REFLEKSI PEMBELAJARAN


  1. KonsepRefleksi dalam Pembelajaran
    Refleksi adalahkegiatan penilaian pada berbagai bentuk yang dilakukan sang peserta didikterhadap proses belajar mengajar yg telah dilaksanakan oleh pendidik denganmaksud buat memperbaiki proses belajar yang dilaksanakan sang pendidik padawaktu yang akan tiba.
    Definisi menurut Reid,1995 “Reflection is a process of reviewing an experience of practice in orderto describe, analyse, evaluate and so inform learning about practice”. Konsep tersebutdapat diartikan, bahwa refleksi adalah sebuah proses mereviu pengalaman dengancara menggambarkan, menganalisis, mengevaluasi pembembelajaran yg telahdilakukan.
  2. PrinsipRefleksi dalam Pembelajaran
    Refleksi pembelajaransebaiknya dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip berikut, yakni: (1)Ada kesadaran bersama pendidik dan peserta didik buat menaikkan kualitaspembelajaran; (dua) Penilaian sang siswa dilakukan menggunakan sangat kritis;(tiga) Penilaian dilaksanakan semenjak awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran;(4) Hasil penilaian oleh siswa dijadikan masukan oleh pendidik buat perbaikanpembelajaran.
  3. Tujuandan Sasaran Refleksi pada Pembelajaran
    Tujuan dilakukanrefleksi pembelajaran bagi pendidik diantaranya: (1) Untuk menganalisis tingkatkeberhasilan proses serta output belajar siswa; (2) Untuk melakukanevaluasi diri terhadap proses belajar yg telah dilakukan; (3) untukmengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan serta pendukung keberhasilan;(4) buat merancang upaya
    optimalisasi proses danhasil belajar, (lima) Untuk memperbaiki dan berbagi pembelajaran sesuaidengan mata pelajaran yang diampu. Refleksi pembelajaran krusial dilakukandengan tujuan buat memberikan kabar positif tentang bagaimana carameningkatkan kualitas pembelajarannya sekaligus menjadi bahan observasi untukmengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran itu tercapai. Selain itu refleksiterhadap pembelajaran berguna bagi peserta didik yakni, untuk mencapaikepuasaan diri siswa memperoleh wadah yg tepat dalam menjalinkomunikasi positif dengan pendidik.
  4. Teknik-teknikRefleksi pada Pembelajaran

  1. BelajarJurnal
    Pertama merupakan belajarjurnal, para siswa diminta untuk membuat jurnal mingguan di mana mereka merekamdan berkomentar tentang pengalaman mereka sebagai pelajar dalam kelas tadi.dibutuhkan saat 5 menit untuk siswa menulis jurnal tersebut. Pada akhirpelajaran jurnal tadi di kumpulkan kepada guru buat diberi komentar.
  2. BelajarMitra (grup atau kerjasama)
    Belajar kawan bergunauntuk mendiskusikan wangsit-inspirasi yang dibangkitkan, mengeksplorasi kepentinganmereka sendiri, bertukar pikiran untuk menaruh komentar satu sama lainnya.
  3. BelajarKontrak
    Penggunaan belajarkontrak dalam pembelajaran refleksi ada tiga tahap, yaitu menjadi berikut.
    1) Sebelum penyusunansebuah draft awal buat disampaikan pada siswa wajib penekanan dalam pengalamanmereka, kebutuhan mereka belajar serta bagaimana mereka sanggup belajar menggunakan baik.dalam obrolan menggunakan anak didik, konsepsi pembelajaran ini didiskusikan dan kontrakyang direvisi dihasilkan.
    2) Sebelum penyerahanhasil ahir belajar mereka, murid diminta pada kontrak buat meninjaupembelajaran mereka dan bagaimana mereka dapat menyampaikannya kepada oranglain.
    3) Jadwal Penilaiandiri. Jadwal penilaian diri dipakai menjadi sarana memungkinkan murid untukmenyatukan berbagai pembelajaran mereka pada suatu kelas, buat merefleksikanprestasi mereka serta menelaah implikasinya buat pembelajaran lebih lanjut.(Tebow, 2008)

    5. Penyusunan InstrumenRefleksi Pembelajaran
    Instrumen adalah alatuntuk merekam fakta yg akan dikumpulkan. Instrumen observasi digunakanberdasarkan teknik yg dilakukan. Berikut ini jenis instrumen yg dapatdikembangkan buat aktivitas refleksi pembelajaran.
    a. Lembar Observasi
    Lembar observasi adalahhasil pencatatan terhadap pengamatan fenomena-fenomena yg diselidiki secarasistematis. Instrumen observasi yang berupa pedoman pengamatan biasa digunakandalam observasi sistematis, di mana observer bekerja sesuai dengan
    pedoman yg telahdibuat.
    b. Pedoman Wawancara
    Pedoman wawancara(interview guide) adalah acuan percakapan yg dilaksanakan buat memperolehinformasi berdasarkan responden. Secara minimal panduan tersebut memuat rambu-rambupertanyaan yg akan ditanyakan pada responden.
    c. Lembar TelaahDokumen
    Lembar jajak dokumenadalah instrumen yang yg dipakai untuk mengolah dokumen-dokumen yangdimiliki. Bentuk instrument dokumentasi terdiri atas 2 macam yaitu pedomandekomentasi yg memuat garis-garis akbar atau kategori yg akan dicaridatanya, serta check list yg memuat daftar variabel yg akan dikumpulandatanya. Perbedaan antara kedua bentuk instrumen ini terletak dalam intensitas
    gejala yg diteliti.
    d. Angket atauKuisioner
    Refleksi kegiatanpembelajaran bisa menggunakan metode angket atau kuisioner. Pada aktivitas ini,digunakan instrumen sinkron menggunakan nama metodenya. Bentuk lembaran angket dapatberupa sejumlah pertanyaan tertulis, tujuannya buat memperoleh informasi dari respondententang apa yg dialami serta diketahui oleh peserta didik.
    SumberPustaka
    Doyin, Mukh danSupriyono. 2015. Materi UKG Bahasa Indonesia. Semarang: Bandungan Institute.
    Kurniawan, Endang, RienHermawaty, Saifur Rohman. 2016. Refleksi Pembelajaran Dan Penelitian TindakanKelas (PTK). Jakarta:DirektoratJenderal Pengajar serta Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan
BACA JUGA: SOAL UTN 2017 REFLEKSI PEMBELAJARAN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel