SEJARAH SINGKAT PRAMUKA DI DUNIA TERLENGKAP

BELAJAR PRAMUKA -Padaartikel kali ini, iky akan membahas mengenai Sejarah Kepramukaan Di Dunia secaralengkap, ayo disimak dengan akurat serta semoga dapat bermanfaat!

Sejarah Kepramukaan pada Dunia tidakbisa kita lepaskan berdasarkan peranan krusial seorang Baden Powell. Dia adalahseorang Tentara Inggris yg lahir pada London, Inggris pada tanggal 22Februari tahun 1857 ini lah yg menggagas kegiatan yang dalam sejarah kemudianterkenal dengan sebutan kepramukaan atau scouting. Sejarah mencatat bahwabuku Aids to Scouting (1899) yang berisikan pengalaman Baden Powellpada masanya pada ketentaraan itu menarik minat, serta jua poly dibaca, tidakhanya sang kalangan militer saja melainkan oleh para pengajar dan organisasi-organisasipemuda.

Minat menurut masyarakatterhadap kitab  Aids to Scouting yg tinggi ini menciptakan William Alexander Smith(Pimpinan Boys Brigade Inggris) meminta Baden Powell buat melatih 22 pemuda.oleh Baden Powell, ke-22 pemuda ini diajak buat berkemah di pulauBrownsea selama 8 hari dalam tanggal 25 Juli sampai dua Agustus 1907. Tercatat dalamsejarah, perkemahan tadi sudah menginspirasi Baden Powell buat menulisbuku 'Scouting for Boys' (1908). Selain diilhami buku-bukunya yangterdahulu, kitab ini juga menerima masukan serta dukungan dari FrederickRussell Burnham (Chief of Scouts in British Africa),  Ernest ThompsonSeton dari Woodcraft Indians (Amerika), dan William AlexanderSmith dari Boys Brigade.
Dan seperti yang terjadisebelum-sebelumnya, kitab ini sebagai laris anggun, bahkan di seantero dunia.buku Scouting for Boys sebagai rujukan serta pedoman penyelenggaraankegiatan serupa pada semua global. Kegiatan-aktivitas tadi yang lalu kitakenal dengan sebutan kepramukaan atau scouting. Kemah di pulau Brownsea danbuku 'Scouting for Boys' ini dipercaya sebagai tonggak awal sejarahkepramukaan di dunia.

Sejarah jua mencatat bahwabuku “Scouting for Boys” tersebar luas pada Inggris serta negara-negara lain. Bukuinilah yg menginspirasi berdirinya organisasi kepramukaan di Inggris serta sekitarnya.sehingga mulai bermunculan kegiatan-aktivitas buat para pemuda denganmenerapkan pandangan baru-wangsit Baden Powell. Perlu diketahui pula bahwa semula kepramukaanhanya ditujukan bagi anak pria berusia 11 sampai 18 tahun dengannama Boys Scout.

Namun pada tahun 1912 atasbantuan adik perempuan Baden Powell, Agnes berinisiatif mendirikan organisasikepramukaan buat perempuan dengan nama Girl Guides. Organisasi ini kemudianditeruskan sang istri Baden Powell.

Kemudian dalam tahun 1916berdiri grup pramuka buat usia siaga dengan nama Cub (anakserigala) dengan kitab  The Jungle Book karangan Rudyard Kiplingsebagai panduan buat kegiatannya. Buku ini bercerita tentang Mowgli si anakrimba yang dipelihara pada hutan sang oleh induk serigala.

Tahun 1918 Baden Powell pun membangun"Rover Scout" bagi mereka yang sudah menginjak usia 17 tahun. Kemudiandi tahun 1922 dia menerbitkan kitab  Rovering To Success (MengembaraMenuju Bahagia). Buku ini menceritakan seorang pemuda yang wajib mengayuhsampannya buat menuju ke pantai senang .

Pada tahun 1920diselenggarakan Jambore Dunia buat pertama kali di Olympia Hall, London.beliau mengundang pramuka menurut 27 Negara serta dalam saat itu Baden Powelldiangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World).  

Tahun 1914 Baden Powellmenulis petunjuk untuk kursus Pembina Pramuka dan baru bisa terealisasi padatahun 1919. Dari sahabatnya yang bernama W.F. De Bois Maclarren, beliaumendapatkan sebidang tanah pada Chingford yg lalu dipakai sebagai tempatpendidikan Pembina Pramuka dengan nama Gilwell Park.

Tahun 1920 dibentuklah WOSM atau WorldOrganization of the Scout Movement(Organisasi Gerakan Pramuka Sedunia).sekretariat (kantor sentra WOSM) dianggap menggunakan World Scout Bureau (Biro PramukaDunia). Biro Pramuka Dunia pertama kali berlokasi pada London, Inggris. Padatahun 1958 dipindah ke Ottawa Kanada dan tahun 1968 dipindahkan lagi ke Geneva,Swiss.

World Scout Bureau sendiridipimpin sang seseorang Sekretaris Jenderal Biro Pramuka Dunia. Saat iniSekretaris jenderal WOSM dijabat sang Scott Teare. 

Biro Kepramukaan seduniamemiliki lima tempat kerja kawasan yaitu terletak pada Kawasan Afrika, bermarkas di Nairobi,Kenya; Kawasan Arab, berkantor pada Kairo, Mesir; Kawasan Asia Pasifik, berkantordi Manila, Filipina; Kawan Eurasia, bermarkas Kiev, Ukraina; Kawasan Eropa,bermarkas pada Jenewa Swiss; serta Kawasan Inter-Amerika, berkantor pada Panama City,Panama.

Negara Indonesia bergabungmenjadi anggota WOSM sejak tahun 1953. Selain WOSM, pada global pula terdapatbeberapa organisasi kepramukaan lainnya misalnya WAGGGS (World Association ofGirl Guides and Girl Scouts atau Asosiasi Kepanduan Putri Sedunia).


Itulah sejarah KepramukaanDi Dunia Terlengkap yang telah iky rangkum menjadi sebuah artikel, smeogaartikel ini dapat berguna dan menambah wawasan saudara tertua-kakak seluruh, janganlupa buat share artikel ini dan tinggalkan komentar jika ada pertanyaanataupun kritikan, relatif sekian wassalamu’alaikum serta Salam Pramuka!
Follow Instagram admin : @cara-pramuka.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel