SOAL UTN PLPG 2019 KOMPETENSI PEDAGOGIK


PetunjukMengerjakan:Pilihlahsalah satu jawaban yang tepat dari 5 pilihan (A, B, C, D, E)

1.howard Gardner beropini bahwa dalam diripeserta didik memiliki kecerdasan yang beraneka ragam yg dikenal dengan“multiple intelligence”. Berikut ini yang nir termasuk jenis multipleintelligence ialah:

A.kecerdasan musikal dan logical matematika

B.kecerdasan linguistik dan kinestik

C.kecerdasan intrapersonal dan spatial

D.kecerdasan spiritual serta emosional

E.kecerdasan interpersonal



2.unesco PBB tetapkan 4 pilar pendidikan,yaitu: Learning to know, learning to do, learning tolive together serta ....

A.learning to be

B.learning to learn

C.learning to experience

D.learning to understand

E.learning university



3.penerapan anggaran kedisiplinan pada sekolahyang berkait menggunakan anugerah reward dan punishment merupakan merupakanperwujudan dari teori pendidikan …….

A.konstruktivistik

B.behavioristik

C.kognitivistik

D.konektivistik

E.realistic



4.dalampembelajaran yang berbasis konstruktivistik, guru lebih poly berperansebagai....

A.stimulan

B.fasilitator, kolaborator, inspirator

C.pelatih

D.panutan

E.instruktur



5.sekolah berkewajiban buat mengembangkanlife skills siswa. Tujuannya merupakan agar murid ....

A.mampu hidup bahagia

B.memiliki ketrampilan vokasional

C.mempunyai keunggulan akademik

D.mampu mengerjakan setiap butir soal pada ujian

E.bisa mandiri



6.pengajar menjadi pendidik profesionalmempunyaitugas utama...

A.membimbing,mengarahkan, melatih, menilai, serta mengevaluasi siswa pada pendidikananak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, serta pendidikanmenengah.

B.mengajar,membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, serta mengevaluasi siswa padapendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, danpendidikan menengah.

C.mendidik,mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi pesertadidik dalam pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar,dan pendidikan menengah.

D.mendidik,membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi siswa padapendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, danpendidikan menengah.

E.mendidik,mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, peserta didik dalam pendidikandasar, dan pendidikan menengah.



7. “Ing ngarso sung tulodo,Ing madyo mangunkarso,Tut wuri handayani” (Ki hajar Dewantoro). Manakah pernyataan dibawah iniyang mencerminkan bukan sikap guru dalamprinsip kepemimpinan pembelajaran tersebut, yaitu...

A.guru wajib sanggup sebagai model yang baik bagianak didiknya

B.pengajar sebagai teman belajar siswa

C.pengajar menjadi fasilitator serta inovator dalamproses pembelajaran

D.guru menjadi satu-satunya asal belajar

E.guru memberikan penghargaan kepada siswa



8.seorang pengajar perlu bersikap inklusif danobjektif terhadap peserta didik, teman sejawat, dan lingkungan sekitar dalammelaksanakan pembelajaran. Contoh berikut yang sinkron dengan pernyataan pada atasadalah ...

A.Diaadalah seseorang guru yg bangga serta menjunjung tinggi pekerjaannya, dalammelakukan penilaian sinkron kemampuan peserta didik .

B.diaadalah seseorang pengajar yang senantiasa berkomunikasi dengan orang tua pesertadidik terutama jika ada permasalahan dari putera atau puterinya.

C.sebagaiseorang guru, beliau selalu menyayangidanmemperhatikan perkembanganpesertadidiknya.

D.ketikaseorang pengajar memarahi peserta didik, ada guru lain tidak terima dan menasehatiagar tidak mengulangi.

E.seorangguru selalu melaksanakan apa yg diusulkan oleh orang tua peserta didiknyaagar tercipta keharmonisan.



9.kepribadian pengajar dengan menampilkan tindakanyang sinkron menggunakan kebiasaan religius(imandan takwa, jujur, ikhlas, suka menolong), serta mempunyai perilaku yg diteladanipeserta didik, maka guru tadi … .

