KISIKISI UJIAN TULIS NASIONAL UTN PLPG 2019



MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA

TINGKATSMP DAN SMA

NO
KOMPETENSI UTAMA
MATERI
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
PEDAGOGIK
Karakteristik perkembangan sosial-emosional siswa.
Mengidentifikasikan ciri perkembangan sosial-emosional
peserta didik.
Kesulitan belajar yg dialami sang peserta didik
Menganalisis kesulitan belajar yang dialami sang peserta didik
Pendekatan, strategi, metode, serta teknik pembelajaran yag mendidik pada pembelajaran bahasa.
Menerapkan aneka macam pendekatan, taktik, metode, dan teknik pembelajaran yag mendidik pada pembelajaran bahasa.
Langkah-langkah pembelajaran yg sinkron dengan tujuan pembelajaran
Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yg sinkron menggunakan tujuan pembelajaran
Materi pembelajaran yang sinkron dengan KI-KD
menentukan materi pembelajaran yang sesuai menggunakan KI-KD
Rancangan pembelajaran yg lengkap, baik buat kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
Merancang pembelajaran yg lengkap, baik buat kegiatan pada pada kelas, laboratorium, juga lapangan.
Pelaksanaan pembelajaran yg mendidik pada kelas, pada laboratorium, serta pada lapangan dengan memperhatikan baku keamanan yg dipersyaratkan.
Mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran yang mendidik pada kelas, pada laboratorium, dan pada lapangan dengan memperhatikan baku keamanan yang dipersyaratkan.
Media pembelajaran serta sumber belajar yg relevan menggunakan ciri peserta didik serta mata pelajaran yang diampu
Memanfaatkan media pembelajaran dan asal belajar yg relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk
mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
TIK pada pembelajaran
Memanfaatkan TIK pada pembelajaran
Model pembelajaran buat mendorong peserta didik mencapai prestasi optimal
Menentukan contoh pembelajaran buat mendorong siswa mencapai prestasi optimal
Komunikasi secara efektif
Melakukan komunikasi secara efektif
Aspek penilaian keterampilan
Mengidentifikasi aspek evaluasi keterampilan
Instrumen penilaian
Menyusun instrumen penilaian
Pencapaian kompetensi
Menentukan pencapaian kompetensi
Ketercapaian KKM
Menganalisis ketercapaian KKM
Program remedial berdasarkan hasil penilaian
Merancang acara remedial menurut output penilaian
Tujuan dan sasaran pembelajaran reflektif
Menjelaskan tujuan dan sasaran pembelajaran reflektif
Desain penelitian tindakan kelas buat peningkatan
Keprofesionalan
membuat desain penelitian tindakan kelas untuk peningkatan
keprofesionalan.
2
PROFESIONAL
Konsep, teori, dan materi genre struktural yang terkait
Dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa
Menjelaskan konsep, teori, serta materi aliran struktural yg terkait menggunakan pengembangan materi pembelajaran bahasa.
Materi pembelajaran bahasa berdasarkan aliran fungsional.
Pengembangan materi pembelajaran bahasa dari aliran fungsional.
Konsep hakikat bahasa
Menjelaskan konsep hakikat bahasa.
Jenis-jenis pemerolehan bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, serta pragmatik).
Mengidentifikasi jenis-jenis pemerolehan bahasa (fonologi, morfologi,
sintaksis, dan pragmatik).
Kedudukan bahasa Indonesia
Menjelaskan kedudukan bahasa Indonesia
Fungsi Bahasa Indonesia
Menjelaskan fungsi Bahasa Indonesia
Ragam Bahasa Indonesia
Mengidentifikasi ragam Bahasa Indonesia
Prinsip serta mekanisme berbahasa secara verbal (berbicara dan menyimak) dan tertulis (membaca serta menulis)
Mengaplikasi prinsip serta mekanisme berbahasa secara mulut (berbicara
dan menyimak) dan tertulis (membaca dan menulis)
Prinsip dan mekanisme berbahasa secara deskrit: menyimak, berbicara, membaca, menulis
Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara deskrit: menyimak, berbicara, membaca, menulis
Prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis
Mengaplikasikan prinsip dan mekanisme berbahasa secara integratif:
menyimak, berbicara, membaca, menulis
Prinsip dan prosedur berbahasa menurut konteks (akademis, formal, vokasional)
Mengaplikasikan prinsip serta mekanisme berbahasa dari konteks (akademis, formal, vokasional)
Prinsip serta mekanisme berbahasa secara lisan
Produktif. Berbicara (monolog: bercerita, pidato, ceramah, khotbah dan
Dialog: wawancara, diskusi, debat, percakapan, drama)
Mengaplikasikan prinsip dan mekanisme berbahasa secara lisan
produktif. Berbicara (monolog: bercerita, pidato, ceramah, khotbah dan
dialog: wawancara, diskusi, debat, percakapan, drama)
Prinsip serta mekanisme berbahasa secara lisan
Reseptif. Menyimak reseptif serta kritis (monolog: bercerita, pidato, ceramah,
Khotbah serta dialog: wawancara, diskusi, debat, dialog, drama)
Mengaplikasikan prinsip dan mekanisme berbahasa secara lisan
reseptif. Menyimak reseptif dan kritis (monolog: bercerita, pidato, ceramah,
khotbah serta dialog: wawancara, diskusi, debat, dialog, drama)
Prinsip serta prosedur berbahasa secara tertulis
Produktif. Menulis: fiksi (pantun, puisi, cerpen, dongeng, novel, drama)
Dan nonfiksi (catatan harian, iklan, surat, memo, pengumuman, laporan, esai,
Artikel, karya ilmiah). Jenis-jenis karangan: pelukisan, narasi, persuasi, argumrntasi, eksposisi
Mengaplikasikan prinsip serta prosedur berbahasa secara tertulis
produktif. Menulis: fiksi (pantun, puisi, cerpen, dongeng, novel, drama)
dan nonfiksi (catatan harian, iklan, surat, memo, pengumuman, laporan, esai,
artikel, karya ilmiah). Jenis-jenis karangan: pelukisan, narasi, persuasi, argumentasi, eksposisi)
Prinsip serta prosedur berbahasa secara tertulis
Reseptif. Membaca (teknik: membaca cepat, membaca memindai, membaca
Sekilas, membaca nyaring. Jenis: membaca intensif, ekstensif, kritis,
Bahasa=mencari kosa kata dan kalimat-kalimat tidak sinkron, ejaan)
Mengaplikasikan prinsip serta prosedur berbahasa secara tertulis
reseptif. Membaca (Teknik: membaca cepat, membaca memindai, membaca
sekilas, membaca nyaring. Jenis: membaca intensif, ekstensif, kritis,
bahasa=mencari kosa kata dan kalimat-kalimat sumbang, ejaan)
Kaidah bahasa Indonesia (fonologi= ejaan dan
Lafal, morfologi =rapikan bentukan, istilah, akronim, singkatan, makna istilah,
Hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon,
Meronim, denotasi, konotasi, majas=metafora, simile..) Sebagai rujukan
Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia (fonologi= ejaan dan
lafal, morfologi =rapikan bentukan, istilah, akronim, singkatan, makna istilah,
hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon,
meronim, denotasi, konotasi, majas=metafora, simile..) menjadi rujukan
Kaidah bahasa Indonesia (kaidah ejaan pada menulis; Kaidah lafal dalam berbicara; kaidah kalimat= kalimat beragam, paragraf;
Kaidah bentukan: fonologi= ejaan dan lafal, morfologi =tata bentukan, kata,
Akronim, singkatan, makna kata, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, meronim, denotasi, konotasi
Menerapkan kaidah bahasa Indonesia (kaidah ejaan pada menulis;
kaidah lafal dalam berbicara; kaidah kalimat= kalimat beragam, paragraf;
kaidah bentukan: fonologi= ejaan dan lafal, morfologi =rapikan bentukan, istilah, akronim, singkatan, makna istilah, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, meronim, denotasi, konotasi
Teori dan aliran puisi Indonesia (puisi lama : pantun, gurindam, syair; puisi baru: stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih,
Kaba Minangkabau).
teori dan aliran puisi Indonesia (puisi usang: pantun, gurindam, syair; puisi baru: stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih,
Kaba Minangkabau).
Teori serta aliran prosa Indonesia (prosa usang: hikayat, Dongeng; prosa baru: roman, novel, cerpen)
Menjelaskan teori dan aliran prosa Indonesia (prosa usang: hikayat,
dongeng; prosa baru: roman, novel, cerpen)
Apresiasi puisi Indonesia (puisi lama : pantun, gurindam, syair;
Puisi baru:stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih, Kaba
Minangkabau). Tahapan/taksonomi apresiasi: menerima, menggemari,
Memahami, menghayati, menggumuli, menanggapi, mengevaluasi/menilai
Mengapresiasi puisi Indonesia (puisi lama : pantun, gurindam, syair;
puisi baru:stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih, Kaba
Minangkabau). Tahapan/taksonomi apresiasi: menerima, menggemari,
memahami, menghayati, menggumuli, menanggapi, mengevaluasi/menilai
Puisi Indonesia (puisi lama : pantun, gurindam, syair; puisi
Baru:stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih, Kaba Minangkabau).
Menulis puisi Indonesia (puisi lama : pantun, gurindam, syair; puisi
baru:stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih, Kaba Minangkabau).
Apresiasi prosa Indonesia (prosa lama : hikayat,
Dongeng; prosa baru: roman, novel, cerpen)
Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa lama : hikayat,
dongeng; prosa baru: roman, novel, cerpen)
Prosa Indonesia ( prosa usang: hikayat, dongeng; prosa baru:
Roman, novel, cerpen)
Menulis prosa Indonesia ( prosa usang: hikayat, dongeng; prosa baru:
roman, novel, cerpen)
Apresiasi teks drama Indonesia
Mengapresiasi teks drama Indonesia
Naskah drama sederhana Indonesia
Mementaskan naskah drama sederhana Indonesia
Kritik sastra Indonesia (puisi, prosa serta drama)
Membuat kritik sastra Indonesia (puisi, prosa serta drama)
Indikator dan atau tujuan mata pembelajaran bahasa
Merumuskan indikator dan atau tujuan mata pembelajaran bahasa
Materi pembelajaran yang sinkron dengan KI-KD
Menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD
Masalah dalam pembelajaran bahasa
Merumuskan kasus dalam pembelajaran bahasa
Jaringan komunikasi on-line buat mendukung
Komunitas profesi menjadi penunjang PKB
Memanfaatkan jaringan komunikasi on-line buat mendukung
komunitas profesi sebagai penunjang PKB


UNTUK PERSIAPAN UTN 2017 BACA SOAL UTN 2017 KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL DI SINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel