KISIKISI UJIAN TULIS NASIONAL UTN PLPG 2019
Saturday, February 9, 2019
Edit
MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA
TINGKATSMP DAN SMA
NO
 KOMPETENSI UTAMA
 MATERI
 INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
 1
 PEDAGOGIK
 Karakteristik perkembangan sosial-emosional siswa.
 Mengidentifikasikan ciri perkembangan sosial-emosional
peserta didik.
 Kesulitan belajar yg dialami sang peserta didik
 Menganalisis kesulitan belajar yang dialami sang peserta didik
 Pendekatan, strategi, metode, serta teknik pembelajaran yag mendidik pada pembelajaran bahasa.
 Menerapkan aneka macam pendekatan, taktik, metode, dan teknik pembelajaran yag mendidik pada pembelajaran bahasa.
 Langkah-langkah pembelajaran yg sinkron dengan tujuan pembelajaran
 Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yg sinkron menggunakan tujuan pembelajaran
 Materi pembelajaran yang sinkron dengan KI-KD
 menentukan materi pembelajaran yang sesuai menggunakan KI-KD
 Rancangan pembelajaran yg lengkap, baik buat kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
 Merancang pembelajaran yg lengkap, baik buat kegiatan pada pada kelas, laboratorium, juga lapangan.
 Pelaksanaan pembelajaran yg mendidik pada kelas, pada laboratorium, serta pada lapangan dengan memperhatikan baku keamanan yg dipersyaratkan.
 Mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran yang mendidik pada kelas, pada laboratorium, dan pada lapangan dengan memperhatikan baku keamanan yang dipersyaratkan.
 Media pembelajaran serta sumber belajar yg relevan menggunakan ciri peserta didik serta mata pelajaran yang diampu
 Memanfaatkan media pembelajaran dan asal belajar yg relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk
mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
 TIK pada pembelajaran
 Memanfaatkan TIK pada pembelajaran
 Model pembelajaran buat mendorong peserta didik mencapai prestasi optimal
 Menentukan contoh pembelajaran buat mendorong siswa mencapai prestasi optimal
 Komunikasi secara efektif
 Melakukan komunikasi secara efektif
 Aspek penilaian keterampilan
 Mengidentifikasi aspek evaluasi keterampilan
 Instrumen penilaian
 Menyusun instrumen penilaian
 Pencapaian kompetensi
 Menentukan pencapaian kompetensi
 Ketercapaian KKM
 Menganalisis ketercapaian KKM
 Program remedial berdasarkan hasil penilaian
 Merancang acara remedial menurut output penilaian
 Tujuan dan sasaran pembelajaran reflektif
 Menjelaskan tujuan dan sasaran pembelajaran reflektif
 Desain penelitian tindakan kelas buat peningkatan
Keprofesionalan
 membuat desain penelitian tindakan kelas untuk peningkatan
keprofesionalan.
 2
 PROFESIONAL
 Konsep, teori, dan materi genre struktural yang terkait
Dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa
 Menjelaskan konsep, teori, serta materi aliran struktural yg terkait menggunakan pengembangan materi pembelajaran bahasa.
 Materi pembelajaran bahasa berdasarkan aliran fungsional.
 Pengembangan materi pembelajaran bahasa dari aliran fungsional.
 Konsep hakikat bahasa
 Menjelaskan konsep hakikat bahasa.
 Jenis-jenis pemerolehan bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, serta pragmatik).
 Mengidentifikasi jenis-jenis pemerolehan bahasa (fonologi, morfologi,
sintaksis, dan pragmatik).
 Kedudukan bahasa Indonesia
 Menjelaskan kedudukan bahasa Indonesia
 Fungsi Bahasa Indonesia
 Menjelaskan fungsi Bahasa Indonesia
 Ragam Bahasa Indonesia
 Mengidentifikasi ragam Bahasa Indonesia
 Prinsip serta mekanisme berbahasa secara verbal (berbicara dan menyimak) dan tertulis (membaca serta menulis)
 Mengaplikasi prinsip serta mekanisme berbahasa secara mulut (berbicara
dan menyimak) dan tertulis (membaca dan menulis)
 Prinsip dan mekanisme berbahasa secara deskrit: menyimak, berbicara, membaca, menulis
 Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara deskrit: menyimak, berbicara, membaca, menulis
 Prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis
 Mengaplikasikan prinsip dan mekanisme berbahasa secara integratif:
menyimak, berbicara, membaca, menulis
 Prinsip dan prosedur berbahasa menurut konteks (akademis, formal, vokasional)
 Mengaplikasikan prinsip serta mekanisme berbahasa dari konteks (akademis, formal, vokasional)
 Prinsip serta mekanisme berbahasa secara lisan
Produktif. Berbicara (monolog: bercerita, pidato, ceramah, khotbah dan
Dialog: wawancara, diskusi, debat, percakapan, drama)
 Mengaplikasikan prinsip dan mekanisme berbahasa secara lisan
produktif. Berbicara (monolog: bercerita, pidato, ceramah, khotbah dan
dialog: wawancara, diskusi, debat, percakapan, drama)
 Prinsip serta mekanisme berbahasa secara lisan
Reseptif. Menyimak reseptif serta kritis (monolog: bercerita, pidato, ceramah,
Khotbah serta dialog: wawancara, diskusi, debat, dialog, drama)
 Mengaplikasikan prinsip dan mekanisme berbahasa secara lisan
reseptif. Menyimak reseptif dan kritis (monolog: bercerita, pidato, ceramah,
khotbah serta dialog: wawancara, diskusi, debat, dialog, drama)
 Prinsip serta prosedur berbahasa secara tertulis
Produktif. Menulis: fiksi (pantun, puisi, cerpen, dongeng, novel, drama)
Dan nonfiksi (catatan harian, iklan, surat, memo, pengumuman, laporan, esai,
Artikel, karya ilmiah). Jenis-jenis karangan: pelukisan, narasi, persuasi, argumrntasi, eksposisi
 Mengaplikasikan prinsip serta prosedur berbahasa secara tertulis
produktif. Menulis: fiksi (pantun, puisi, cerpen, dongeng, novel, drama)
dan nonfiksi (catatan harian, iklan, surat, memo, pengumuman, laporan, esai,
artikel, karya ilmiah). Jenis-jenis karangan: pelukisan, narasi, persuasi, argumentasi, eksposisi)
 Prinsip serta prosedur berbahasa secara tertulis
Reseptif. Membaca (teknik: membaca cepat, membaca memindai, membaca
Sekilas, membaca nyaring. Jenis: membaca intensif, ekstensif, kritis,
Bahasa=mencari kosa kata dan kalimat-kalimat tidak sinkron, ejaan)
 Mengaplikasikan prinsip serta prosedur berbahasa secara tertulis
reseptif. Membaca (Teknik: membaca cepat, membaca memindai, membaca
sekilas, membaca nyaring. Jenis: membaca intensif, ekstensif, kritis,
bahasa=mencari kosa kata dan kalimat-kalimat sumbang, ejaan)
 Kaidah bahasa Indonesia (fonologi= ejaan dan
Lafal, morfologi =rapikan bentukan, istilah, akronim, singkatan, makna istilah,
Hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon,
Meronim, denotasi, konotasi, majas=metafora, simile..) Sebagai rujukan
 Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia (fonologi= ejaan dan
lafal, morfologi =rapikan bentukan, istilah, akronim, singkatan, makna istilah,
hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon,
meronim, denotasi, konotasi, majas=metafora, simile..) menjadi rujukan
 Kaidah bahasa Indonesia (kaidah ejaan pada menulis; Kaidah lafal dalam berbicara; kaidah kalimat= kalimat beragam, paragraf;
Kaidah bentukan: fonologi= ejaan dan lafal, morfologi =tata bentukan, kata,
Akronim, singkatan, makna kata, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, meronim, denotasi, konotasi
 Menerapkan kaidah bahasa Indonesia (kaidah ejaan pada menulis;
kaidah lafal dalam berbicara; kaidah kalimat= kalimat beragam, paragraf;
kaidah bentukan: fonologi= ejaan dan lafal, morfologi =rapikan bentukan, istilah, akronim, singkatan, makna istilah, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, meronim, denotasi, konotasi
 Teori dan aliran puisi Indonesia (puisi lama : pantun, gurindam, syair; puisi baru: stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih,
Kaba Minangkabau).
 teori dan aliran puisi Indonesia (puisi usang: pantun, gurindam, syair; puisi baru: stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih,
Kaba Minangkabau).
 Teori serta aliran prosa Indonesia (prosa usang: hikayat, Dongeng; prosa baru: roman, novel, cerpen)
 Menjelaskan teori dan aliran prosa Indonesia (prosa usang: hikayat,
dongeng; prosa baru: roman, novel, cerpen)
 Apresiasi puisi Indonesia (puisi lama : pantun, gurindam, syair;
Puisi baru:stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih, Kaba
Minangkabau). Tahapan/taksonomi apresiasi: menerima, menggemari,
Memahami, menghayati, menggumuli, menanggapi, mengevaluasi/menilai
 Mengapresiasi puisi Indonesia (puisi lama : pantun, gurindam, syair;
puisi baru:stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih, Kaba
Minangkabau). Tahapan/taksonomi apresiasi: menerima, menggemari,
memahami, menghayati, menggumuli, menanggapi, mengevaluasi/menilai
 Puisi Indonesia (puisi lama : pantun, gurindam, syair; puisi
Baru:stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih, Kaba Minangkabau).
 Menulis puisi Indonesia (puisi lama : pantun, gurindam, syair; puisi
baru:stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih, Kaba Minangkabau).
 Apresiasi prosa Indonesia (prosa lama : hikayat,
Dongeng; prosa baru: roman, novel, cerpen)
 Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa lama : hikayat,
dongeng; prosa baru: roman, novel, cerpen)
 Prosa Indonesia ( prosa usang: hikayat, dongeng; prosa baru:
Roman, novel, cerpen)
 Menulis prosa Indonesia ( prosa usang: hikayat, dongeng; prosa baru:
roman, novel, cerpen)
 Apresiasi teks drama Indonesia
 Mengapresiasi teks drama Indonesia
 Naskah drama sederhana Indonesia
 Mementaskan naskah drama sederhana Indonesia
 Kritik sastra Indonesia (puisi, prosa serta drama)
 Membuat kritik sastra Indonesia (puisi, prosa serta drama)
 Indikator dan atau tujuan mata pembelajaran bahasa
 Merumuskan indikator dan atau tujuan mata pembelajaran bahasa
 Materi pembelajaran yang sinkron dengan KI-KD
 Menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD
 Masalah dalam pembelajaran bahasa
 Merumuskan kasus dalam pembelajaran bahasa
 Jaringan komunikasi on-line buat mendukung
Komunitas profesi menjadi penunjang PKB
 Memanfaatkan jaringan komunikasi on-line buat mendukung
komunitas profesi sebagai penunjang PKB