A.memiliki kepribadian yang dewasa

B.mempunyai kepribadian yang mantap dan stabil,

C.mempunyai kepribadian yg arif

D.memiliki kepribadian yg berwibawa

E.memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan



10.beberapa hal yang perlu diperhatikan olehseorang pengajar supaya sebagai teladan bagi siswa adalah sebagai berikut,kecuali ….

A.guruharus memiliki perilaku serta kepribadian utuh yang dapat dijadikan tokoh panutanidola dalam seluruh segi kehidupannya

B.guruharus berusaha menentukan dan melakukan perbuatan yang positif agar dapatmengangkat citra baik dan kewibawaannya

C.guruharus mengimplementasikan nilai-nilai tinggi terutama yg diambilkan dariajaran agama

D.Guruharus mempunyai sifat terpuji yg dapatdiikuti sang peserta didik

E.guruharus dapatmempengaruhi peserta didikagar meniru tingkah lakunya



11.learningdalambehaviorismmenekankanadanya….

A.perubahanpengetahuan

B.interaksiterus-menerus

C.perubahanperilaku

D.pemaknaaninformasibaru

E.pembelajaranbermakna



12.pelaksanaan penilaian kinerjaguru dimaksudkan bukanuntuk menyulitkan pengajar, tetapi sebaliknya penilaian kinerja guru dilaksanakanuntuk mewujudkan guru yang .................

A.Profesional,bermartabat dan sejahtera karena harkat serta martabat suatu profesi ditentukanoleh kualitas layanan profesi yg bermutu

B.maumenerima tunjangan profesi pendidik serta mau membuatkan kompetensinya

C.maudan bisa membuatkan kompetensinya dan selalu mengharap-harap turunnyaTPP.

D.maudan mampu meningkatkan layanan profesi pendidik yang bermutu.

E.maumenerima sertifikasi pendidik (TPP) tetapi nir mau dimasukkan nirwana.



13.pedoman PelaksanaanPenilaian KinerjaGuru ini disusun buat memperluas pemahamansemua pihak terkait tentang prinsip, proses, serta mekanisme pelaksanaanpenilaian kinerjaguru, sebagai suatu sistem evaluasi kinerjayang ………..

A.Berbasis kompetensi (competence-based)

B.berbasis bukti (evidence-based appraisal).

C.berbasis manajemen sekolah (school-basedmanagement)

D.berbasis proses (process-based)

E.berbasis output (product-based)



14.penilaian kinerjaguru adalah penilaianyang dilakukan terhadap …………

A.setiapbutir aktivitas tugas primer guru pada rangka pembinaan karir, kepangkatan, danjabatannya.

B.setiapbutir kompetensi pengajar dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, danjabatannya.

C.setiapbutir kompetensi pedagogik serta professional guru pada rangka pelatihan karir,kepangkatan, serta jabatannya.

D.setiapbutir kompetensi kepribadian, pedagogic, social serta professional pengajar dalamrangka pelatihan karir, kepangkatan, serta jabatannya.

E.setiapbutir kompetensi pengajar dan tambahan pengajar pada rangka



15.pengajar menjadi pendidik profesionalmempunyaitugas primer……….

A.membimbing,mengarahkan, melatih, menilai, serta mengevaluasi siswa dalam pendidikananak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikanmenengah

B.mengajar,membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, serta mengevaluasi siswa padapendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, danpendidikan menengah

C.mendidik,mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, serta mengevaluasi pesertadidik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar,dan pendidikan menengah

D.mendidik,membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, serta mengevaluasi siswa padapendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, danpendidikan menengah

E.mendidik,mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, peserta didik dalam pendidikan anakusia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah



16.ekspresipositifseorang pengajar diwujudkan dalamkehidupan sehari-hari sebagai berikut, kecuali....

A.menyayangi peserta didik pada kebaikan

B.memberikan keteladanan dalam beribadah

C.berdoa setiap mengawali belajar serta berdisiplin

D.memberikan senyum, salam, sapa dan santun

E.Marah-marah dan berlaku kasar terhadap oranglain



17.ciri-ciri pribadi yang memiliki kecerdasansosial adalah ....

A.adanyahubungan yg kuat menggunakan Tuhan, memberi manfaat pada lingkungan, danmenghasilkan karya untuk membangun orang lain

B.bertanggungjawab,berdedikasi serta berwibawa

C.berperilakubaik, bertanggungjawab dan disiplin

D.profesional,pengalaman serta menggembangkan diri

E.Berjiwasosial, profesional dalam bekerja dan jujur



18.caraguru untukmelakukan komunikasiuntuk menerangkan output-hasil penemuan pembelajaran pada komunitas profesidilakukanadalah ....

A.lisan, goresan pena serta bentuk lain

B.Paparan

C.media pembelajaran

D.bahan pembelajaran

E.metode pembelajaran



19.manakah indikator kompetensi pedagogik berikutpaling sempurna?:

A.mengenalipeserta didik, menguasai teori belajar, tahu prinsip-prinsip pembelajaran,menyebarkan kurikulum, melakukan aktivitas yang mendidik, memahami danmengembangkan potensi peserta didik, pengajar memberikan penghargaan terhadapberbagai agama dan keyakinan yang dianut, melakukan penilaian serta evaluasi.

B.mengenalipeserta didik, menguasai teori belajar, tahu prinsip-prinsip pembelajaran,membuatkan kerjasama dengan sahabat sejawat, melakukan aktivitas yang mendidik,tahu dan mengembangkan potensi siswa, komunikasi dengan pesertadidik, melakukan penilaian serta penilaian.

C.Mengenalipeserta didik, menguasai teori belajar, tahu prinsip-prinsip pembelajaran,mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yg mendidik, tahu danmengembangkan potensi siswa, komunikasi menggunakan peserta didik, melakukanpenilaian dan penilaian.

D.mengenalipeserta didik, menguasai teori belajar, tahu prinsip-prinsip pembelajaran,menyebarkan kurikulum, melakukan kegiatan yg mendidik, tahu danmengembangkan potensi siswa, komunikasi dengan sopan serta santun,melakukan penilaian dan penilaian.

E.mengenalipeserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran,menyebarkan kurikulum, melakukan aktivitas yg mendidik, memahami danmengembangkan potensi peserta didik, mengawali dan mengakhiri pembelajarantepat waktu, melakukan penilaian serta evaluasi.



20.kompetensi guru yg digunakan menjadi dasarPK Guru adalah tugas pengajar yg terkait menggunakan tugas pembelajaran, pembimbingan,atau tugas tambahan yg relevan menggunakan fungsi sekolah. Manakah dasar PK Guruyang terkait dengan kemampuan mengelola pembelajaran pada kelas?:

A.Kompetensi profesional.

B.kompetensi sosial.

C.kompetensi pedagogik.

D.kompetensi kepribadian.

E.inovasi dan kreativitas pembelajaran.



21.seorang guru mencatat dan menggunakaninformasi tentang ciri siswa buat membantu prosespembelajaran. Karakteristik peserta didik tadi mencakup aneka macam aspek berikut:

A. Aspek fisik intelektual, sosial emosional,moral, dan latar belakang sosial budaya.

B.Aspek fisik intelektual, sosial emosional,personal, serta latar belakang sosial budaya.

C.aspek fisik intelektual, sosial personal,moral, serta latar belakang sosial budaya.

D.aspek fisik intelektual, sosial emosional,moral, dan latar belakang suku kepercayaan .

E.aspek fisik intelektual, kolegial, moral, danlatar belakang sosial budaya.



22.dalam memilih sumber belajar harusmemperhatikan kriteria sebagai berikut:

A.ekonomis:tidak harus terpatok pada harga yg mahal; Mudah: tidak memerlukanpengelolaan yg rumit, sulit serta langka,

B.mudah:dekat serta tersedia di lebih kurang lingkungan kita,

C.fleksibel:dapat dimanfaatkan buat aneka macam kompetensi dasar,

D.sesuaidengan kompetensi dasar: mendukung proses serta pencapaian kompetensi dasar dandapat membangkitkan motivasi dan minat belajar siswa.

E.Semuajawaban benar



23.fungsi asal belajar pada proses kegiatanbelajar mengajar, antara lain:

A.meningkatkanproduktivitas pembelajaran dengan jalan: (a) mempercepat laju belajar danmembantu pengajar untuk menggunakan saat secara lebih baik serta efisien dan (b)mengurangi beban guru pada menyajikan keterangan sebagai akibatnya ketika dapat lebihbanyak digunakan buat mengaktifkan siswa pada pembelajaran.

B.memberikankemungkinan pembelajaran yg sifatnya lebih individual, menggunakan cara: (a)mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional; dan (b) memberikankesempatan bagi murid buat berkembang sinkron dengan kemampuannnya.

C.memberikandasar yg lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara: (a) perancanganprogram pembelajaran yang lebih sistematis; serta (b) pengembangan bahanpengajaran yg dilandasi oleh penelitian.

D.memungkinkanpenyajian pembelajaran yg lebih luas, dengan menyajikan fakta yg mampumenembus batas geografis.

E.Semuajawaban benar



24.jika Anda melakukan kunjungan kelas danmemperhatikan pengajar sudah memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkankesempatan yang sama untuk berpertisipasi aktif pada aktivitas pembelajaran,maka pengajar tadi perlu diberi skor maksimal dalam indikator........:

A.Memahami prinsip-prinsip pembelajaran yangmendidik.

B.mengenali karakteristik peserta didik.

C.menguasi teori mendidik.

D.memahami perkembangan remaja.

E.pembelajaran yg mendidik.



25.pengajar profesional diantaranya sanggup memilihmateri pembelajaran. Manakah yang tidak sesuai menggunakan materi pembelajarandimaksud?:

A.materi pembelajaran sinkron dengan tujuanpembelajaran.

B.materi pembelajaran yg sempurna dan mutakhir.

C.materi sesuai menggunakan usia dan tingkat kemampuanbelajar siswa.

D.Materi nir harus bisa dilaksanakan pada kelas.

E.materi sinkron menggunakan konteks kehidupansehari-hari peserta didik.



26.manakah aktivitas yang mendeskripsikan kompetensipedagogik seseorang guru?:

A.gurumemiliki rasa persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia.

B.gurumampu mengelola pembelajaran yg membuktikan bahwa pengajar dihormati sang pesertadidik.

C.Merancangrencana pembelajaran yang sinkron dengan silabus buat membahas materi ajartertentu agar siswa mencapai kompetensi dasar yang ditentukan.

D.gurumemanfaatkan saat luang selain mengajar buat kegiatan yg produktif terkaitdengan tugasnya.

E.gurumerasa bangga menggunakan profesinya menjadi pengajar.



27.mengapa pengajar harus merancang rencanapembelajaran?:

A.Agarpeserta didik bisa mencapai Kompetensi Dasar/KD yang dipengaruhi.

B.agarpeserta didik dapat berpartisipasi secara aporisma pada proses pembelajaran.

C.agarpeserta didik tidak hingga mengganggu siswa lain pada waktu prosespembelajaran berlangsung.

D.agarpeserta didik termotivasi kemauan belajarnya.

E.agarpeserta didik terfasilitasi pengamalam belajarnya menggunakan baik.



28.berikut adalah alasan paling sempurna guru perlumengatur kelas dalam waktu pembelajaran berlangsung:

A.dapatmemberikan kesempatan belajar yg sama pada semua siswa dengankelainan fisik dan kemampuan belajar yang tidak selaras.

B.gurudapat memperhatikan potensi dan kekurangan peserta didik.

C.Pesertadidik menerima kesempatan yang sama buat berpartisipasi dalam pembelajaran.

D.agartidak membuka peluang siswa merugikan siswa lainnya.

E.mencegahadanya perilaku menyimpang dari siswa selama proses pembelajaran.



29.guru telah memutuskan aneka macam pendekatan,taktik, contoh, motode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif,hal tadi berkaitan dengan standar kompetensi berikut:

A.sosial.

B.Pedagogik.

C.personal.

D.profesional.

E.kepribadian.



30.peran pengajar pada proses pembelajaran disekolah harus mengondisikan pembelajaran yg interaktif, inspiratif,menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didikuntuk berpartisipasi aktif,serta menaruh ruang yg cukup bagi prakarsa, kreativitas, serta kemandiriansesuai dengan talenta, minat, serta perkembangan fisik dan psikologis pesertadidik. Untuk itu setiap guru perlu tahu dan menggunakan prinsippembelajaran yakni:

A.Daripeserta didik diberi memahami menuju peserta didik mencari memahami; Dari pengajar sebagaisatu-satunya sumber belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber belajar; Daripendekatan tekstual menuju proses menjadi penguatan penggunaan pendekatanilmiah;

B.daripembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi; Dari pembelajaranparsial menuju pembelajaran terpadu;

C.daripembelajaran yg menekankan jawaban tunggal menuju; pembelajaran denganjawaban yang kebenarannya multi dimensi;

D.daripembelajaran verbalisme menuju keterampilan aplikatif; Peningkatan serta keseimbanganantara keterampilan fisikal (hardskills) serta keterampilan mental (softskills);

E.semuajawaban benar.



31.elemen perubahan Kurikulum 2013 terutamaberkaitan dengan ....

A.standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses,Standar Isi, serta Standar Pengelolaan.

B.standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi,Standar Proses, serta Standar Penilaian.

C.standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses,Standar Penilaian, dan Standar Pembiayaan.

D.standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses,Standar Pengelolaan, dan Standar Penilaian.

E.Struktur kurikulum, beban belajar, RPP, dansistem penilaian



32.salah satu proses pembelajaran scientific yangbaik merupakan:

A.mendorongdan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, serta tepatdalam mengidentifikasi, tahu, memecahkan masalah, dan mengaplikasikansubstansi atau materi pembelajaran.

B.penjelasanguru, cenderungmenggunakanpendekatantradisional.

C.berbasispada konsep, tanpalandasanteori, serta warta realitas yg dapat

dipertanggungjawabkan.

D.tujuanpembelajaran dirumuskan secara detail dan kentara, tanpamengindahkanpenyajiannyamenarik.

E.Menerapkanlangkah 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan data, menganalisis data, danmengomunikasikan) pada setiap pembelajaran.



33.model pembelajaran berbasis proyek (ProjectBased Learning) merupakan keliru satu contoh pembelajaran yang dapat digunakanoleh pengajar dengan menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach).manakah yg nir sempurna berkaitan dengan pernyataan tadi?:

A.pendekatanpembelajaran dimana anak didik memperoleh pengetahuan dari cara kerja ilmiah.

B.melaluipendekatan ini siswa akan diajak meniti jembatan emas sehingga ia nir hanyamendapatkan ilmu pengetahuan (knowledge) semata tetapi juga akan mendapatkanketerampilan serta sikap-perilaku yg diperlukan dalam kehidupannya kelak.

C.saatbelajar menggunakan contoh pembelajaran berbasis proyek, anak didik dapat berlatihmenalar secara induktif (inductive reasoning).

D.projectbased learning (model pembelajaran berbasis proyek) adalah salah satu modelpembelajaran pada pendekatan saintifik

E.projectbased learning (model pembelajaran berbasis proyek) merupakan keliru satu modelpembelajaran pada pendekatan saintifik yg berorientasi dalam kasus.



34.model pembelajaran ini peserta didikdifasilitasi melakukan pembelajaran aktif. Mereka benar-sahih akan dibentuk aktifbaik secara hands on (melalui aktivitas-aktivitas fisik), maupun secara minds on(melalui kegiatan-aktivitas berpikir/secara mental). Karena itulah, ruh daripelaksanaaan contoh pembelajaran ini sesuai sekali dengan amanat Kurikulum 2013.model pembelajaran yg dimaksud adalah:

A.inkuiri

B.pbm (Problem Based Learning)

C.PBL (Project Based Learing)

D.discovery learning

E.cooperative learning



35.model pembelajaran yg menyajikan masalahkontekstual dimana siswa bekerja pada tim untuk memecahkan masalahdunia nyata (real world) sebagai akibatnya merangsang siswa untuk belajar,merupakan karakteristik khas model pembelajaran berikut:

A.inkuiri

B.PBL(Problem Based Learning)

C.pbl (Project Based Learing)

D.discovery learning

E.cooperative learning



36.model-contoh pembelajaran selalu memilikikelebihan dan kekurangan sehingga guru bisa mempertimbangkannya bilamana akanmenerapkan model pembelajaran tadi. Berikut merupakan kelebihan berdasarkan salahsatu contoh pembelajaran:

“Dengammodel pembelajaran ini belajar dapat semakin bermakna serta dapat diperluasketika peserta didikberhadapan dengansituasi pada mana konsep diterapkan, siswa mengintegrasikan pengetahuandan keterampilan secara simultan dan mengaplikasikannya pada konteks yangrelevan, oleh karenanya melalui pembelajaran ini dapat menaikkan kemampuanberpikir kritis, menumbuhkan inisiatif peserta didik dalam bekerja, motivasiinternal buat belajar, serta bisa berbagi interaksi interpersonal dalambekerja grup”.

Modelpembelajaran manakah yang mempunyai kelebihan misalnya dalam fakta di atas?:

A.inkuiri.

B.pbm (Problem Based Learning).

C.PBL (Project Based Learing).

D.discovery learning.

E.cooperative learning.



37.sebelum memulai proses belajar-mengajar didalam kelas, peserta didik terlebih dahulu diminta buat mengobservasi suatufenomena terlebih dahulu. Kemudian peserta didik diminta mencatatmasalah-kasus yg ada. Setelah itu pengajar merangsang peserta didik untukberpikir kritis pada memecahkan masalah yang ada. Guru mengarahkan pesertadidik buat bertanya, membuktikan perkiraan, serta mendengarkan pendapat yangberbeda berdasarkan mereka. Memanfaatkan lingkungan peserta didik buat memperolehpengalaman belajar. Pengajar menaruh penugasan yang bisa dilakukan pada berbagaikonteks lingkungan peserta didik, diantaranya pada sekolah, famili danmasyarakat. Pembelajaran demikian merupakan galat satu model implementasimodel pembelajaran berikut:

A.Inkuiri

B.pbm (Problem Based Learning)

C.pbl (Project Based Learing)

D.discovery learning

E.cooperative learning



38.model pembelajaran ini mengacu kepada teoribelajar yang didefinisikan menjadi proses pembelajaran yg terjadi bilapeserta didik tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapidiharapkan siswa mengorganisasi sendiri.sebagai contoh pembelajaran, pembelajaran inilebih menekankan pada ditemukannya konsep atau prinsip yg sebelumnya tidakdiketahui. Pembelajaran demikian merupakan ciri menurut model pembelajaranberikut:

A.inkuiri

B.pbm (Problem Based Learning)

C.pbl (Project Based Learing)

D.Discovery learning

E.cooperative learning



39.ranah kompetensi buat dimensi perilaku padaproses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut:

A.menerima, menjalankan, menghargai, menghayati,serta mencipta.

B.menerima, menjalankan, menghargai, menghayati,serta menalar.

C.menerima, menjalankan, menghargai, menghayati,dan mengevaluasi.

D.menerima, menghayati, menghargai, menjiwai,menjalankan.

E.Menerima, menjalankan, menghargai, menghayati,dan mengamalkan.



40.penilaian kompetensi sikap dilakukan melaluikegiatan berikut:

A.observasi, penilaian diri, penilaian sejawat,serta jurnal.

B.observasi, evaluasi diri, jurnal, danportofolio.

C.Observasi, evaluasi sejawat, jurnal, danportofolio.

D.observasi, evaluasi diri, evaluasi sejawat,serta projek.

E.observasi, penilaian diri, penilaian antarteman, dan projek.



41.ranah kompetensi buat dimensi pengetahuanpada proses pembelajaran diperoleh melalui kegiatan berikut:

A.mengingat, tahu, menerapkan, mensintesis,menganalisis, mencipta.

B.Mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis,mengevaluasi, mencipta.

C.mengingat, tahu, menerapkan, menalar,menganalisis, mengevaluasi.

D.mengingat, memahami, menganalisis, mensintesis,mengevaluasi, mencipta.

E.mengamati, menanya, mengumpulkan data,mengasosiasi, dan mengomunikasikan.



42.penilaian kompetensi pengetahuan dilakukanmelalui aktivitas berikut:

A.penugasan, projek, dan portofolio

B.penugasan, portofolio, serta tes tulis

C.Tes tulis, tes ekspresi, dan penugasan

D.tes tulis, penugasan, dan projek

E.tes tulis, tes ekspresi, serta jurnal



43.ranah kompetensi buat keterampilan padaproses pembelajaran diperoleh melalui kegiatan berikut:

A.mengamati, menanya, memahami, mencoba, menalar,dan menyaji

B.Mengamati, menanya, mencoba, melakukan,menyaji, serta mencipta.

C.mengamati, memahami, menanya, mencoba, menalar,menyimpulkan.

D.mengamati, menanya, tahu, menalar, menyaji,dan mencipta.

E.mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyajidan mencipta.



44.penilaian kompetensi keterampilan dilakukanmelalui aktivitas berikut:

A.tes praktik, tes tulis, projek, serta portofolio

B.tes mulut, tes tulis, praktik, serta portofolio

C.tes lisan, tes tulis, projek, serta portofolio

D.tes mulut, tes tulis, tes praktik, serta projek

E.Portofolio, projek, penugasan, dan tes praktek



45.rumusan kasus dalam PTK berikut, yang manapaling tepat diklaim menjadi rumusan kasus PTK?

A.apakahpengaruh permainan peran bisa meningkatkan keaktifan murid kelas XISMKN Malang

B.bagaimanacara menaikkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metodetanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XII SMKN 10 Malang

C.mengapasiswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Arcapadha selalu sebagai kampiun pada berbagai perlombaannasional

D.bagaimanacara memakai indera peraga yg dari berdasarkan lingkungan sekitar sekolah

E.bagaimanacara memanfaatkan alat peraga yg asal berdasarkan lingkungan kurang lebih sekolah



46.kompetensi guru yg memberitahuakn kemampuanmemahami konsep pembelajaran dan lingkungan pembelajaran adalah ...............

A.kompetensi kepribadian

B.kompetensi profesional

C.kompetensi social

D.kompetensi pedagogik

E.kompetensi pengetahuan



47.penelitihan Tindakan Kelas (PTK) merupakanproses spiral yg terdiri dari empat langkah aktivitas, yaitu .......

A.perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi

B.perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi

C.perencanaan, tindakan, refleksi, evluasi

D.penilaian, perencanaan, tindakan, refleksi

E.refleksiperencanaan, penerapan, evaluasi



48.tujuan penelitian Tindakan Kelas merupakan buat......

A.mengungkapkan kebenaran

B.menjawab masalah guru

C.memperbaiki kinerja guru

D.mengumpulkan informasi

E.menaikkan mutu sekolah



49.dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yangditeliti dari berdasarkan ......

A.kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yangdiajar

B.keriasauan pendidik akan mutu pendidikan

C.impian untuk membantu guru

D.kepedulian peneliti akan kinerja guru

E.memperbaiki kinerja guru



50.syarat karya tulis ilmiah yg baik menurutBuku V Pedoman Penilaian Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan ……

A.Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten

B.asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik

C.asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik danHolistik

D.asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Holistik

E.asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik,Holistik dan Realsitk







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel