PENDEKATAN STRATEGI METODE DAN TEKNIK PEMBELAJARAN



Dalam Lampiran 3Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 (233) pendekatan dimaknai sebagai caramenyikapi/melihat (a way of viewing); strategi dimaknai sebagai cara mencapaitujuan menggunakan sukses (a way of winning the game atau a way of achieving ofobjectif); metode dimaknai sebagai cara menangani sesuatu (a way of dealing).sedangkan teknik dimaknai sebagai cara memperlakukan sesuatu (a way creatingsomething); serta model dimaknai menjadi kerangka yg berisikanlangkah-langkah/uruturutan aktivitas/sintakmatik yang secara operasional perludilakukan sang pengajar serta anak didik. Dalam referensi lain dijelaskan bahwa pendekatanadalah titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran; metodeadalah cara yang digunakan untukmengimplementasikan rencana yg telah disusun dalam bentuk kegiatannyata dan praktis buat mencapai tujuan pembelajaran; teknik adalah cara yangdilakukan seseorang pada mengimplementasikan suatu metode secara spesifk; danmodel adalah bentuk pembelajaran yang tergambar berdasarkan awal sampai akhir yangdisajikan secara spesial sang guru (bungkus atau bingkai dari penerapan suatupendekatan, metode, serta teknik pembelajaran). Pendekatan (approach) merupakantitik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Roy Killen(1998) misalnya, mencatat ada dua pendekatan dalam pembelajaran, yaitupendekatan yg berpusat dalam guru (teacher-centered approaches) serta pendekatanyang berpusat dalam murid (student-centered approaches) yang digunakan dalamperancangan kurikulum serta pembelajaran saat ini. Strategi pembelajaranmerupakan perencanaan tindakan (rangkaian aktivitas) termasuk penggunaan metode danpemanfaatan aneka macam sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusununtuk mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan metode merupakan upaya untukmengimplementasikan rencana yang sudah disusun pada aktivitas nyata agar tujuanyang telah disusun tercapai secara optimal. Metode digunakan menjadi cara untukmelaksanakan dan merealisasikan taktik yg sudah ditetapkan. Dalammengimplementasikan metode pembelajaran, seorang pendidik perlu menetapkanteknik atau cara tertentu agar proses pembelajaran berjaan efektif serta efsien,serta strategi atau gaya individu pada melaksanakan suatu teknik atau metodetertentu misalnya dalam menggunakan gambaran atau menggunakan gaya bahasa atauidialek agar materi pembelajaran mudah dipahami.

(Dikutip berdasarkan Materi UKG Bahasa Indonesia 2015 oleh MukhDoyin & Supriyono)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel