ya kak! Cukup sekian artikel kali ini, wassalamu’alaikum serta salam pramuka!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel