SOAL UTN PLPG 2019 PENILAIAN
Saturday, February 16, 2019
Edit
1. Kriteria keberhasilanbelajar siswa ditentukan menggunakan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).kkm merupakan rata-homogen setiap unsur dari kriteria yg dipengaruhi. Untukmenentukan KKM diperlukan faktor-faktor….
- Kompleksitasindikator, daya dukung, dan kemampuan guru
Kemampuanguru, sarana/prasarana, serta intake siswa
Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
Kemampuanguru, taraf kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
2. Fungsi KKM adalahsebagai berikut, kecuali....
d. Sebagai aktivitas pengambilan keputusan yg dapatdilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
a. Menjadi acuan peserta didik pada menyiapkan diri mengikuti penilaianmatapelajaran
b. Adalah target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
c. Dapat digunakan menjadi bagian berdasarkan komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yangdilaksanakan di sekolah.d. Sebagai aktivitas pengambilan keputusan yg dapatdilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
3. Fungsi indikatordijadikan sebagai penanda dalam….
Pencapaian baku kompetensi
Pencapaian kompetensi dasar.
Pencapaian tujuan pembelajaran
Pencapaian baku kelulusan
4. Untuk memilih tindaklanjut pembelajaran, tindakan yg perlu dilakukan pengajar merupakan;
a. Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
b.Menambahbahanpelajaran baru
c. Mengetahuijumlah anak didik yang nir akan mengikuti program tindak lanjut
d.Memilih waktu yang sempurna buat melaksanakan acara tindak lanjut
5. Instrumen yg diguanakan buat menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:
a. Pedoman observasi
b. Kuesioner
c. Pedoman wawancara
d.tes hasil belajar
6. BilaAnda sebagai pengajar menemukan peserta didikmendapatkanhasil belajar yang rendah, tindakan apa yg akan dilakukan ?
a.Memindahkantempat duduk pesertadidik ke meja yang paling depan
b.mengulangipenjelasan materi ajar pada semua peserta didik
c.Memberikan donasi belajar pada pesertadidik yg bersangkutan
d.menugaskanseluruh siswa membaca kitab sumber
7. Sebelumguru menyusun soal-soal buat menilai hasil belajar siswa, manakah yangpertama kali wajib dipelajari:
a. Buku sumber yang digunakan
b. Kurikulum dan silabus
c. Indikator pencapaian kompetensi
d. Kemampuanawalsiswa
8. Salahsatu prinsip pada penilaian hasil belajar siswa adalahpenilaian wajib terpadu artinya:
a. Penilaian menurut data yg mencerminkankemampuan yang wajib diukur
b. Evaluasi merupakanbagian yang tak terpisahkan berdasarkan aktivitas pembelajaran
c.penilian dari kriteria yang jelastentang kompetensi yg harus dicapai
d. penilaian wajib berkesinambungan sang pendidikuntuk semua aspek kompetensi
9. Instrumenpenilaian hasil belajar yang dipakai pendidik harus memenuhi persayaratanberikut, kecuali:
a.konstruksi butir soal memenuhipersayaratan yang sesuai menggunakan bentuk tes yg digunakan b.substansi yg diukur mempresentasiukankompetensi yang dinilai
c.bahasa yg digunakan komukinatif sesuaidengan taraf perkembangan peserta didik
d.Digunakan buat ulangantengah semester dan ulangan akhir semester
a.konstruksi butir soal memenuhipersayaratan yang sesuai menggunakan bentuk tes yg digunakan b.substansi yg diukur mempresentasiukankompetensi yang dinilai
c.bahasa yg digunakan komukinatif sesuaidengan taraf perkembangan peserta didik
d.Digunakan buat ulangantengah semester dan ulangan akhir semester
10. Kriteriaketuntasan minimal (KKM) adalah kriteria ketuntasan belajar yg ditentukanoleh sekolah, dalam prinsipnya merupakan:
a. Nilaibatas ambang kompetensi
b. Nilaiminimal yg dicapai peserta didik
c. Nilai aporisma yang dicapai peserta didik
d.nilai batas ambang kelulusan ujiansekolah
11. Untukmengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik dalam saturombongan belajar bisa dilakukan dengan menghitung nilai;
11. Untukmengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik dalam saturombongan belajar bisa dilakukan dengan menghitung nilai;
a. Mean
b. Modus
c. Median
d. Simpangan baku
12. Standarpenilaian pendidikan merupakan acuan bagi pengajar dalam melaksanakan
a. Penilaian hasil belajar peserta didik
b. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukanguru
c. Penilaian silabus serta RPP
d. Penilaian standar kompetensi lulusan
13. Penilaianadalah penafsiran hasil pengukuran serta penentuan pencapaian hasil belajar.penilaian dapat berupa output belajar pesertadidik yang tidak ditentukan sang kepentingan penilai, perbedaan latar belakangagama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan interaksi emosional. Carapenilaian tersebut mengacu dalam aspek evaluasi….
- Objektivitas.
Transparan
Bermakna
Menyeluruh
14. KetikaAnda tahu bahwaguru telah berhasil atau nir dalam kegiatanpembelajaran, apa yang Anda lakukan?
- Membuat laporan keberhasilan/ketidakberhasilan
Menyampaikan laporan ke atasannya
Menyusun rencana tindak lanjut
Menyusun laporan output pemantauan
15. Upayamerancang pengayaan bagi perserta didik yg mencapai ketuntasan belajar optimaltampak dalam aktivitas guru menjadi berikut:
a. Memberikan tambahan materiberupa sumber ajar berdasarkan pengarang yang berbeda
b. Menaruh testtambahan menggunakan taraf kesukaran lebih tinggi
c. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan taraf variasiyang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
d. diberikan materi bahanajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang mempunyai kesulitantinggi
16. Dasarrancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya pada bawah ketuntasanbelajar ….
a. Proses pengajaranremedial pada dasarnya merupakan proses belajar mengajar biasa
b. Tujuan pengajaranremedial adalah sama dengan test diagnostik
c. sasaran terpenting pengajaranremidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
d. Strategi yg dipilihhanyaberbentuk test ulang
a. Proses pengajaranremedial pada dasarnya merupakan proses belajar mengajar biasa
b. Tujuan pengajaranremedial adalah sama dengan test diagnostik
c. sasaran terpenting pengajaranremidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
d. Strategi yg dipilihhanyaberbentuk test ulang
17. Salahsatu prinsip merancang acara remidial bagi peserta didik tampak dalamkegiatan pengajar ….
a. Membuat rancangan pembelajarankhusus buat siswa peserta remedial
b. Menggunakan rancangan pembelajaranyang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian belajarsiswa
c. Menggunakan rancangan pembelajaranbaru yg tidak selaras sama sekali dengan rancangan yang ada. D. Merancang test ulang sajatanpa ada pengulangan penjelasan materi
a. Membuat rancangan pembelajarankhusus buat siswa peserta remedial
b. Menggunakan rancangan pembelajaranyang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian belajarsiswa
c. Menggunakan rancangan pembelajaranbaru yg tidak selaras sama sekali dengan rancangan yang ada. D. Merancang test ulang sajatanpa ada pengulangan penjelasan materi
18. Upayaguru menggunakan output analisis buat memilih ketuntasan belajar antara lainsebagai berikut....
a. Menentukan kriteria keberhasilanbelajar
b. Mengklasifikasi anak didik berdasarkanhasil capaian belajarnya
c. Mencari letak kelemahansecara generik ditinjau berdasarkan kriteria keberhasilan yang diharapkan
d. Merencanakan pengajaranremidi
a. Menentukan kriteria keberhasilanbelajar
b. Mengklasifikasi anak didik berdasarkanhasil capaian belajarnya
c. Mencari letak kelemahansecara generik ditinjau berdasarkan kriteria keberhasilan yang diharapkan
d. Merencanakan pengajaranremidi
19. Penilaianportofolio dapat dilaksanakan menggunakan cara ….
a. Memberikanpenilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
b. Mengumpulkanlembaran-lembaran jawaban hasil test harian serta sumatif tiap siswa
c. Mengumpulkan output kerja masing-masing anak didik yang sudah diberikanmasukan baik oleh pengajar serta rekan murid dalam suatu albumsebagai bukti output belajar
d. Mengumpulkanlembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap anak didik buat melihat kesulitan siswadalam memahami utama bahasan eksklusif serta kemudian diberikan pengajarandan testremedial
a. Memberikanpenilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
b. Mengumpulkanlembaran-lembaran jawaban hasil test harian serta sumatif tiap siswa
c. Mengumpulkan output kerja masing-masing anak didik yang sudah diberikanmasukan baik oleh pengajar serta rekan murid dalam suatu albumsebagai bukti output belajar
d. Mengumpulkanlembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap anak didik buat melihat kesulitan siswadalam memahami utama bahasan eksklusif serta kemudian diberikan pengajarandan testremedial
20. Penilaianhasilbelajarsiswa berdasarkan pada karya anak didik serta tugas murid, kemampuan dalam prosespembelajaran dan output post test diklaim ....
Konstruktivisme
Authenticassesment
Efektif
kondusif